Bagaimana cara memperoleh beasiswa full kedokteran di Indonesia bagi mahasiswa baru, mungkin adalah informasi yang sedang kamu cari. Image fakultas kedokteran selalu mahal tidak memutuskan banyak calon mahasiswa jadi patah semangat.

Kamu bisa mencari informasi tentang beasiswa full kedokteran di Indonesia untuk meringankan biaya pendidikan. Apalagi, jurusan kedokteran cenderung menawarkan pendidikan lebih lama daripada jurusan lainnya, yaitu hingga 6 tahun dengan total 11 semester.

Tidak ada salahnya untuk mencoba peluang memperoleh beasiswa. Beberapa kampus menyediakan beasiswa dengan syarat calon penerima beasiswa harus lulus seleksi masuk serta terdaftar dalam fakultas kedokteran. Berikut adalah beberapa peluang beasiswa kuliah kedokteran.

Beasiswa Full Kedokteran di Indonesia, UI

UI menawarkan beasiswa kuliah kedokteran dengan total kuota 3 sampai 5 calon penerima beasiswa untuk satu angkatan. Jika kamu lolos sebagai mahasiswa baru fakultas kedokteran Universitas Indonesia, kamu bisa mengajukan beasiswa tersebut untuk semester pertama.

Keuntungan memperoleh Beasiswa Paripurna adalah dengan memperoleh dana BOP langsung ke rekening pada minggu pertama saat pembayaran kuliah. Kamu juga berhak memperoleh hingga 12 juta per semester untuk biaya hidup.

Tidak hanya keuntungan berupa finansial, beasiswa Paripurna UI menyediakan program mentorship untuk melatih skill dan potensi diri, serta dana hingga Rp 5 juta rupiah untuk survey pengembangan daerah asal kamu tinggal.

Beasiswa Fakultas Kedokteran – UNAIR

Fakultas Kedokteran UNAIR Surabaya juga memberikan kesempatan para milenial berprestasi, dengan sumber dana bervariasi, seperti melalui CSR Korporasi, Dana Hibah, sampai Dana Dikti.

Selain menjadi mahasiswa aktif pada fakultas kedokteran, kamu wajib memiliki IPK 3.00 minimal, juga harus mempertahankan prestasi tersebut pada semester berikutnya.

UNAIR juga memberikan syarat SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) untuk calon penerima beasiswa dari keluarga prasejahtera. Jika ingin mengajukan beasiswa ini, kamu dituntut aktif berorganisasi, tidak sedang menggunakan beasiswa dari institusi lain, serta harus mengikuti program coaching.

Beasiswa Prestasi – UPH

Beasiswa full kedokteran di Indonesia berikutnya dari Universitas Pelita Harapan (UPH), Tangerang. Jika berhasil menjadi mahasiswa fakultas kedokteran di lembaga tersebut, maka kamu akan menikmati pengalaman kuliah pada kampus bertaraf internasional.

UPH menyediakan RS Siloam yaitu sebuah rumah sakit pendidikan, sehingga biaya kuliah bisa mencapai hingga Rp 643 juta sampai lulus.

UPH memberikan kesempatan beasiswa bagi para pelajar yang masih duduk di kelas 12 dan ingin menjadi dokter. Skema beasiswa yang UPH tawarkan sangat bervariasi sesuai prestasi.

Bagi calon penerima beasiswa platinum akan memperoleh 100% beasiswa kuliah, rank gold sebesar 75%, rank silver berupa penerimaan 50%, dan beasiswa bronze yaitu 25%.

Seluruh beasiswa tersebut adalah untuk biaya registrasi, biaya term, dan juga biaya kredit semester hingga pada semester 3. UPH kemudian akan meninjau capaian akademik penerima beasiswa dari IP Semester dan IPK.

Persyaratan yang harus kamu penuhi yaitu pelajar kelas 12 SMA IPA yang belum terdaftar sebagai mahasiswa pada kampus lain. Serta, wajib lolos tes masuk pada FK UPH. Terakhir, peserta dilarang menikah atau hamil selama masih aktif kuliah.

Jika tertarik dengan beasiswa FK di UPH, maka kamu harus memperhatikan berbagai berkas lain untuk persyaratan dan ketentuan beasiswa.

Itulah informasi lengkap tentang cara mendapatkan beasiswa full kedokteran di Indonesia. Hampir seluruh beasiswa FK pasti melalui proses pendaftaran panjang, kuota terbatas, dan memiliki syarat ekstra.

Ada banyak cara memperoleh beasiswa kuliah FK. Jangan lupa untuk melakukan konsultasi dengan orang tua sebelum mengurus beasiswa untuk mempermudah langkahmu dalam prosesnya nanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *