Beasiswa di Universitas Brawijaya membantu impian kamu untuk melanjutkan pendidikan perguruan tinggi gratis. Kesempatan kuliah seperti ini dapat kamu temukan dari jalur beasiswa di UB.

Universitas Brawijaya (UB) merupakan lembaga pendidikan tinggi, memperoleh ranking ke-5 sebagai universitas terbaik di Indonesia. UB juga terkenal sangat baik dalam Keterbukaan Informasi publik sesuai aturan UU No. 14 Tahun 2008. UB menduduki ranking kedua dalam hal tersebut.

Hal baik lain dari UB adalah karena lembaga pendidikan ini telah menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga internasional. Sehingga, membawa keuntungan untuk karir dan masa depan mahasiswa. Jika ingin mencari beasiswa, berikut adalah cara memperoleh beasiswa di UB:

Beasiswa Kuliah di UB – Bidikmisi

Beasiswa bidikmisi adalah program bantuan pendidikan bagi para mahasiswa yang memiliki keterbatasan ekonomi. Seringkali, beasiswa berbentuk penghargaan atau bantuan dana bagi mahasiswa berprestasi.

Namun, berbeda dengan Bidikmisi yang memberi syarat bahwa penerima beasiswa adalah berpotensi mampu menuntaskan pendidikan sampai perguruan tinggi. Jika ingin mengajukan beasiswa di Universitas Brawijaya dari program Bidikmisi, berikut syarat yang harus kamu tahu:

  • Lulus pendidikan SMA sederajat, dan lulus pada tahun program ini tersedia.
  • Lulus pada tahun sebelumnya, bukan penerima beasiswa bidikmisi, serta tidak melanggar ketentuan pendaftaran mahasiswa baru di Universitas Brawijaya.
  • Usia maksimal ketika mendaftar kuliah adalah 21 tahun.
  • Memiliki keterbatasan ekonomi.

Terdapat kriteria apa itu ekonomi terbatas, sebagaimana berikut:

  • Memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau menerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM).
  • Pendapatan gabungan kedua orang tua atau wali (suami-istri) tidak boleh lebih dari Rp 3.000.000 tiap bulan. Program beasiswa ini juga hanya berlaku pada mahasiswa dengan pendidikan orang tua atau wali setinggi-tingginya D4 atau S1. Kamu juga harus punya potensi akademik, dengan bukti dari surat rekomendasi kepala sekolah.
  • Jika difasilitasi oleh PTN, maka harus mengikuti seleksi masuk SNMPTN, SBMPTN, seleksi Mandiri PTN, UT, Politeknik, atau ISI.
  • Jika difasilitasi oleh PTS, maka harus mengikuti syarat seleksi masuk.

Universitas Brawijaya pernah memberikan beasiswa Bidikmisi pada tahun 2016, dengan total 691 pemohon. Namun, tidak semua pemohon bisa memperoleh beasiswa karena harus melewati proses verifikasi kelayakan.

Pada proses tersebut, UB akan menyeleksi apakah pendaftar beasiswa sudah layak atau tidak untuk memperoleh bantuan Bidikmisi.

Beasiswa Pertamina Sobat Bumi

Pertamina Foundation menyediakan program beasiswa Sobat Bumi bagi para pelajar, termasuk untuk kamu yang ingin mencari beasiswa di Universitas Brawijaya. Pemberian beasiswa ini berupa bantuan untuk biaya hidup dan biaya kuliah, terutama jika kamu memiliki prestasi.

Ada beberapa syarat yang wajib kamu penuhi. Pertama, kamu harus mampu menunjukkan identitas sebagai WNI dan merupakan seorang mahasiswa S1 pada semester V (lima). IPK pada semester 1 hingga semester 5 harus di atas 3.0 juga tidak sedang memperoleh beasiswa dari sumber manapun.

Untuk menunjukkan bahwa kamu juga memiliki prestasi akademik, maka harus aktif pada berbagai bidang atau organisasi, terutama lingkungan hidup. Beasiswa ini juga memberlakukan proses seleksi, sehingga kamu wajib mengikuti proses tersebut dan patuh sesuai ketentuan Pertamina Foundation.

Syarat khusus beasiswa ini adalah membuat karya tulis ilmiah serta telah aktif dalam berorganisasi atau berpartisipasi dalam kegiatan pelestarian lingkungan.

Sekarang, kamu sudah tahu banyak hal tentang bagaimana cara memperoleh beasiswa di Universitas Brawijaya. Jika kuliah di UB adalah impian kamu, pantau terus informasi kedua jenis beasiswa tersebut, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *