Arts atau seni dapat diartikan sebagai ekspresi juga kemampuan menerapkan keterampilan kreatif pada manusia, secara visual. Seni merupakan kan pelajaran akademik yang sudah ada, bahkan mendahului evolusi ilmu pengetahuan dan bahasa. Seni sudah ada untuk berbagi informasi dan cerita, ketika manusia belum tahu bahasa standar. Selain itu, digunakan oleh manusia gua.

Sampai saat ini, seni merupakan satu-satunya cara komunikasi yang mudah dipahami oleh seluruh umat manusia walaupun berbeda bahasa. Kuliah dengan mengambil jurusan seni berarti kamu dapat memilih program kuliah menarik sesuai dengan minat dan bakat.

Pengenalan Jurusan Arts

Kalau kamu berminat dengan berbagai prinsip estetika, dan memiliki bakat kreativitas tinggi, jurusan seni menjadi program kuliah menyenangkan. Ketika ingin mengambil program studi tersebut, kamu harus memiliki bakat dalam penciptaan seni. Selain itu, kamu juga diharuskan memiliki kemampuan memahami konteks sosial dan sejarah yang menunjang karya seni.

Apa Saja yang Dipelajari?

Beberapa program jurusan seni juga menuntut mahasiswa untuk mampu menciptakan karya seni sendiri, pelajari sejarah pada berbagai konsep kesenian, dan mengikuti kegiatan praktek. Jadi, tidak hanya kreativitas tinggi tapi kamu juga dituntut untuk memiliki minat dalam belajar sejarah kesenian.

Selama perkuliahan,kamu juga harus mengikuti kelas, membuat karya seni sendiri di dalam atau di luar jam pelajaran, dan mengikuti berbagai kegiatan untuk mengasah kreativitas. Seluruh hasil karya yang kamu buat akan menjadi portofolio yang tentunya kamu butuhkan untuk berkarir nanti.

Mengapa Arts?

Alasan kuat Mengapa banyak calon mahasiswa yang memilih jurusan seni adalah karena sesuai dengan Hobi mereka. Jadi, kalau kamu suka seni, jurusan ini bisa menjadi pilihan tepat.

Alasan lainnya adalah karena perkuliahan jurusan seni selalu santai contohnya adalah hal yang lumrah bagi anak seni untuk berangkat kuliah dengan menggunakan  kaos dan berpenampilan apa

adanya. Jurusan ini juga tidak menuntut hafalan teori. Alasannya tak lain adalah karena memang jurusan tersebut lebih  cenderung memberikan tugas praktek karya seni.

Bahkan, beberapa jurusan seni tidak melibatkan hitung-hitungan matematika. Sehingga, mahasiswa yang memiliki kemampuan lemah di bidang menghitung, jurusan kesenian menjadi pilihan yang sesuai.

Ada banyak program studi seni seperti seni rupa, seni tari, seni musik, seni lukis, dan lainnya. Kamu tinggal mencari mana yang sesuai dengan bakat dan minat.

Perkuliahan

Tiap Universitas tentu memiliki syarat masuk berbeda, tergantung kebijakan kampus. Kebanyakan lembaga pendidikan mewajibkan calon mahasiswa agar memiliki kualifikasi nilai seni tinggi. Ketika penempatan program, kamu mungkin harus mengikuti tes wawancara dan menampilkan seni yang yang kamu miliki.

Sedangkan untuk mahasiswa internasional yang kuliah di luar negeri dan mengambil jurusan Arts, maka harus memenuhi nilai tes bahasa IELTS minimal 6,0. Jurusan seni tersedia dalam berbagai pilihan.

Kamu bisa mengambil program kuliah jurusan fotografi, seni rupa, desain grafis, atau lainnya sesuai dengan jurusan yang ditawarkan pada kampus yang kamu pilih. Program S1 bisa membutuhkan waktu antara 3 hingga 4 tahun.

Prospek Kerja dan Karir

Banyak calon mahasiswa yang memilih jurusan seni karena mereka memiliki minat tinggi dalam bidang tersebut. Sehingga telah lulus, mereka memilih menjadi seniman.

Selain itu, kamu dapat  bebas berekspresi dengan gaya seni yang kamu miliki. Untuk lulusan jurusan seni di Inggris, sangat mungkin bagi kamu untuk memperoleh gaji rata-rata £17.000 setiap tahun. Kebanyakan lulusan seni akan memulai karir dengan mencari pekerjaan lepas atau pekerjaan paruh waktu.

Kamu bisa mencoba bekerja dalam berbagai bidang seperti desain grafis, jurnalisme, penerbitan, dan lainnya.

Kesimpulan

Jurusan Arts menawarkan program belajar sesuai dengan minat dan bakat individu. Dengan berbagai program yang bervariasi, kamu bisa belajar secara menyenangkan untuk menghasilkan karya seni dan memiliki peluang besar menggunakan kreativitas serta memulai pekerjaan dan secara freelance untuk mengumpulkan portofolio.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *