Universitas Bandar Lampung sudah menjadi salah satu Perguruan Tinggi Swasta terbaik di Sumatera Selatan. Dengan berbagai program studi jenjang sarjana dan pascasarjana, universitas ini sangat fokus untuk mencetak generasi cerdas berpendidikan khususnya bagi daerah Sumatera. Salah satu bukti bahwa UBL mengedepankan pendidikan mahasiswanya adalah berbagai Beasiswa Universitas Bandar Lampung yang diselenggarakan untuk membantu pendanaan mahasiswa.

Pada tahun 2021, beasiswa-beasiswa berikut ini kemungkinan akan diadakan lagi di UBL.

Beasiswa Peduli Anak Bangsa

Universitas Bandar Lampung menyediakan program beasiswa bagi siswa/i kelas XII SMA, SMK, MAN dan sederajat yang akan melanjutkan kuliah S1 di UBL. Beasiswa Peduli Anak Bangsa ini tergolong dalam beasiswa prestasi baik bidang akademik maupun bidang non akademik.

1. Beasiswa Akademik

Beasiswa akademik adalah beasiswa bagi calon mahasiswa berprestasi. Tujuannya adalah menjaring siswa-siswa berprestasi dari sekolah untuk menjadi mahasiswa UBL.

Persyaratan:

  1. Scan identitas (KTP, kartu Pelajar, KTP orang tua/wali)
  2. Sertifikat prestasi/kejuaraan bidang Akademik
  3. Surat rekomendasi yang berasal dari kepala sekolah
  4. Keterangan penghasilan orang tua

2. Beasiswa Non Akademik

Beasiswa Non Akademik untuk memfasilitasi siswa-siswa yang memiliki prestasi di bidang non akademik seperti seni, olahraga dll.

Persyaratan:

  1. Scan identitas (KTP, kartu Pelajar, KTP orang tua/wali)
  2. Sertifikat prestasi/kejuaraan bidang Non Akademik
  3. Surat rekomendasi yang berasal dari kepala sekolah
  4. Keterangan penghasilan orang tua

Beasiswa Bidikmisi

Beasiswa Bidik Misi terbuka bagi semua calon mahasiswa khususnya mahasiswa dari keluarga tidak mampu. Saat ini beasiswa Bidikmisi berubah menjadi KIP Kuliah.

Persyaratan:

  1. Merupakan siswa SMA/SMK/MAN sederajat yang akan lulus tahun 2021 atau telah lulus satu tahun sebelumnya
  2. Memiliki prestasi yang baik di sekolah baik Akademik maupun non Akademik
  3. Surat rekomendasi yang berasal dari kepala sekolah
  4. Lulus tes masuk UBL
  5. Keterangan penghasilan orang tua
  6. Foto tampak rumah orang tua.

Pembiayaan: bebas biaya kuliah, dan subsidi untuk biaya hidup senilai 700 ribu per bulan.

Program bantuan UKT/SPP

Beasiswa ini merupakan program bantuan pembayaran UKT/SPP kepada mahasiswa aktif UBL yang berasal dari Kemendikbud. Sebagai bantuan dari pemerintah, mahasiswa UBL yang ingin mendapatkan bantuan ini harus mengetahui lebih lanjut informasi rinci di laman kemendikbud.

Persyaratan: berasal dari keluarga prasejahtera.

Pembiayaan: bantuan dana UKT/SPP untuk satu semester.

Beasiswa LPDP

LPDP juga menjadi beasiswa Universitas Bandar Lampung untuk program Magister. Terpilihnya UBL sebagai salah satu mitra dalam penyelenggaraan beasiswa pemerintah ini mengingat kualitasnya sebagai Perguruan Tinggi Swasta yang paling banyak memiliki akreditasi A pada program studinya. Beasiswa LPDP diperuntukan bagi dosen tetap dari perguruan tinggi dalam lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Persyaratan umumnya adalah memiliki Nomor Induk Dosen Nasional. Pembiyaan yang akan diterima berupa dana pendidikan, uang transportasi, uang buku dan uang bulanan.

Bagi mahasiswa UBL silahkan pantau terus perkembangan informasi mengenai beasiswa Universitas Bandar Lampung di atas. Informasi yang lebih detail terdapat pada laman informasi kampus dan juga pada laman sponsor beasiswa yang ada .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *