Insitut Pertanian Bogor (IPB) yang sekarang terkenal sebagai IPB University termasuk dalam 3 besar Universitas Negeri terbaik dalam rilisan kemenristekditi. Tidak heran kemudian kampus ini semakin menjadi favorit, apalagi dengan tersedianya Beasiswa di IPB.

Sebagai bentuk dukungan kepada mahasiswa baik mahasiswa prestasi maupun mahasiswa kurang mampu finansial, pemerintah dan pihak IPB menghadirkan beragam beasiswa. Berikut daftarnya:

1. Beasiswa PPA

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik atau yang lebih dikenal dengan PPA, hampir semua Perguruan tinggi negeri di Indonesia menyelenggarakan beasiswa ini. Bagi kalian mahasiswa semester 2 bisa mencoba beasiswa PPA ini, mahasiswa yang memiliki IPK tertinggi di setiap Fakultas atau minimal kamu harus mendapatkan IPK: 3,00 dan kuotanya pun juga beragam. Tentunya kebijakan setiap Universitas berbeda kalian bisa menanyakan lebih lengkapnya kebagian kemahasiswaan.

2. Beasiswa BUD

Beasiswa Utusan Daerah atau disingkat BUD adalah beasiswa yang diperuntukan untuk calon mahasiswa baru di IPB. Pemerintah daerah atau Perusahaan tertentu yang akan memberikan beasiswa kepada calon mahasiswa. Kamu bisa menanyakan informasi beasiswa ini lebih lanjut ke pemerintah daerah di tempat kamu atau perusahaan tertentu.

3. KIP Kuliah

KIP kuliah adalah salah satu program dari pemerintah yang bertujuan untuk meratakan pendidikan yang ada di Indonesia. Biasanya kalian akan mendapatkan KIP atau Kartu Indonesia Pintar sebagai kandidat bakal calon penerima bantuan ini saat SMA. Bagi kalian yang belum mendapatkan KIP tapi memiliki prestasi yang cukup baik kalian bisa langsung menghubungi bagain kemahasiswaan, nantinya kalian akan mendapatkan bantuan biaya UKT persemester dan bantuan biaya hidup per bulanya.

4. Beasiswa VDMS

Van Deventer Maas Stichting adalah beasiswa yang rutin diadakan setiap tahunya. Beasiswa ini diperuntukan untuk kalian mahasiswa D3 pada tahun 1 dan 2 atau S1 tahun 1 hingga 3. Untuk beasiswa ini kalian nantinya akan mendapatkan uang bulanan, biaya tes TOEFL, serta pelatihan.

5. Beasiswa GLINTS Batch

Beasiswa GLINTS rutin diadakan tiap tahunya oleh GLINTS. Bagi kalian mahasiswa D3, D4, ataupun S1 yang aktif ikut serta dalam kegiatan kemahasiswaan bisa ikut mendaftar sebagai kandidat calon peserta penerima Beasiswa dan nantinya kalian akan mendapatkan bantuan uang tunai.

6. Beasiswa Bintang Fair & Lovely

Buat kalian lulusan SMA/SMK/Sederajat di daerah – daerah tertentu. Nantinya kamu akan mendapatkan biaya pendidikan selama 8 semester dan juga pelatihan, nantinya bakal kandidat calon penerima beasiswa diharapkan dapat ikut berperan aktif di masyarakat.

7. Beasiswa CIMB ASEAN

Buat kalian Mahasiswa atau calon mahasiswa baru Universitas yang terakreditasi baik di Indonesia bisa coba daftar beasiswa ini. Nantinya kalian akan mendapatkan biaya pendidikan dan juga keperluan kalian sebagai mahasiswa bukan hanya itu saja kalian akan mendapatkan pelatihan dan nantinya akan berkesempatan berkarir di CIMB ASEAN.

8. Beasiswa Karya Salemba Empat

Beasiswa Karya Salemba Empat atau yang lebih dikenal KSE ialah beasiswa yang di berikan oleh Yayasan Selemba Empat untuk mahasiswa S1 dengan syarat telah menempuh pendidikan minimal di semester 2. Untuk Mahasiswa S1 yang memperoleh beasiswa KSE akan mendapat tunjangan prestasi sebesar Rp 750.000,00 per bulannya selama satu tahun dan dapat diperpanjang hingga tahun berikutnya. Bukan hanya mendapat tunjangan prestasi tapi bagi para penerima beasiswa KSE juga akan mendapatkan pelatihan, pembinaan, seminar yang nantinya akan bermanfaat. Sedikit Info untuk pendaftaran Calon penerima bantuan beasiswa s1 yang diberikan Yayasan KSE Tahun 2021 akan segera dibuka pada tanggal 1 sampai dengan 25 April 2021.

Itulah sedikit informasi mengenai beasiswa yang ada di IPB, bagi calon mahasiswa dan mahasiswa on going yang mempunyai prestasi akademik dan non akademik namun terkendala masalah finansial bisa mencoba mendaftar salah satu beasiswa di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *