KIP-Kuliah merupakan salah satu beasiswa di IAIN Bukittinggi yang tersedia untuk membantu kuliah gratis bagi penerima beasiswa.

IAIN Bukittinggi memiliki mutu sebagai lembaga pendidikan religius, berbudaya dan profesional dengan misi untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi bermutu, akuntabel, transparan, dan berkomitmen meningkatkan networking agar kerjasama kelembagaan terus berkembang.

Beasiswa KIP-Kuliah di IAIN Bukittinggi

Visi perguruan tinggi ini adalah untuk menjadi lembaga terdepan dalam keilmuan dan keislaman sehingga mampu menghasilkan para lulusan dengan kemampuan profesional dan berdaya saing pada ranah nasional serta internasional.

Sebagai salah satu lembaga pendidikan yang membuka peluang beasiswa KIP-Kuliah, maka ada beberapa hal yang wajib kamu ketahui.

KIP Kuliah adalah program beasiswa gratis untuk para pelajar yang berprestasi dan ingin kuliah. Pemerintah memberikan bantuan program beasiswa tersebut dengan cara membebaskan biaya pendidikan yang langsung dibayarkan ke IAIN Bukittinggi.

Serta, memberikan biaya hidup sebesar Rp 700.000 setiap bulan sebagai subsidi. Jika ingin mendaftar sebagai penerima beasiswa KIP- kuliah, terdapat beberapa persyaratan wajib, yaitu:

  • Penerima beasiswa adalah siswa SMA sederajat lulus pada tahun 2021 atau lulus 2 tahun sebelum perkuliahan dimulai.
  • Memiliki prestasi akademik baik, dengan catatan kondisi keterbatasan ekonomi yang harus kamu buktikan menggunakan dokumen sah.
  • Lulus seleksi mahasiswa baru pada IAIN Bukittinggi dengan Prodi yang telah terakreditasi A atau B. Jika memilih Prodi yang terakreditasi C, maka harus menunggu pertimbangan dari pemerintah.
  • Bagaimana cara membuktikan adanya keterbatasan ekonomi yaitu melalui bantuan nasional, dengan memiliki kartu keluarga sejahtera atau Kartu Indonesia Pintar.

Jika kamu belum memiliki kartu tersebut, maka kamu tetap berhak memperoleh bantuan biaya pendidikan apabila mengurus beasiswa, selama kamu telah memenuhi persyaratan keterbatasan ekonomi.

Jadi, bantuan biaya dari pemerintah ini hanya untuk kelanjutan pendidikan para lulusan SMA atau sederajat, dengan syarat memiliki prestasi. Hal ini supaya menjamin bahwa seluruh penerima beasiswa memiliki potensi atau komitmen dalam menuntaskan perkuliahan mereka.

Jika dalam proses verifikasi ternyata ditemukan bahwa kamu tidak masuk syarat ketentuan ekonomi, maka tidak akan memperoleh beasiswa tersebut memiliki keunggulan pada bidang akademik.

Cara Mengajukan Beasiswa KIP-Kuliah

Hingga saat ini, KIP-Kuliah adalah program hanya untuk lulusan Sekolah Menengah Atas. Sehingga para mahasiswa Aktif tidak boleh mengambil beasiswa tersebut. Bagi mahasiswa yang berada pada perguruan tinggi negeri atau perguruan tinggi swasta dalam naungan Kemendikbud, maka dapat mengajukan beasiswa peningkatan potensi akademik.

Caranya yaitu dengan menghubungi bagian kemahasiswaan di IAIN Bukittinggi. Jika kamu adalah penerima beasiswa tersebut, maka sudah menjadi ketentuan tidak boleh mendaftar lagi pada tahun selanjutnya.

Walaupun, kamu masih menjadi mahasiswa aktif di IAIN Bukittinggi atau sudah pindah. Hal tersebut juga berlaku bagi penerima beasiswa karena tidak boleh pindah jurusan.

Beasiswa KIP-kuliah adalah salah satu beasiswa di IAIN Bukittinggi yang memberikan kemudahan bagi penerima beasiswa tersebut untuk mengajukan beasiswa lain. Syaratnya yaitu dengan memastikan sumber dana bantuan biaya pendidikan tersebut tidak sama seperti KIP Kuliah, yaitu dari APBN.

Dengan peluang beasiswa kuliah di IAIN Bukittinggi, kamu dapat mempersiapkan diri menjadi lulusan SMA sederajat berprestasi. Peluang beasiswa tersebut memberikan kemudahan bagi para penerimanya untuk meningkatkan kualitas diri.

Apalagi, program beasiswa tersebut berlaku gratis, sehingga mahasiswa dengan kondisi ekonomi terbatas dapat memiliki peluang yang sama untuk menikmati pendidikan di IAIN Bukittinggi sesuai jurusan yang kamu minati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *