Pada program Banking and Finance, kamu akan mempelajari ilmu tentang keuangan, khususnya keuangan di sektor perbankan. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari operasional perbankan, baik dalam bank konvensional, maupun Syariah.

Hal-hal yang biasanya dipelajari mencakup tugas-tugas frontliner (teller dan customer service) dan tugas backoffice seperti administrasi, akuntansi dan audit. Kuliah ini akan lebih mudah jika kamu memiliki kemampuan dalam memahami dan mengolah informasi.

Mengenal Jurusan Banking and Finance

Banking and Finance akan mempelajari bidang keuangan, khususnya pengelolaan keuangan di sektor perbankan. Umumnya, para siswa di jurusan ini akan mempelajari mengenai operasional perbankan di semua sektor bank.

Untuk jurusan ini, jenjang yang bisa dipilih para siswa biasanya berupa Diploma, hingga S1. Jika lulus dari jurusan ini, maka kamu memiliki kesempatan untuk bekerja di lembaga keuangan, seperti bank, bursa efek, perusahaan asuransi, jasa investasi, perusahaan pialang dan lainnya,

Apa Saja yang Dipelajari?

Jika kamu memilih berkuliah di jurusan Banking and Finance, maka kamu akan bertemu dengan beberapa mata kuliah yang berkaitan dengan keuangan, seperti Ekonomi Pasar Modal, Reksadana, Manajemen Keuangan Bank, Kebijakan Moneter, Analisis Resiko dan Investasi, Ekonomi Lembaga Keuangan dan lainnya.

Selain itu, teori-teori seperti sejarah perbankan dunia, dan tentang seluruh lembaha keuangan yang ada di Indonesia serta luar negeri. Kamu juga akan mengenal perbankan konvensional dan Syariah, serta mempelajari seluruh masalah keuangan.

Mengapa Banking and Finance?

Bisa dibilang, tenaga dalam bidang keuangan akan sangat dibutuhkan kapanpun. Sehingga, jurusan ini akan memberikan peluang kerja yang cukup baik untuk para lulusannya.

Proses bisnis di bank hanya akan dimengerti oleh para ahlinya, sehingga tenaga-tenaga professional di bidang ini akan sangat dibutuhkan. Posisi yang ditawarkan untuk para lulusan dari Banking and Finance juga cukup baik, sehingga kamu bisa memiliki karir yang baik.

Perkuliahan

Dengan kuliah di jurusan Banking and Finance, para siswa umumnya akan diberikan tugas untuk menyelesaikan masalah keuangan yang ada. Ujiannya sendiri akan sangat berbeda tergantung dari mata kuliah apa yang sedang kamu jalani.

Hanya perlu diketahui bahwa ada tugas akhir yang perlu dikerjakan pada akhir masa pembelajaran.

Prospek Kerja dan Karir

Memiliki dasar-dasar ilmu perbankan dan keuangan akan berdampak sangat bagus kepada karir kamu kelak. Kamu bisa memilih berbagai bidang pekerjaan dengan ilmu yang kamu miliki, seperti misalnya Analis Kredit, Account Officer, Funding Officer, Perbankan Syariah, Startup Teknologi Keuangan, atau juga Konsultan Keuangan.

Di luar karir yang disebutkan di atas, kamu tetap bisa menjalankan bidang pekerjaan lain yang masih berhubungan dengan keuangan. Kamu juga bisa bekerja di bank atau instansi lainnya karena kebanyakan instansi tentu membutuhkan divisi ini.

Kesimpulan

Bidang keuangan masih menjadi bidang yang diminati oleh banyak orang, tak terkecuali para siswa. Jurusan Banking and Finance menjadi jurusan yang sering dituju. Para siswa yang masuk jurusan ini biasanya akan mempelajari tentang keuangan dalam sektor perbankan.

Tak hanya bekerja di bank, para lulusan dari jurusan ini bisa menjalni karir di bidang keuangan di instansi manapun. Hal ini karena hampir semua instansi membutuhkan bagian keuangan yang handal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *