Jurusan yang mudah mendapatkan pekerjaan setelah lulus nanti akan membuat perkembangan karir kamu lebih cepat. Tentu saja, ada beberapa jurusan yang membuat kamu lebih mudah memperoleh lowongan pekerjaan.

Untuk kamu yang sudah bersiap masuk kuliah, dan masih bingung dengan jurusan yang ingin kamu ambil, berikut daftar jurusan yang memiliki peluang kerja cukup luas.

Dengan memilih jurusan tepat, sesuai minat dan bakat, tentu akan membantu kamu membuat perubahan agar memiliki karir baik. Berikut daftar jurusan yang dapat memperoleh pekerjaan dengan cepat.

Teknik

Jurusan ini memiliki peluang lebih cepat karena hampir seluruh lulusan teknik informatika dibutuhkan dalam segala jenis perusahaan. Kamu bisa memilih jurusan teknik informatika untuk mempelajari pengelolaan sistem komputer dalam perusahaan.

Atau, kamu juga dapat mengambil jurusan teknik elektro, yaitu ilmu yang mempelajari tentang energi listrik. Listrik bahkan menjadi kebutuhan seluruh manusia. Kamu bahkan dapat mengembangkan energi listrik agar dapat dikonversi atau bahkan disimpan

Prospek kerja di jurusan teknik elektro cukup besar, karena kamu dapat bekerja di perusahaan pembangkit listrik, konsultan listrik, perusahaan alat listrik, dan perusahaan umum.

Ada juga jurusan teknik mesin yang berhubungan dengan industri, pabrik, kendaraan bermotor, dan robot. Setelah lulus, kamu dapat menjadi seorang mekanik, sehingga menjadi salah satu pilihan tepat untuk jurusan yang mudah mendapatkan pekerjaan.

Jurusan teknik berikutnya adalah teknik sipil. Pembangunan sangat penting saat ini, termasuk untuk infrastruktur dan fasilitas negara dalam meningkatkan kenyamanan dan produktivitas masyarakat.

Kamu bisa langsung mencari begitu banyak lowongan kerja setelah lulus, seperti membangun proyek gedung pencakar langit, jalan tol, jembatan, atau lainnya.

Jurusan teknik perminyakan & Pertambangan juga tersedia, namun masih cukup jarang di Indonesia. Dengan mengambil jurusan tersebut, kamu bisa bekerja untuk mengolah SDA pada daerah tertentu, terutama tentang gas dan minyak.

Jurusan Kedokteran

Bidang kesehatan juga menjadi hal penting bagi seluruh manusia. Profesi dokter adalah pekerjaan yang berhubungan dengan kesehatan manusia. Itulah mengapa, jurusan kedokteran selalu menjadi pilihan favorit.

Memang, masuk di jurusan kedokteran tidak mudah dan bahkan terkenal mahal. Namun, profesi ini terbilang menjanjikan, baik di masa kini atau bahkan masa depan. Jika kamu di Indonesia, kebutuhan dokter begitu banyak dan jumlahnya masih belum cukup. Maka, tak heran jika jurusan ini menjadi salah satu jurusan favorit di negara kita.

Jurusan Ilmu Komunikasi

Selajutnya adalah untuk lulusan SMA jurusan IPS. Jurusan ini membawa peluang kerja pada industri kreatif. Sehingga, ada banyak peluang yang dapat kamu peroleh setelah lulus, terutama berhubungan dengan ilmu komunikasi.

Industri kreatif yang semakin berkembang membuat bidang ini membutuhkan tenaga-tenaga muda yang penuh dengan ide-ide cemerlang. Ilmu Komunikasi akan membawa kamu ke peluang karir yang cukup banyak.

Ekonomi

Tidak sedikit mahasiswa yang memilih jurusan ekonomi. Sehingga, menjadikan jurusan tersebut sebagai pilihan favorit. Dengan mengambil pendidikan ini, maka kamu punya kesempatan mempelajari berbagai hal tentang industri dan ekonomi.

Selain itu, kamu punya peluang bekerja pada berbagai sektor, termasuk di kantor sebagai akuntan, atau dengan buka jasa akuntan publik. Tidak hanya akunting atau finansial, kamu juga punya kesempatan memiliki pengalaman bekerja pada bagian HRD.

Sastra Inggris

Tidak semua mahasiswa memilih jurusan yang satu ini. Walaupun sepi peminat, justru termasuk dalam jurusan yang mudah mendapatkan pekerjaan. Prospek pekerjaan cukup bagus, karena memang didukung dengan kebutuhan industri pariwisata yang selalu menjadi perhatian khusus pemerintah.

Lulusan sastra inggris dapat menjadi tenaga pendidik lembaga formal atau non formal. Sedangkan dalam dunia bisnis, para lulusan dari jurusan ini dapat menjadi staf bagian ekspor dan impor. Kamu juga bisa mengambil jurusan tersebut jika punya impian memiliki pengalaman bekerja pada kantor-kantor kedutaan.

Setelah mengetahui berbagai jurusan yang mudah mendapatkan pekerjaan, kamu bisa memilih satu jurusan yang paling tepat dan sesuai dengan tujuan karir kamu.

Dari berbagai jurusan di atas, ada jurusan yang kamu minati?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *