Universitas Islam Indonesia termasuk salah satu perguruan tinggi yang menggunakan uang SPP dan membebankan biaya Catur Dharma.

Lalu, Apa itu uang Catur Dharma? Uang Catur Dharma merupakan uang pangkal yang biasanya dibayarkan dalam beberapa tahap sesuai dengan kebijakan kampus masing-masing.

Arti Catur Dharma di UII tentu berkaitan dengan pembiayaan dan pendanaan yang disediakan kepada mahasiswa. Pada kampus satu ini terdapat beberapa jurusan yang memiliki standar biaya yang harus kamu penuhi jika ingin belajar di dalamnya. Beberapa pilihan program yang melibatkan pembayaran satu ini sebagai alternatif.

Perkiraan Biaya Kuliah Tahun Ajaran 2021/2022

Di antara perkiraan biaya untuk berkuliah di UII adalah sebagai berikut.

  • Umumnya, biaya perkiraan yang ada merupakan hasil dari perhitungan dari nilai Dana Catur Dharma ditambah dengan nilai Uang Kuliah (baik biaya tetap maupun biaya variabel) pada tiap program studi yang diinginkan.
  • Biaya perkiraan maksimal berdasarkan dari hitungan nilai Dana Catur Dharma yang paling tinggi ditambah dengan nilai Uang Kuliah (baik biaya tetap maupun biaya variabel) pada tiap program studi yang diinginkan.
  • Bagi mahasiswa yang belum memahami konsep apa itu uang Catur Dharma, maka perlu dipahami bahwa biaya ini tidak akan berlaku untuk mahasiswa yang melakukan pendaftaran melalui seleksi Siber FK Mandiri dan CBT from Home FK Mandiri.
  • Angsuran dibayar selama 4 kali, kemudian pada tahun 2017 diberikan keringanan untuk membayar dalam 6 kali tahapan selama 3 semester.
  • Untuk program S1, perkiraan dana yang diberikan belum termasuk biaya untuk skripsi, KKN, dan ujian pendadaran.
  • Untuk program Diploma (D3) adanya perkiraan dana tersebut belum termasuk dalam biaya Tugas Akhir, ujian pendadaran dan presentasi Laporan PKT pada semester akhir.

Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru UII tahun 2020/2021

Secara umum, terdapat beberapa jalur penerimaan tes yang dijadikan saran untuk menjaring mahasiswa unggulan di Universitas Islam Indonesia. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  • PSB (Penerimaan Siswa Berprestasi), yakni jalur tanpa tes yang menggunakan raport atau sertifikat prestasi dari sekolah.
  • BPT (Paper Based Test), yakni jalur seleksi masuk yang diadakan mandiri oleh UII melalui ujian tertulis.
  • CBT (Computer Based Terst), yakni jalur seleksi mahasiswa yang menggunakan tes komputer.
  • PHA (Pola Hafiz Al Quran), yakni penerimaan beasiswa perstasi berdasarkan jumlah hafalan Al Quran.

Bila kamu sudah dinyatakan lolos sebagai mahasiswa, maka pembiayaan harus rutin dilakukan hingga kelulusan. Kamu juga perlu melengkapi berkas-berkas pelengkap jika telah dinyatakan sebagai mahasiswa baru di UII. Bagi mahasiswa yang belum paham apa itu uang Catur Dharma, nantinya akan ada penyuluhan dan pemberitahuan rinci terkait pembiayaan di acara penerimaan mahasiswa baru.

Sumbangan Uang Catur Dharma Universitas Islam Indonesia

Sehubungan dengan biaya kuliah UII 2020/2021, kamu akan diwajibkan untuk membayar sumbagan Catur Dharma dengan jumlah yang ditentukan berdasarkan rangking pada UPCP (Ujian Potensi Calon Mahasiswa). Pengangsuran bisa dilakukan sebanyak 6 kali hingga batas akhir semester 3. Dengan model pembayaran cicilan, tentu tidak akan memberatkan mahasiswa dalam proses pembayarannya.

Biaya SPP di Universitas Islam Indonesia

Selain wajib memahamai tentang uang Catur Dharma dan pembiayaannya, calon mahasiswa UII yang telah dinyatakan lulus seleksi dari semua jalur juga harus memahami pula rincian pembiayaan SPP. Besaran dana yang diperlukan disesuaikan dengan jurusan yang diambil oleh mahasiswa.

Besaran dana SPP yang harus dibayarkan terbagi dalam 2 jenis, yakni SPP Tetap dan SPP Variabel. SPP Tetap adalah anggaran yang menjadi minimal pembiayaan yang tetap dari awal berkuliah hingga akhir proses menyelesaikan kuliahmu.

Sedangkan SPP Variabel adalah biaya yang didasarkan pada jumlah SKS yang diambil pada setiap semester. Maka, pembiayaan untuk masing-masing mahasiswa bisa berbeda antara satu mahasiswa dengan mahasiswa lainnya.

Aturan dan Tahapan untuk Pembayaran SPP di Universitas Islam Indonesia

Secara umum, SPP Tetap harus dibayarkan setiap tahun. Nominalnya bisa dicicil sebanyak 4 kali dalam 2 semester. Sedangkan SPP Variabel wajib dibayarkan setiap semester sebagai syarat untuk mengikuti perkuliahan. Adapun biaya untuk Dana Kemahasiswaan dan Asuransi, harus dibayar setiap tahun sebelum semester baru dimulai.

Untuk Dana Pengembangan, pembayaran hanya dilakukan satu kali ketika kamu berada pada tahun pertama kuliah. Angsurannya bisa dilakukan sebanyak empat kali. Untuk Dana Sistem Informasi dan Pembinaan Minat dan Bakat Mahasiswa, bisa dibayarkan sebanyak dua kali per semester. Durasinya hingga 3 tahun pertama kuliah atau selama 6 semester.

Setelah memahami pengertian dari uang Catur Dharma di UII, kini kamu bisa mulai mempersiapkan diri. Bahwa persiapan dana ini memang diperlukan agar bisa memenuhi syarat pembayaran yang sudah ditetapkan oleh kampus tersebut. Segala peraturan dan biaya studi mahasiswa untuk tahun akademik 2021/2022 dapat diakses di laman admisi.uii.ac.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *