Ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan makanan, produksi, dan proses pengolahan tak lain adalah tentang pengetahuan di bidang pertanian. Agricultural science merupakan jurusan yang sangat penting karena erat kaitannya dengan kebutuhan pangan.

Makanan adalah kebutuhan primer seluruh manusia. Dengan kebutuhan yang sangat tinggi, banyak negara berlomba menggunakan teknologi terbaik untuk menghasilkan makanan, mengurangi tingkat gagal panen dan menciptakan bibit unggul.

Mengenal Jurusan Agricultural Science

Jurusan agricultural science akan mempelajari tentang bagaimana berkebun dalam lahan sempit atau luas. Juga, mahasiswa belajar tentang analisa masalah dan menyelesaikan isu lingkungan untuk kebutuhan pangan.

Jurusan ini dapat disajikan dengan mempelajari cara memanen, belajar informasi nutrisi tanaman, dan lainnya. Sedangkan pada pelajaran agronomi, akan lebih fokus pada pengolahan tanah, tanaman, dan ilmu bisnis untuk mencapai sustainable farming.

Selain itu, ada pula ilmu agricultural economic, yaitu mempelajari tentang kombinasi antara pertanian dan ekonomi, menganalisa keuangan, dan membangun bisnis melalui ilmu pertanian.

Apa Saja yang Dipelajari?

Jurusan ini umumnya mempelajari apa saja teknologi untuk mengelola tanah, memanen hasil pertanian, menanam benih, cara beternak, budidaya, memproses tanaman dan menghasilkan binatang untuk kebutuhan pangan. Berikut adalah berbagai bidang yang masuk dalam ilmu pertanian:

  • Ilmu pengetahuan tentang pengelolaan tanah dan air
  • Peternakan
  • Ilmu pengetahuan terkait pangan, termasuk teknologi untuk memanen
  • Ekonomi di bidang pertanian

Mengapa Agricultural Science?

Jurusan agricultural science banyak dipilih karena menjanjikan di berbagai bidang, mulai dari ilmu pengetahuan, bisnis, dan juga ilmu teknis. Karena makanan adalah kebutuhan dasar, maka ilmu pertanian akan selalu dibutuhkan untuk memproduksi hasil pertanian atau peternakan yang berkualitas dan efisien.

Bidang pertanian juga sangat banyak, mulai dari holtikultura, manajemen pertanian, industri dan bisnis, kegiatan banking, teknologi mesin pertanian, penelitian untuk peningkatan hasil panen, dan masih banyak lagi.

Perkuliahan

Agrikultur merupakan perpaduan antara ilmu teori dan praktek. Jurusan agricultural science juga berarti kamu harus langsung ke area perkebunan untuk mengikuti kegiatan praktikum. Perkuliahan juga didominasi oleh pelajaran biologi, karena merupakan elemen penting dalam bidang tersebut.

Ilmu Biologi dibutuhkan karena berhubungan dengan kehidupan tanaman dan kebutuhan nutrisi manusia. Biasanya, beberapa lembaga pendidikan juga menambahkan mata kuliah tambahan seperti geografi karena berhubungan dengan topografi wilayah.

Mahasiswa S1 akan belajar selama tiga sampai empat tahun, dan memberikan peluang untuk mahasiswa belajar langsung di area perkebunan. Sangat mungkin juga untuk mengambil level S3 di bidang tersebut.

Prospek Kerja dan Karir

Agrikultur memiliki perubahan yang sangat cepat, mulai dari permintaan produk dan jasa. Sebagai ahli di bidang tersebut, maka kamu memiliki pandangan bisnis, pengetahuan dan lainnya. Ketika tren beralih pada bagian lain, kamu justru punya wawasan untuk menyesuaikan.

Lulusan jurusan agricultural science sangat mungkin untuk mendalami karir berikut:

  • Petani
  • Ahli perkebunan
  • Manajer
  • Konsultan di perusahan besar
  • Spesialis pertanian organik

Jika kamu memiliki skill lain, seperti memiliki kemampuan bahasa yang baik dan kemampuan melakukan penelitian, sangat mungkin untuk menjadi jurnalis di bidang agrikultur. Kamu bisa membuat berbagai konten yang berhubungan dengan industri perkebunan dan peternakan.

Kesimpulan

Agriculture science adalah jurusan yang tepat jika kamu ingin mencari pekerjaan di bidang agrikultur yang sangat bervariasi. Juga, menjadi bidang tepat untuk mahasiswa yang tertarik memulai agribisnis, terutama di bidang makanan dan industri. Untuk kamu yang ingin mengambil sekolah profesional, kamu juga bisa kuliah pada jurusan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *