IOM adalah singkatan dari Ikatan Orangtua Mahasiswa di ITB yang telah bertahun-tahun turut menyokong perkuliahan mahasiswa dengan beasiswa-nya. IOM sebagai mitra ITB lebih bersifat sosial kekeluargaan dalam menyalurkan beasiswanya. Organisasi yang secara legal telah berdiri sejak 1974 ini memiliki misi untuk membantu setiap mahasiswa ITB yang terkena dampak ekonomi.

Beasiswa IOM ITB 2021

Pada tahun 2021, beasiswa IOM ITB kembali terbuka kepada mahasiswa ITB angkatan 2015 hingga angkatan 2018. IOM terdiri atas 3 jenis pembiayaan yang mana calon penerima beasiswa dari keempat angkatan mahasiswa ini bakal memperoleh Beasiswa Biaya Hidup, Beasiswa Biaya UKT, dan Beasiswa Tugas Akhir.

Persyaratan Umum Beasiswa IOM 2021

Persyaratan umum bagi yang mau mengajukan beasiswa ini adalah:

  1. Surat tentang penghasilan orang tua dengan keterangan RT/ RW atau Lurah asal
  2. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM)
  3. Rekomendasi dari dosen dan dari teman sesama mahasiswa
  4. Fotocopy identitas berupa KTM, KSM dan KK
  5. Harus memiliki rekening BNI (Nama sendiri)
  6. Transkrip nilai (hingga semester terakhir)
  7. Keterangan tidak merokok
  8. Tidak sedang menerima beasiswa lain (di luar IOM)
  9. Keterangan sedang melakukan Tugas Akhir (TA) khusus untuk IOM TA

Catatan:

  • formulir pendaftaran dan form surat rekomendasi bisa diunduh dari laman kemahasiswaan ITB.
  • kepada mahasiswa yang mau mengajukan 3 jenis beasiswa sekaligus maka formulis pendaftaran juga harus diisi sejumlah tiga (3)

Beasiswa IOM ITB murni untuk tujuan pengentasan masalah finansial sehingga persyaratan nilai IPK tidak termasuk di dalamnya. Artinya, tidak ada batasan nilai minimal baik IP maupun IPK. Selain itu, beasiswa IOM memungkin seorang mahasiswa untuk mendapatkan lebih dari 1 jenis beasiswa yang terdapat dalam IOM.

Pembiayaan beasiswa IOM ITB

Pendanaan yang akan diperoleh dari IOM kepada mahasiswa penerima beasiswa bervariasi.  Misalkan pada beasiswa IOM Biaya Hidup mahasiswa akan menerima uang tunjangan sebesar 300 ribu hingga 500 ribu per bulan selama 6 bulan, sementara beasiswa IOM.

Wawancara calon penerima beasiswa IOM ITB

IOM sebagai mitra ITB telah bertahun-tahun turut membiayai mahasiswa ITB yang notabene kurang mampu secara finansial. Berdasarkan organisasinya, IOM dinaungi oleh Ditmawa ITB sehingga pengajuann beasiswa oleh mahasiswa dilakukan lewat Ditmawa. Setelah seluruh persyaratan dilengkapi, IOM melalui tim-nya akan melakukan wawancara terhadap mahasiswa calon penerima.

Tahapan terpenting dalam proses penerimaan beasiswa IOM adalah wawancara. IOM menginginkan beasiswanya selalu jatuh ke tangan yang tepat, sehingga proses wawancara akan menjadi proses seleksi yang benar-benar untuk menemukan calon mahasiswa dengan kriteria kurang mampu.

Pada tahun 2021, IOM masih terbuka pendaftarannya. Bagi kamu yang ingin mendapatkan bantuan beasiswa IOM ITB bisa mengisi formulir pendaftaran sekaligus melengkapi persyaratan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *