Alma Ata setelah resmi menjadi Universitas pada tahun 2015, kini telah berkembang menjadi salah satu perguruan tinggi Islam yang mumpuni di tanah air. Dalam mendukung dan menjamin keberlangsungan studi mahasiswanya, Universitas Alma Ata menyediakan berbagai bentuk beasiswa dan bantuan keuangan. Beasiswa Universitas Alma Ata Yogyakarta terbagi menjadi 2 jenis yaitu beasiswa yang berasal dari Yayasan Alma Ata sendiri dan beasiswa yang berasal dari pemerintah.

1. Beasiswa Yayasan

Beasiswa yayasan Alma Ata menjadi pendorong bagi calon mahasiswa khususnya siswa-siswa yang memiliki prestasi di sekolah baik prestasi akademik maupun prestasi non akademik tetapi memiliki kendala finansial keluarga. Selain itu, yayasan Alma Ata juga memberikan beasiswa prestasi kepada mahasiswa on going (yang sedang kuliah).

Beasiswa Untuk Calon Mahasiswa Alma Ata

  • Beasiswa Utama

Beasiswa Unggul Tidak Mampu atau Utama merupakan beasiswa dari yayasan Alma Ata yang ditujukan bagi calon mahasiswa dengan prestasi yang baik di sekolah khususnya prestasi Akademik namun berasal dari keluarga tidak mampu.

Pendanaan yang akan diperoleh penerima beasiswa ini berupa bantuan biaya pendidikan yang meliputi Biaya SPP Tetap, Biaya SPP Variabel dan Sodaqoh Jariyah. Besaran pendanaan beasiswa adalah 25-100% dari angka pembayaran. Berlaku selama 6 semester  (masa kuliah normal) sejak penerima masuk kuliah.

  • Beasiswa Prestasi Non Akademik

Beasiswa ini merupakan beasiswa bagi calon mahasiswa dengan prestasi yang baik di bidang Non Akademik tetapi terkendala finansial keluarga.

Seperti halnya beasiswa Utama, beasiswa prestasi Non Akademik memberikan pembiyaan kepada penerima beasiswa berupa bantuan biaya kuliah (SPP Tetap dan SPP Variabel). Besaran pembiyaan adalah 25-100% dari angka pembayaran dan berlaku selama masa studi (6 semester).

Beasiswa Untuk Mahasiswa Alma Ata

  • Beasiswa Prestasi Akademik

Merupakan beasiswa Universitas Alma Ata Yogyakarta yang diberikan kepada seluruh mahasiswanya yang berprestasi secara akademis. Persyaratan Akademik yang dibutuhkan adalah nilai IPS minimal 3,75. Besaran nilai beasiswa adalah 100 ribu per bulan selama 1 semester.

  • Beasiswa Prestasi Non Akademik

Kepada mahasiswa Alma Ata yang memiliki prestasi Non akademik, akan mendapatkan beasiswa senilai yang sama dengan beasiswa prestasi akademik. Prestasi non akademik yang dimaksud bisa berupa juara perlombaan ilmiah, seni, olahraga dan sebagainya.

2. Beasiswa Pemerintah

Alma Ata Yogyakarta juga mendapatkan beasiswa dari pemerintah baik beasiswa DIKTI maupun beasiswa DIKPORA.

Beasiswa DIKTI

Ada 3 jenis beasiswa Dikti yang bias diterima oleh mahasiswa yang kuliah di Alma Ata, yakni:

  • Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM)

Beasiswa ini berupa Bantuan Belajar Mahasiswa yang berasal dari pemerintah kepada mahasiswa kurang mampu secara finansial ekonomi keluarganya. Universitas  Alma Ata memiliki kuota jenis beasiswa BBM setiap tahun yang berfungsi dalam membantu pembiayaan mahasiswa kurang mampu agar dapat melanjutkan studi hingga selesai.

Besaran pembiayaan selalu berbeda setiap tahun berdasarkan ketentuan pemerintah. Untuk keterangan lebih lanjut bisa mengunjungi laman resmi sponsor beasiswa ini.

  • Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)

Beasiswa ini berasal dari pemerintah melalui Kemenristekdikti kepada mahasiswa berprestasi  yang berasal dari keluarga prasejahtera. Tujuan dari beasiswa ini adalah untuk memotivasi semangat belajar bagi mahasiswa yang berprestasi agar tetap menjaga konsistensinya. Besaran pembiayaan setiap tahun mengikuti ketentuan yang berlaku dari pemerintah. Informasi lengkap bisa melihat pada laman resmi sponsor beasiswa untuk melihat detail dan tanggal pendaftarannya.

Beasiswa DIKPORA

Beasiswa ini berasal dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi DIY kepada mahasiswa dan calon mahasiswa yang berasal dari wilayah DIY. Persyarataannya adalah memiliki KTP DIY serta berprestasi di bidang Akademik dan Non Akademik. Beasiswa ini hadir hampir setiap tahun. Keseluruhan jenis beasiswa universitas Alma Ata Yogyakarta di atas adalah beasiswa yang turun hampir setiap tahun. Perkembangan informasi mengenai persyaratan, tanggal pendaftaran serta besaran pembiayaan selalu terupdate setiap tahun. Oleh karena itu, kepada mahasiswa atau calon mahasiswa Alma Ata harap aktif mengecek laman kemahasiswaan universitas untuk mendapatkan informasi terbaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *