Bidang jurusan Arts Management atau juga dikenal sebagai administrasi seni, manajemen musik, dan lainnya – menawarkan banyak peluang bagi mahasiswa. Untuk kamu yang punya passion di bidang musik atau hal-hal lainnya di balik layar.

Manajemen seni memang sangat berhubungan dengan sektor non-profit, namun banyak peluang dapat kamu nikmati dengan perusahaan. Misalnya, kamu bisa memperdalam ilmu tersebut untuk kemudian bekerjasama dengan manajemen rekaman, perusahaan digital streaming, atau lainnya. Atau, kamu juga bisa bekerja sendiri untuk memulai bisnis dalam industri musik.

Mengenal Jurusan Arts Management

Jurusan kuliah manajemen seni adalah kombinasi antara elemen seni dan bisnis dalam sebuah karir. Semua tergantung dari minat dan bakat yang kamu miliki, manajemen kesenian menawarkan banyak peluang bisnis.

Selain mempelajari tentang musik tradisional, kamu juga punya kesempatan untuk belajar membuka pasar yang lebih baik untuk diri sendiri, belajar keuangan, akuntansi, serta lainnya yang dapat meningkatkan karir sebagai seorang seniman.

Apa Saja yang Dipelajari?

Dalam prodi Arts Management, mahasiswa dapat memilih mata kuliah major atau minor dalam kesenian, lalu dikombinasikan dengan mata kuliah major atau minor pada bisnis. Sehingga, seluruh mahasiswa yang mempelajarinya pasti akan mendapatkan skill unik dengan pengalaman yang berbeda dibandingkan jurusan lain.

Kamu dapat mempelajari tentang musik, teater, dansa, atau lainnya, namun juga dengan kemampuan di bidang marketing dan ekonomi.

Mengapa Arts Management

Memilih jurusan kuliah di bidang manajemen kesenian berarti kamu akan belajar banyak hal terkait isu, masalah, dan kebijakan yang mempengaruhi seni kontemporer dan budaya. Kamu juga bahkan berlatih untuk mengembangkan kemampuan berbisnis atau manajemen, sehingga dapat membuat keputusan apapun secara profesional di bidang seni dan budaya.

Manfaat lainnya adalah kamu dapat memahami peran profesional dan tanggungjawab sebagai individu dalam masyarakat kontemporer yang kreatif. Memilih jurusan ini membantu kamu untuk mengembangkan skill manajemen dan kewirausahaan.

Sehingga, kamu dapat menjadi pribadi yang kreatif dalam menghadapi lingkungan ekonomi yang begitu kompleks, terutama dalam menjawab kebutuhan seni kontemporer.

Perkuliahan

Beberapa lembaga yang menawarkan jurusan ini memiliki metode perkuliahan menarik. Salah satunya adalah dengan menjalin jaringan. Dalam program kolaborasi, maka akan menciptakan mahasiswa yang berkualitas dan telah memiliki pengalaman langsung.

Graduate Certificate Program juga tersedia bagi mahasiswa yang ingin mengembangkan skill sesuai kebutuhan. Sehingga ketika lulus nantinya dapat menjadi pemimpin di bidang seni yang kuat. Program tersebut dapat ditempuh dalam praktek satu tahun dengan total empat mata kuliah utama dan empat mata kuliah pilihan.

Ketika kamu memilih jurusan tersebut, tidak sedikit kampus yang menerapkan audisi. Sehingga, kamu harus menunjukkan skill apa yang kamu miliki, untuk memastikan bahwa kamu masuk dalam jurusan yang lebih spesifik sesuai bakat dan minat.

Untuk program manajemen musik misalnya, kamu harus mengikuti perkuliahan dengan menampilkan manajemen musik, menghasilkan karya musik, dan bahkan menjalankan label rekaman musik.

Prospek Kerja dan Karir

Salah satu alasan mengapa harus memilih jurusan Arts Management  adalah karena prospek kerjanya yang cukup bagus. Sebagai bidang yang mengajarkan kamu untuk jadi profesional di bidang kesenian, kamu bisa bekerja di galeri, museum, perusahaan hiburan, dan lainnya. Kamu akan belajar tiga hal penting yaitu management, marketing, dan planning.

Berikut adalah beberapa karir yang cocok untuk mahasiswa lulusan manajemen kesenian:

  • Manajer proyek
  • Direktur relawan
  • Direktur museum
  • Perencana berbagai kegiatan budaya
  • Analis database
  • Pengembang multimedia
  • Terapi seni
  • Profesor atau guru
  • Pengacara

Kesimpulan

Arts Management punya komponen penting alam masyarakat yaitu untuk memastikan terdapat akses antara seni dan performa seni. Karir di bidang ini juga sangat menarik terutama untuk kamu yang suka seni dan punya bakat dalam berbisnis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *