Beasiswa Universitas Kristen Petra tersedia baik untuk mahasiswa baru atau untuk mahasiswa aktif. Berikut adalah berbagai pilihan apa saja beasiswa untuk mahasiswa baru yang mengambil program jurusan S1 di Petra.

Beasiswa Putra-Putri Pendeta

Keuntungan memperoleh Beasiswa bagi kamu adalah membayar kewajiban uang sumbangan masuk atau disebut dengan USM berdasarkan tabel kategori beasiswa. Kamu bisa melihat tabel kategori tersebut dalam formulir beasiswa.

Selain itu, kamu juga berhak memperoleh beasiswa uang sumbangan penyelenggaraan pendidikan, disingkat USPP mencapai 50%. Sehingga penerima beasiswa universitas Kristen Petra pada kategori ini bisa memperoleh beasiswa maksimal hingga Rp 5.000.000 pada semester 1.

Kemudian Petra akan meninjau IPS jika mencapai 3,00 akan memperoleh tambahan untuk bebas uang pendaftaran rencana studi, disingkat UPRS hingga maksimal 50% untuk semester berikutnya. Jika kamu dapat memenuhi seluruh persyaratan dalam peraturan beasiswa putra-putri pendeta maka Petra dapat memberikan beasiswa program S1 hingga 8 semester maksimal.

Perlu diketahui bahwa beasiswa putra putri pendeta tidak untuk program internasional.

Cara mengajukan putra putri pendeta di Petra adalah berikut:

  • Ajukan beasiswa universitas Kristen Petra putra-putri pendeta sesuai dengan jadwal pendaftaran mahasiswa baru. Jadi kamu harus mengikuti seluruh informasi terbaru di web berikut: admission.petra.ac.id
  • Unduh formulir beasiswa lalu lengkapi seluruh berkas persyaratan beasiswa sebelum pendaftaran ditutup.
  • Jika formulir sudah kamu isi secara lengkap, dan sudah dapat memenuhi berkas persyaratan maka selanjutnya scan seluruh dokumen tersebut dan jadikan dalam satu file format PDF. Hasil scan dokumen atau softcopy permohonan beasiswa Universitas Kristen Petra pada program putra-putri pendeta dapat kamu email ke: konseling[at]petra.ac.id
  • Sedangkan untuk format subjek email yaitu: “Permohonan Beasiswa Putera Puteri Pendeta MaBa 2021_Nama lengkap kamu_No. ujian kamu”.
  • Lanjutkan dengan kirim asli berkas hardcopy untuk pengajuan beasiswa melalui jasa ekspedisi atau Pos Indonesia ke Universitas kristen Petra dengan menuliskan “Beasiswa Pendeta Mahasiswa Baru 2021_Nama kamu_No.ujian kamu pada bagian sudut kiri amplop.
  • Proses terakhir yaitu tinggal menunggu informasi tentang jadwal wawancara dari PKPP.

Beasiswa Prestasi Akademik

Beasiswa prestasi akademik Universitas Kristen Petra tersedia untuk memotivasi mahasiswa agar terus berprestasi dalam bidang akademik. Jika kamu memiliki prestasi tertinggi pada jurusan atau fakultas saat ini, maka kamu dapat mengikuti program beasiswa tersebut pada semester 3 dengan syarat khusus yaitu:

  • Harus mempunyai IPK di atas 3 dan IPK tersebut adalah tertinggi pada program jurusan
  • Harus menyandang status mahasiswa tahun pertama

Keuntungan memperoleh beasiswa ini adalah bebas biaya USPP sebesar 100% dengna total mencapai Rp. 10.000.000,- maksimal dalam satu semester, sekaligus memperoleh piagam penghargaan.

Beasiswa Peduli

Kamu juga berhak mengajukan beasiswa jika sudah aktif kuliah semester dua. Program bantuan tersebut diberikan jika kamu mengalami kendala ekonomi, namun punya potensi akademik tinggi.

Berikut adalah syarat khusus untuk memperoleh beasiswa peduli:

  • Kamu harus memiliki IPS di atas 2,75
  • Memiliki keterbatasan ekonomi
  • Membuat esay individu tentang kehidupan keluarga serta motivasi apa untuk memperoleh beasiswa
  • Ikuti proses wawancara dari PKPP
  • Memberikan rekomendasi dari PKPP serta Dosen Wali

Mahasiswa yang memperoleh beasiswa Universitas Kristen Petra dalam program Beasiswa Peduli berhak mendapatkan 100% pembebasan biaya USPP, atau maksimal Rp. 10.000.000 selama satu semester. TU Jurusan akan mengumumkan informasi beasiswa ini jika tersedia.

Untuk mengajukan beasiswa tersebut, maka kamu harus isi formulir online dari BAKA, dan serahkan kembali untuk proses. Kamu juga harus mengikuti wawancara PKPP sesuai jadwal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *