Beasiswa di Surabaya bisa kamu dapatkan dengan mudah melalui beberapa tips dan triknya. Tidak sedikit orang yang berusaha mengincar beasiswa agar mendapat biaya yang murah di tempat kuliah favorit. Meski caranya terbilang cukup rumit, hal ini tentunya sepadan dengan hasil yang didapatkan nantinya.

Biasanya beasiswa diberikan berupa biaya hidup dan biaya bebas perkuliahan. Tentunya syarat yang harus dipenuhi berbeda pada keduanya. Selain itu, beasiswa bisa didapatkan melalui jalur prestasi atau karena berasal dari keluarga kurang mampu. Bagi kamu yang ingin tahu tips supaya bisa mendapat beasiswa, bisa melihat ulasan di bawah ini.

Mencari Informasi Secara Lengkap Terkait Beasiswa di Surabaya

Salah satu tips dan trik dalam mendapat beasiswa adalah mencari informasi yang berkaitan secara lengkap. Kamu bisa menggunakan internet dalam mencari tahu beasiswa apa saja yang sudah dibuka di kampus pilihan. Tidak hanya itu saja, sosial media juga bisa kamu manfaatkan dalam mendapat informasi tentang beasiswa.

Ada lagi cara lainnya, yakni mengunjungi ruang BK untuk berkonsultasi mengenai beasiswa yang sesuai dengan minta dan bakat kamu. Atau kamu juga bisa mengunjungi kantor jurusan untuk mendapatkan informasi yang lebih.

Memahami Jenis Beasiswa yang Dicari

Beasiswa mempunyai beberapa macam di dalamnya, seperti beasiswa KIP–Kuliah, Bidikmisi, beasiswa pemerintah, dan lain sebagainya. Kamu perlu memilih atau mengincar salah satu dari jenis beasiswa tersebut. Tujuannya agar kamu tidak repot dalam memenuhi persyaratan umumnya.

Selain itu, dengan mengetahui incaran beasiswa lebih dulu bisa membuat kamu mempersiapkan semuanya dengan mudah. Alhasil, saat pendaftaran sudah dibuka, kamu cukup melengkapi berkas yang dibutuhkan saja.

Memenuhi Syarat dan Kriteria dalam Mendapat Beasiswa Kampus di Surabaya

Setiap beasiswa biasanya mempunyai beberapa syarat dan ketentuan secara umum. Dari sana, kamu bisa melihat apakah kriteria tersebut bisa kamu penuhi atau tidak. Jika bisa kamu penuhi, maka kamu bisa mencari tahu berkas apa saja yang dibutuhkan serta ketentuan khusus lainnya.

Kebanyakan siswa atau mahasiswa melupakan ketentuan dan syarat umum sebagai penerima beasiswa. Akhirnya mereka mendaftar dengan harapan tidak lolos sudah di tangan. Tentunya hal ini sangat membuang waktu. Oleh karena itu, pastikan untuk memenuhi syarat umumnya terlebih dahulu agar kemungkinan lolos semakin besar.

Mempersiapkan CV dan Portofolio

Tidak hanya dalam kerja saja yang membutuhkan CV dan portofolio, tapi untuk mendapat beasiswa di Surabaya, kamu juga membutuhkannya. Hal ini karena adanya CV membantu lembaga atau instansi untuk mengenal siapa kamu dan apa alasan mereka harus menerimamu. Kamu bisa mencantumkan data diri, organisasi, lomba, seminar, dan kegiatan yang diikuti.

Membuat Resume dan Esai yang Kreatif

Resume dan karya tulis berupa esai menjadi salah satu poin yang dibutuhkan saat mendaftar beasiswa. Apabila kamu tidak memenuhinya, maka syarat administrasi ini akan membuat kamu langsung digugurkan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk belajar membuar resume dan esai yang menarik serta kreatif.

Memperbaiki Kemampuan Menulis dan Berbicara

Jika kamu memilih beasiswa ke luar negeri, kemampuan menulis dan berbicara perlu kamu asah. Terlebih kamu harus menguasai salah satu bahasa asing, yakni bahasa Inggris. Kemampuan menulis yang baik dan kreatif biasanya dibutuhkan dalam membuat esai atau karya lainnya yang diminta oleh pihak penyedia beasiswa.

Sementara kemampuan dalam berbicara menjadi poin plus dalam mendapat beasiswa incaran. Hal ini karena adanya tes atau seleksi wawancara yang menjadi penentu untuk mencapai tahap lain. Kamu bisa belajar cara menyampaikan jawaban tanpa berbelit dan penuh informasi.

Mengincar Beasiswa Kuliah 2021 di Surabaya Supersemar

Salah satu tips yang bisa kamu coba untuk mendapat beasiswa adalah mengincar beasiswa Supersemar. Beasiswa ini ditujukan pada kamu yang tertarik dan aktif dalam organisasi serta kegiatan kampus lainnya. Akan tetapi, beasiswa ini juga ditujukan pada kamu yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Persyaratan beasiswa ini bisa dibilang mudah, karena nilai IPK yang dibutuhkan juga tidak terlalu tinggi. Selain itu, jangan lupa untuk mencari tahu berkas apa saja yang dibutuhkan agar bisa lolos. Saat kamu lolos, maka kamu bisa mendapatkan dana bantuan setiap bulannya.

Melakukan Registrasi Pendaftaran di Beasiswa Instansi Ternama

Salah satu kebanggaan sebagai seorang mahasiswa adalah berhasil masuk atau bekerja di instansi ternama. Namun, untuk bisa mendapatkan posisi tersebut dibutuhkan usaha yang cukup keras. Biasanya perusahaan atau lembaga ternama akan menyeleksi siswa dengan sangat ketat.

Namun, jika kamu berhasil mendapatkan beasiswa di kota Surabaya ini, maka kamu tidak perlu khawatir soal jaminan beasiswa. Belum lagi keuntungan lainnya yang bisa kamu dapatkan, yakni langsung bekerja di sana setelah selesai kuliah.

Delapan tips dan trik di atas bisa kamu coba dengan mudah jika ingin mendapat beasiswa di Surabaya. Jangan lupa untuk memenuhi setiap syarat dan kelengkapan beasiswa agar mudah diterima. Jadi, apakah kamu sudah menentukan apa incaran beasiswamu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *