Siapa yang tidak mengetahui jurusan yang satu ini? Accounting sendiri merupakan ilmu yang mempelajari tentang pencatatan, pengklasifikasian, pengukuran, penyajian dan pengolahan data. Nantinya, hal ini akan digunakan oleh perusahaan atau pihak yang bersangkutan untuk mengambil keputusan keuangan.

Jurusan ini memiliki tujuan untuk memberikan berbagai informasi mengenai kegiatan keuangan dalam perusahaan atau instansi. Informasi yang diberikan ini nantinya akan menjadi tolak ukur dan alat kontrol sebuah perusahaan.

Mengenal Jurusan Accounting

Perlu diketahui bahwa posisi Accounting dibutuhkan hampir di semua kegiatan bisnis di seluruh dunia. Potensi karir juga akan terbuka lebar untuk kamu yang memilih jurusan ini.

Pembelajaran di bidang ini umumnya mencakup mengenai keuangan, pelaporan informasi keuangan dalam sebuah organisasi, serta akuntansi manajerial.

Jurusan Accounting membahas tentang bagaimana mencatat keuangan perusahaan dipersiapkan dan dipelihara. Masuk jurusan ini, kamu mungkin akan mempelajari juga mengenai perpajakan, audit dan pelaporan keuangan.

Apa Saja yang Dipelajari?

Belajar bidang ini akan sangat erat hubungannya dengan berhitung. Maka, sebagai siswa Accounting, kamu harus memiliki kemampuan berhitung yang cukup kuat dan teliti, tentunya. Jurusan ini akan sangat tepat untuk kamu yang memiliki passion dalam keuangan.

Di awal perkuliahan, kamu akan belajar mengenai dasar-dasar dan pengantar accounting. Kamu juga harus memahami dasar ilmu accounting dan pemahamannya. Nantinya, kamu dituntut untuk dapat membuat jurnal umum, neraca saldo, hingga jurnal pembalik.

Mengapa Accounting?

Lulus dari jurusan ini, kamu akan memiliki peluang kerja yang lebih beragam. Seperti yang disebutkan di atas, hampir semua sektor dan industri membutuhkan posisi Accounting dalam proses operasionalnya.

Kesempatan kerja juga tak hanya datang dari bagian keuangan perusahaan. Kamu tetap bisa mencoba profesi lainnya yang masih berhubungan dengan keuangan, misalnya konsultan pajak atau financial analyst. Bahkan, kamu bisa memulai bisnismu sendiri.

Jurusan ini juga memiliki berbagai cabang ilmu yang bisa kamu pilih sesuai minat dan bakat. Cabang-cabang ilmu Accounting yang bisa kamu pilih, seperti akuntansi pendidikan, akuntansi keuangan, akuntansi manajemen dan akuntansi pemeriksaan.

Perkuliahan

Dalam jurusan ini, kamu akan belajar memelihara keuangan. Jurusan ini memiliki tujuan untuk mempersiapkan siswa agar menjadi akuntan dengan memberikan prinsip-prinsip akuntansi, seperti audit, anggaran dan peraturan pajak, hingga pelaporan.

Accounting menjadi sarana yang digunakan perusahaan atau organisasi untuk menyampaikan informasi keuangannya. Jurusan ini menjadi salah satu jurusan paling populer di Indonesia. Para lulusannya akan mendapatkan gelar associate, sarjana atau lebih lanjut.

Prospek Kerja & Karir

Hampir semua perusahaan dari skala lokal hingga internasional membutuhkan bagian Accounting dalam kantor mereka. Untuk itu, prospek kerja yang kamu miliki juga akan lebih banyak. Berikut beberapa prospek kerja dan karir untuk para lulusan ini.

  • Akuntan Publik
  • Auditor Internal
  • Perencana Keuangan
  • Konsultan Pajak
  • Analis Keuangan
  • Akuntan Pendidik
  • Akuntan Publik Bersertifikat

Kesimpulan

Dengan masuk ke jurusan ini, maka kamu akan memiliki kesempatan bekerja yang lebih luas. Banyak kesempatan kerja yang bisa dipilih para lulusan Accounting. Tak hanya berkaitan dengan keuangan perusahaan, kamu juga bisa membuka bisnis sendiri, atau masuk ke instansi pemerintah.

Jurusan Accounting juga menuntut kamu untuk memiliki kemampuan yang kuat dalam berhitung. Nantinya, kamu akan membuat pelaporan, anggaran pajak, serta audit keuangan perusahaan agar pihak perusahaan mampu mengambil keputusan yang tepat terkait keuangannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *