Beasiswa di Poltekkes Semarang merupakan solusi penting dalam biaya perkuliahan untuk para mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan perguruan tinggi. Diharapkan beasiswa ini mampu meringankan beban para mahasiswa, karena memang biaya kuliah terus naik setiap tahunnya.

Terlebih untuk mereka yang harus menempuh pendidikan jenjang S2 atau S3, dengan bantuan biaya kuliah ini pasti akan meningkatkan semangat belajar.

Tentang Poltekkes Semarang

Sebagai salah satu politeknik kesehatan milik negeri di Indonesia, Poltekkes Kemenkes Semarang berada di Jl. Tirti Agung Pedalangan, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah.

Selama kuliah, kamu harus membayar biaya dalam tiga golongan, yaitu biaya pendidikan mahasiswa baru, dana kegiatan BEM, serta membayar dana kelengkapan pribadi.

Saat menjadi mahasiswa baru, maka kamu harus membayar biaya SPP setiap semester, serta membayar biaya untuk pengenalan program studi mahasiswa atau lebih populer dengan sebutan PPSM. Kedua macam biaya kuliah mahasiswa baru di Poltekkes Semarang tersebut harus kamu lunasi saat registrasi.

Sedangkan untuk pakaian seragam, kaos, topi, juga almamater masuk dalam dana kelengkapan pribadi. Biaya ini juga harus kamu bayarkan ketika registrasi. Terakhir, yaitu dana kegiatan BEM merupakan iuran organisasi mahasiswa, unit kegiatan mahasiswa, serta atribut pengenalan program studi mahasiswa.

Lembaga pendidikan yang telah memperoleh akreditasi B ini ternyata memiliki reputasi cukup baik. Poltekkes Semarang masuk dalam top 15 Politeknik se-Indonesia menurut Kemenristekdikti.

Hal ini karena kualitas pendidikan Poltekkes Semarang sudah terbukti. Berdiri sejak tahun 2001, lembaga perguruan tinggi ini juga menjadi satu-satunya institusi pendidikan Poltekkes dengan penawaran program pascasarjana.

Pendaftaran dan Beasiswa

Dengan memanfaatkan peluang beasiswa di Poltekkes Semarang, maka kamu dapat langsung mengikuti prosedur pendaftaran.

Ada tiga jalur pendaftaran bagi para mahasiswa baru. Jalur seleksi yaitu melalui PMDP, atau singkatan dari Penelusuran Minat dan Prestasi. Tahapan pendaftaran yaitu daftar secara online, isi biodata, pilih jurusan, isi data sesuai permintaan kampus, cetak nomor booking dan bayar biaya pendaftaran, cetak berkas, kirim berkas persyaratan, dan ikuti seleksi sampai final.

Jalur PMDP sering diselenggarakan pada saat bulan Februari sampai April.

Jalur kedua yaitu seleksi Ujian Tulis, atau terkenal dengan sebutan Jalur Umum. Setelah mengikuti proses pendaftaran online sampai pada pembayaran biaya pendaftaran, maka kamu harus melakukan aktivasi terlebih dahulu, dan mencetak formulir pendaftaran sekaligus kartu ujian untuk mengikuti tahap Ujian Tulis.

Calon mahasiswa juga harus mengikuti tes kesehatan, dan mendaftar pada periode April sampai Agustus.

Jalur seleksi terakhir yaitu Jalur Mandiri, yaitu mengikuti ujian Computer-Based Test, yaitu dengan mendaftar online sampai melunasi biaya pendaftaran. Kamu juga harus melakukan aktivasi, cetak formulir pendaftaran sekaligus kartu ujian, serta ikut tahap 1.

Syarat terakhir yaitu dengan melakukan pemeriksaan pendaftaran. Waktu pelaksaan pendaftaran yaitu pada bulan Juli sampai Agustus.

Beasiswa di Poltekkes Semarang terbagi dalam tiga pilihan, yaitu:

  1. Program beasiswa Bank BTN
  2. Beasiswa Siswa Berprestasi
  3. Beasiswa GAKIN/ Keluarga Miskin

Bagi mahasiswa baru, kebijakan beasiswa di Poltekkes Semarang sudah ada sejak tahun 2020. Pendaftar akan memperoleh peluang biaya keringanan sebesar 75% untuk SPP, selama masa studi.

Cara memperoleh beasiswa ini yaitu daftar dari jalur mandiri Bidik Kamu. Jika menggunakan jalur lain, maka bantuan keringanan biaya ini tidak berlaku. Beberapa universitas sudah dapat menggunakan Bidikmisi, namun pada Poltekkes Semarang, hal tersebut belum dapat dilakukan.

Itulah informasi lengkap tentang beasiswa dan hal lainnya yang wajib kamu ketahui tentang Poltekkes Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *