Beasiswa universitas Muhammadiyah Bandung yang sedang berlaku saat ini adalah beasiswa voucher prestasi, program dari Universitas Muhammadiyah Bandung. Setelah menggandeng pemerintah provinsi Jawa Barat, melalui dinas pendidikan.

Tujuannya agar angka partisipasi kasar masyarakat Jawa Barat Dalam melanjutkan studi hingga perguruan tinggi setelah lulus SMA sederajat dapat meningkat. Harapan pasar peluang beasiswa voucher prestasi dapat memicu semangat para pelajar agar melanjutkan pendidikan dan mengembangkan potensi diri saat di bangku kuliah.

Tentang Program Voucher Beasiswa

Adapun program voucher beasiswa Universitas Muhammadiyah Bandung adalah bagi lulusan tahun 2020 dan berprestasi pada bidang akademik atau non akademik.

Itulah mengapa Universitas Muhammadiyah Bandung memilih calon mahasiswa berprestasi akademik melalui nilai raport atau melihat peringkat rangking saat di kelas yaitu harus 10 besar, dengan adanya surat rekomendasi asli dari sekolah SMA, supaya beasiswa ini dapat diperoleh.

Sedangkan untuk para pelajar yang ingin daftar di Universitas Muhammadiyah Bandung dan memiliki prestasi secara non akademik dapat melampirkan sertifikat hasil investasi seperti prestasi menghafal Alquran, mengikuti olimpiade olahraga, atau memiliki prestasi pada bidang seni budaya.

Bukti prestasi yaitu adanya surat rekomendasi asli sekolah supaya kamu dapat memperoleh program beasiswa prestasi tersebut.

Karena program beasiswa ini adalah hasil kerjasama dengan provinsi Jawa Barat, maka syarat khusus untuk mengurus beasiswa tersebut adalah yaitu bahwa kamu merupakan warga Jawa Barat dengan bukti kartu identitas. Bisa menggunakan kartu keluarga atau kartu tanda penduduk.

Bagi penerima program beasiswa voucher prestasi, dapat memperoleh potongan biaya kuliah sampai 50% selama 8 semester yaitu untuk biaya SPP,SKS, BPP, dan biaya praktikum.

Berikut adalah persyaratan umum bagi para pelajar yang ingin mengajukan program beasiswa voucher berprestasi:

  • Hanya untuk para pelajar berprestasi akademik dengan rangking 1-10 di kelas, atau prestasi non akademik di luar pembelajaran formal seperti pernah memenangkan perlombaan saat SMA, merupakan kader Muhammadiyah
  • Jika IPK kurang dari 3,0 maka voucher beasiswa dapat dicabut lalu akan ditinjau jika berikutnya IPK berhasil lebih dari 3,0
  • Diutamakan hanya untuk para belajar asli Jawa Barat dibuktikan dengan KK atau KTP Jawa Barat

Syarat khusus program voucher beasiswa prestasi Universitas Muhammadiyah Bandung adalah berikut:

  • Lulusan SMA fresh graduate pada lembaga swasta atau negeri
  • Fotocopy surat keterangan Lulus atau ijazah (sementara)
  • Salinan rapor semester 3 sampai semester 5 yang wajib dilegalisir oleh Kepala Sekolah
  • Memperoleh surat rekomendasi langsung dari kepala sekolah untuk mengikuti program beasiswa prestasi Jawa Barat
  • Fotokopi KTP dan KK sebanyak 1 lembar
  • Foto berwarna ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar dan berikan nama pada bagian belakang foto.
  • Melampirkan bukti fisik memiliki prestasi pada ajang perlombaan, boleh level lokal, nasional, atau internasional
  • Harus mengikuti tes online untuk para calon mahasiswa yang tidak punya bukti sertifikat prestasi.

Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur APK

Dengan kerjasama antara Universitas Muhammadiyah Bandung dan Pemerintah provinsi Jawa Barat, program beasiswa Universitas Muhammadiyah Bandung jalur APK adalah upaya untuk meningkatkan jumlah partisipasi kasar pendidikan tinggi warga lokal.

Program tersebut hanya untuk lulusan SMA dari sekolah Jawa Barat dengan bantuan berupa potongan biaya sebesar 50% untuk SPP dan pemberian pembebasan biaya pengembangan pendidikan atau BPP hingga 50%.

Syarat Program beasiswa jalur APK yaitu:

  • Merupakan lulusan SMA sederajat dari lembaga swasta atau negeri di Jawa Barat
  • Salinan rapor semester 3 sampai dengan semester 6 yang sudah dilegalisir oleh Kepala Sekolah
  • Salinan KK dan KTP
  • Foto berwarna 3×4

Itulah beberapa syarat dan informasi beasiswa di Universitas Muhammadiyah Bandung, semoga kamu bisa dapatkan beasiswanya ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *