Bidang Anthropology adalah campuran antara humaniora, biologi alam dan ilmu sosial. Ketika era penjajahan, bidang ini dikenal cukup populer, di mana masyarakat berusaha untuk mempelajari dan memahami perbedaan antara budaya Eropa Barat dan Afrika. Bidang ini secara tradisional dibagi menjadi empat sub kategori, yakni Antropologi Budaya, Arkeologi, Antropologi LInguistik dan Antropologi Biologis.

Sekarang, bidang ini menyediakan berbagai macam program. Beberapa di antaranya meliputi kategori yang disebutkat di atas, dan beberapa program berfokus pada bidang Anthropology itu sendiri.

Mengenal Jurusan Anthropology

Bidang ini terbagi menjadi antropologi fisik dan budaya, Antropologi fisik berfokus untuk mempelajari ciri-ciri fisik dan forensik. Sedangkan, antropologi budaya berfokus terhadap interaksi dan hubungan antar manusia.

Karena kamu akan belajar banyak mengenai manusia, karenanya di sini kamu akan memahami berbagai bentuk fisik masyarakat serta kebudayaan yang dihasilkannya. Bidang ini bertujuan untuk membekali kamu dengan berbagai wawasan dan fakta dari budaya yang berbeda, baik dari budaya jaman dahulu hingga modern seperti sekarang.

Apa Saja yang Dipelajari?

Anthropology sendiri lebih sering dikenal dengan pembelajaran mengenai kebudayaan manusia. Lebih jauh, jurusan ini akan belajar tentang kehidupan manusia secara holistik atau menyeluruh. Umumnya, mata kuliah yang akan kamu temui adalah

  • Sejarah Teori Antropologi
  • Antropologi Pariwisata & Kependidikan
  • Antropologi Hukum & Ekologi
  • Etnofotografi
  • Kebudayaan dan Indrawi Manusia
  • Studi Gender
  • Dan masih banyak lagi

Mengapa Anthropology?

Jika kamu tertarik dengan budaya yang berbeda, maka jurusan ini menjadi jurusan yang sangat cocok untukmu. Di sini, kamu akan memahami kehidupan masyarakat di masing-masing negara dan kebiasaan mereka yang beraneka ragam.

Menjadi seorang antropolog adalah profesi yang sangat menantang. Kebudayaan yang tersebar di seluruh dunia bisa kamu eksplorasi dan pelajari. Kamu jadi bisa benar-benar paham tentang kebudayaan yang ada di setiap negara.

Perkuliahan

Selama masa kulilah, kamu dituntut untuk memiliki sikap teliti, terorganisir, bisa memotivasi diri sendiri dan tentu saja keinginan untuk bekerja keras. Perlu diketahui pula bahwa sebagian besar waktu akan dihabiskan di ruang kelas, namun kamu bisa tetap mempelajari berbagai penelitian dari banyak sumber di luar jam kuliah tersebut.

Nantinya, kamu juga akan diharuskan untuk membuat sebuah laporan tertulis. Nah, mempelajari berbagai penelitian ini bisa menjadi nilai tambah dan pengetahuan ketika kamu membuat laporan tertulis tersebut.

Prospek Kerja dan Karir

Para lulusan dari jurusan ini memiliki peluang untuk bekerja di banyak bidang. Kamu bisa bekerja di museum, perawatan sosial dan perumahan di sektor pemerintahan atau bahkan menjadi seorang antropolog yang bertugas meneliti dan mengevaluasi kebijakan publik mengenai asal-usul manusia baik secara fisik, sosial, bahasa dan perkembangan budaya.

Di luar itu, para lulusan di bidang ini juga banyak yang berkarir dalam bidang periklanan, penjualan atau marketing. Hal ini karena mereka dianggap mampu untuk berhadapan dengan banyak orang dan memiliki kemampuan yang cukup kuat dalam bersosialisasi.

Kesimpulan

Anthropology menjadi bidang yang mempelajari tentang manusia dan kebudayaannya secara lebih mendalam. Kamu akan dibekalu degan berbagai wawasan dan fakta dari budaya yang berbeda, mulai dari budaya jaman dahulu hingga modern seperti sekarang.

Tak hanya menjadi seorang antropolog, kamu juga bisa bekerja di banyak bidang karena memiliki kemampuan sosialiasi yang cukup kuat untuk berhadapan dengan banyak orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *