Walaupun tidak seluas kota Jakarta atau Surabaya, sekarang karena suasana belajar bebas macet serta polusi berlebih sehingga tidak sedikit yang mencari beasiswa di Semarang.

Kota ini juga menjadi rumah bagi banyak sekali kampus Negeri berkualitas terbaik seperti: Universitas Diponegoro, Polines, Universitas Negeri Semarang, dan UIN Walisongo. Bahkan tersedia juga perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta untuk pilihan belajar di Semarang.

Kota Semarang juga berhasil menawarkan pendidikan dengan biaya kuliah murah salah satunya yaitu dengan memilih Universitas Diponegoro. Lembaga pendidikan tersebut menyediakan sistem UKT, Uang Kuliah Tunggal. Sistem tersebut sudah diatur pemerintah supaya dapat membantu para pelajar dari kalangan bawah.

Selama kuliah, kamu juga dapat menikmati biaya hidup terjangkau. Walaupun Semarang adalah ibukota Jawa Tengah, namun mampu menawarkan biaya kos murah mulai 300.000 sesuai fasilitas. Atau kamu juga dapat mengontrak rumah untuk tempat tinggal bersama teman-teman kuliah.

Jika kamu merasa ingin menghemat biaya selama kuliah, kamu dapat memanfaatkan beasiswa di Semarang seperti beasiswa prasejahtera berprestasi.

Mengenal Tentang Beasiswa Prasejahtera Berprestasi

Program beasiswa tersebut tersedia bagi masyarakat yang sangat membutuhkan karena keterbatasan ekonomi. Kamu dapat memanfaatkan beasiswa tersebut jika memiliki prestasi akademik dan ingin melanjutkan studi sampai S2.

Syarat utama penerima beasiswa yaitu sebagai keluarga kurang mampu. Selama mampu mencetak IPK minimal 3,5 serta sudah lulus S1 pada 2 tahun terakhir.

Berikut adalah skema pemberian beasiswa prasejahtera berprestasi:

  • Beasiswa hanya berlaku bagi mahasiswa S2, satu gelar atau single degree maksimal kuliah 24 bulan di perguruan tinggi dalam atau luar negeri, termasuk di Semarang.
  • Mahasiswa boleh memilih 3 perguruan tinggi berbeda ada, boleh perguruan dalam negeri atau luar negeri dengan program studi sejenis.
  • Sebagai penerima beasiswa, harus menyerahkan satu LoA Unconditional dari perguruan tinggi yang kamu pilih dan tidak boleh melakukan perpindahan perguruan tinggi tujuan serta jurusan studi.

Dengan menggunakan beasiswa ini, kamu dapat kuliah dan menggunakan beasiswa di Semarang sesuai kampus pilihan selama kampus tersebut memenuhi persyaratan beasiswa prasejahtera berprestasi.

Keuntungan Beasiswa

Dana pendidikan yang kamu peroleh antara lain dana pendaftaran, dana tunjangan buku, dana SPP, dana bantuan penelitian tesis atau disertasi, dana bantuan seminar internasional, dan dana bantuan publikasi jurnal internasional.

Sedangkan biaya pendukung yang dapat kamu terima yaitu berupa adanya transportasi, dana aplikasi visa jika memilih perguruan tinggi luar negeri, dana asuransi kesehatan, dana kedatangan, dana keadaan darurat, dan dana hidup bulanan menyesuaikan dengan kebutuhan tinggal di Semarang.

Program beasiswa Prasejahtera berprestasi tersebut juga dapat kamu gunakan sebagai referensi beasiswa di Semarang. Selama kamu adalah warga negara Indonesia yang telah selesai studi pada program D4, S1, S2.

Serta, merupakan lulusan perguruan tinggi negeri yang telah terakreditasi oleh BAN-PT, sekolah kedinasan dalam negeri, atau sekolah luar negeri yang sudah mendapat pengakuan dari kemenristekdikti Indonesia.

Proses seleksi melalui beberapa tahap, mulai dari seleksi administrasi, seleksi berbasis komputer, juga seleksi wawancara. Jika gagal dalam proses seleksi administrasi atau seleksi berbasis komputer, peserta masih dapat mengikuti beasiswa ini pada periode selanjutnya.

Namun, jika telah gagal dalam tahap wawancara, maka tidak boleh ikut beasiswa LDPD pada tahun sama.

Karena pemberian beasiswa di Semarang atau kota lain menggunakan beasiswa Prasejahtera Berprestasi adalah program milik pemerintah, maka kamu harus melakukan pendaftaran secara online. Jangan lupa memastikan seluruh dokumen sudah lengkap.

Melalui proses seleksi yang ketat, persyaratan khusus dan ketentuan lainnya harus kamu perhatikan. Agar kamu dapat memperoleh beasiswa di Semarang dari program beasiswa Prasejahtera berprestasi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *