Memilih Jurusan yang menjanjikan sangat penting dan harus kamu pikirkan secara matang. Bidang keilmuan tersebut sangat mempengaruhi karir masa depan.

Banyak pelajar merasa bingung ketika ingin berkarir. Sehingga, salah satu solusinya adalah dengan pilih jurusan fleksibel. Cara ini diyakini dapat memberikan kemudahan bekerja dalam berbagai bidang.

Kamu juga harus mencari jurusan yang populer dengan prospek bagus. Untuk kamu yang masih bingung menentukan mana jurusan terbaik dan punya prospek menjanjikan dalam berkarir setelah lulus nanti, berikut pilihannya.

1. Teknik

Jurusan yang menjanjikan ini populer di berbagai perguruan tinggi. Bidang keilmuan populer ini punya banyak spesialisasi. Gelar teknik tersebut juga ada pada berbagai lini. Kebutuhan lulusan teknik juga terus meningkat.

Mahasiswa yang kuliah jurusan teknik memiliki keahlian membuat teknologi supaya kehidupan manusia lebih efisien. Dalam jurusan teknik, terdapat pula berbagai cabang ilmu spesifik. Masing-masing tentunya memberikan spesialisasi serta prospek kerja berbeda.

Teknik mesin memberikan prospek kerja pada juru paten, perkembangan mesin lokomotif, dan lainnya.

Sedangkan teknik elektro memberikan prospek karir berkaitan dengan listrik. Peluang karir akan berputar pada sistem kelistrikan. Contohnya, membuat teknologi untuk keamanan pengguna listrik, membangun pembangkit listrik, dan lainnya.

Jurusan lain adalah teknik sipil, cabang jurusan untuk mempelajari perencanaan dan pembangunan infrastruktur untuk kebutuhan manusia. Prospek kerja adalah pada bidang bangunan, konstruksi gedung, survey kontrol, jalan, dan lainnya.

2. Ilmu Komputer

Para ahli komputer memiliki peluang kerja  lebih luas. Permintaan dari berbagai perusahaan tentang kebutuhan lulusan ahli komputer juga terus meningkat. Apalagi, kita sudah memasuki era digital, dimana teknologi informasi terus dibutuhkan.

Dalam jurusan yang menjanjikan ini, terdapat spesialisasi populer sesuai ilmu komputer.

Kamu bisa bekerja di Video Games & Multimedia untuk mengembangkan game, mengembangkan web. Atau, kamu dapat belajar cabang jurusan ini, yaitu Sistem Informasi untuk bekerja membangun internet, jaringan, dan lainnya.

Data Science juga ilmu cabang dengan memberikan kesempatan bekerja pada manajemen database, riset market dalam bisnis, dan masih banyak lagi.

3. Desain

Punya kreativitas tinggi? Kamu bisa mengambil jurusan ini untuk menjadi desainer tanpa menghilangkan fungsi produk dan memenuhi kepuasan para pelanggan.

Ada banyak hal yang dapat kamu pelajari pada jurusan desain seperti membuat konsep, membuat ide logo, membuat situs web, dan masih banyak lagi. Setelah lulus nanti, kamu bisa bekerja pada bidang digital marketing, editor periklanan, desainer grafis, atau copy-write visual.

4. Fashion

Untuk kamu yang kuliah di Indonesia, jurusan yang satu ini mungkin masih kurang santer. Tapi, untuk kamu yang ingin kuliah di luar negeri, jurusan Fashion menjadi salah satu jurusan favorit. Begitu banyak peminat jurusan tersebut.

Jurusan Fashion adalah pilihan tepat bagi yang suka dengan tren, aksesori, fashion pakaian, dan lainnya.

Beberapa program tersedia untuk bidang keilmuan tersebut sehingga ada banyak peluang berkarir sesuai spesialisasi, seperti menjadi jurnalis mode, manager merk, perancang busana, dan lainnya.

5. Hukum

Sebagai unsur penting dalam kehidupan sehari-hari, hukum menjadi rujukan untuk menetapkan standard, dan lainnya. Itulah mengapa, memilih jurusan hukum masih populer sampai saat ini.

Kamu bisa berkarir sebagai pengacara, hakim, atau jaksa dengan mempelajari hukum pidana. Sedangkan mempelajari hukum ketenagakerjaan berarti kamu bisa bekerja dalam bidang manajemen sumber daya manusia.

Hukum perdata memberikan peluang kerja sebagai notaris atau penasehat hukum.

Sekarang, kamu sudah tahu apa saja jurusan yang menjanjikan, sesuai disiplin ilmu dan juga karir yang dapat mempengaruhi masa depan. Sudahkah kamu menemukan jurusan yang tepat?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *