Beasiswa di Bogor kali ini dari Institut Pertanian Bogor atau IPB. Perguruan tinggi pada bidang pertanian tersebut berada di Bogor, yaitu di Jl. Raya Darmaga, Bogor, Jawa Barat.

IPB akhirnya resmi menjadi lembaga pendidikan tahun 1963, setelah sebelumnya merupakan fakultas pertanian UI. Presiden Ir Soekarno kemudian meletakkan batu pertama kampus IPB, sekaligus meresmikannya sebagai perguruan tinggi independen.

Mengambil Beasiswa di Bogor Dengan Menjadi Mahasiswa IPB

Ada beberapa keuntungan mengambil beasiswa di Bogor, terutama dengan menjadi mahasiswa Institut Pertanian Bogor. IPB memiliki segudang prestasi termasuk sebagai:

  • Universitas Kelas Dunia
  • Perguruan Tinggi Terinovatif di Indonesia
  • Unggul bidang akademik dan riset
  • Berbasis Kewirausahaan
  • Kampus Prestasi
  • Kampus dinamis dan hijau
  • Peluang bekerja lebih tinggi

Jika berhasil menjadi mahasiswa IPB, maka terdapat beberapa tawaran beasiswa di Bogor, terutama dari lembaga pendidikan tersebut untuk kamu manfaatkan.

IPB menyediakan hingga 79 jenis beasiswa, diantaranya adalah: Beasiswa Aktivis, Alumni Fema Berbagi, Ancora Foundation, Angkatan 13 IPB, Angkatan 14 IPB, Angkatan 16 IPB, Angkatan 43 IPB, Antam, Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia, Bakti BCA, BFI Finance, dan masih banyak lagi.

Penyaluran Beasiswa

Terdapat dua tahap dalam penyaluran beasiswa pada Institut Pertanian Bogor, yaitu menyebarkan informasi dan membuka pendaftaran.

Informasi akan disampaikan oleh donator beasiswa pada bagian Kemahasiswaan IPB, yang kemudian akan langsung disampaikan ke Fakultas dan Departemen sehingga sampai pada para mahasiswa.

Pada tahap pendaftaran, kamu wajib menyiapkan dokumen atau berkas pendaftaran, dan melakukan pendaftaran secara online. Atau, dapat dengan menyerahkan berkas beasiswa pada loket beasiswa. Para petugas akan meninjau berkas, data online, dan juga cek beasiswa.

Donator beasiswa akan melakukan seleksi secara langsung atau dengan beberapa tahapan. Serta, membuat daftar siapa saja penerima beasiswa. Hasil seleksi kemudian akan langsung diterima bagian Kemahasiswaan untuk IPB Bogor umumkan pada seluruh mahasiswa.

Jika kamu merupakan salah satu penerima beasiswa di Bogor dari IPB, maka kamu harus menandatangani kontrak serta perjanjian.

Metode Penyaluran Dana

Dalam penyaluran beasiswa, maka terdapat dua metode, yaitu metode secara langsung atau tidak langsung.

Metode langsung yaitu ketika donator mengirimkan bukti transfer beasiswa pada Direktorat Kemahasiswaan IPB, untuk kemudian informasi tersebut akan diterima oleh para mahasiswa. Sedangkan metode tidak langsung yaitu ketika rekening IPB Bogor menerima transfer dana beasiswa dari donator. Kemudian, adanya tahap pencairan dana pada bagian Biro Keuangan IPB.

Tahap selanjutnya yaitu melakukan pembayaran beasiswa melalui tahap manual, yaitu dari loket beasiswa, atau dari tahap transfer, menggunakan Bank dan mahasiswa penerima beasiswa akan memperoleh dana dari ATM.

IPB adalah rumah dengan ragam budaya. Bayak mahasiswa dari Jawa Tengah, Jawa Timur, sampai Bali kuliah di Institut Pertanian Bogor dengan memanfaatkan beasiswa Bogor. Selain dapat belajar budaya, maka kamu juga belajar bahasa daerah secara gratis, termasuk belajar budaya.

Institut Pertanian Bogor juga memiliki ranking No.3 sebagai kampus terbaik di Indonesia. Dengan reputasi tersebut, maka setelah lulus nanti akan memudahkan kamu dalam memperoleh pekerjaan atau membangun karir.

Banyak perusahaan melirik alumni IPB karena terkenal lembaganya mampu mencetak para lulusan bermutu, dengan taraf pendidikan internasional. Para mahasiswa IPB juga terkenal memiliki fleksibilitas dalam berpikir, aktif, inovatif, dan kreatif. Selama kuliah juga akan disodorkan dengan lingkungan asri serta hijau. Sehingga, kamu pasti merasa betah menempuh pendidikan dengan mengambil peluang beasiswa di Bogor, khususnya di IPB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *