Salah satu Perguruan Tinggi terbaik di Jawa Timur adalah Universitas Islam Nasional Sunan ampel Surabaya (UINSA). Jika kamu memilih untuk kuliah di kampus ini maka pilihanmu sangat tepat mengingat selain kualitasnya yang bagus biaya kuliah pun cukup terjangkau. Selain terjangkau, untuk biaya kuliah dan pendanaan lain seperti biaya hidup, kamu bisa mendapatkan bantuan beasiswa di UINSA.

Jenis beasiswa di UINSA cukup bervariasi. Sama halnya pada Perguruan Tinggi yang lain, UINSA memiliki program-program beasiswa yang berasal dari Pemerintah, Swasta, Perusahaan dan dari pihak UINSA itu sendiri. berikut sedikit bocoran mengenai beasiswa-beasiswa apa saja yang paling sering dan rutin keluar untuk mahasiswa UINSA.

KIP Kuliah

UINSA juga mendapatkan bantuan beasiswa dari pemerintah melalui program Kartu Indonesia Pintar bagi calon mahasiswa yang hendak melanjutkan kuliah di UINSA dengan menyasar kategori siswa berasal dari latar belakang keluarga miskin, daerah terbelakang, daerah bencana dan daerah konflik. Beasiswa di UINSA ini berlaku untuk semua lulusan SMA / Sederajat pada tahun yang sedang berjalan dan dua tahun sebelumnya. KIP Kuliah tahun 2021 berlaku bagi calon siswa lulusan 2021, 2020 dan 2019 yang hendak melanjutkan kuliah di UINSA. Pendanaan yang diperoleh setelah siswa tersebut menjadi UINSA adalah pembebasan biaya kuliah dana tunjangan uang per bulan sebesar 700 ribu rupiah atau disesuaikan dengan biaya hidup di kota tempat kuliah.

Beasiswa Supersemar

Yayasan Supersemar memiliki program beasiswa untuk mendukung aktivitas studi mahasiswa dari keluarga miskin di seluruh Indonesia. UINSA termasuk salah satu mitra beasiswa ini sehingga mahasiswa UINSA bisa ikut mendaftar khususnya mahasiswa semester 4  sampai semester 8. Persyaratan pendaftaran adalah berasal dari keluarga kurang mampu yang harus dibuktikan dengan surat keterangan berasal dari daerah tempat asalnya (Lurah atau Desa), IPK minimal sebesar 3.00, merupakan mahasiswa aktif dan berkelakuan baik.

Beasiswa BI

Beasiswa BI merupakan beasiswa di UINSA yang berasal dari Bank Indonesia. Sejak tahun 2011 Bank Indonesia secara rutin setiap tahun mengeluarkan beasiswa kepada mahasiswa/i dari PTN dan PTS yang bermitra. Beasiswa ini khusus diberikan kepada mahasiswa Diploma 3, Diploma 4 dan Sarjana 1 dalam dua jenis beasiswa yakni beasiswa Reguler dan beasiswa Unggulan.  Kedua jenis beasiswa tersebut sama-sama memiliki pendanaan berupa tanggungan biaya perkuliahan, tunjangan belajar serta bantuan biaya hidup.

Beasiswa Mahasiswa Miskin

Ini merupakan beasiswa di UINSA yang berasal dari kampus sendiri untuk menyokong perkuliahan mahasiswanya yang berasal dari keluarga miskin. Khusus ditujukan kepada mahasiswa yang telah duduk di semester ke 2 ke atas dan statusnya aktif sebagai mahasiswa sehingga ketika seorang mahasiswa mengajukan cuti maka beasiswanya akan dihentikan. Pembuktian sebagai mahasiswa miskin berupa surat keterangan penghasilan orang tua dan rekomendasi dari lurah asal.

Beasiswa Prestasi dan Akademik

Beasiswa ini juga berasal dari UINSA sendiri kepada mahasiswanya melalui tiap fakultas yang ada.  Ditujukan kepada mahasiswa semester 3 hingga semester 7. Terdapat dua jenis beasiswa Prestasi dan Akademik yaitu beasiswa prestasi akademik dengan persyaratan akademik berupa ranking tertinggi di prodi dan beasiswa prestasi non akademik dengan IPK minimal 3.00.

Beasiswa Baznas

Lembaga beasiswa Baznas memberikan beasiswa kepada mahasiswa kurang mampu secara ekonomi tetapi memiliki prestasi akademik yang baik. UINSA merupakan salah satu perguruan tinggi yang mendapatkan kerja sama beasiswa ini. Pendanaan yang akan diperoleh berupa bantuan UKT, uang saku, dan pembinaan.

Beberapa jenis beasiswa di atas bisa menjadi referensimu jika mencari beasiswa apa saja di UINSA. Untuk informasi detail dan pembaharuan informasi menyangkut beasiswa, kamu bisa membuka laman resmi UINSA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *