Beasiswa Jababeka President University merupakan beasiswa yang tersedia bagi siswa yang ingin kuliah di President University. Melalui Badan Akreditasi Nasional perguruan tinggi Republik Indonesia (BAN-PT), President University telah memperoleh akreditasi A dengan kurikulum mengacu pada konsep kampus merdeka, sekaligus menjadi kurikulum pertama di Indonesia.

Program S1 president University selesai 3 tahun, lebih singkat jika dibandingkan dengan kuliah reguler di kampus lain.

Selain itu, mahasiswa President University dapat memilih mata kuliah luar program studi, serta mata kuliah atau kegiatan luar universitas selama 1 tahun dengan ikut program beasiswa, mentor, dan magang.

Bagi para pelajar lulusan SMA atau sederajat yang ingin mengikuti program beasiswa Jababeka President University, maka harus memiliki prestasi akademik. Usia 17-21 tahun, dan tidak ada persyaratan dalam status sosial ekonomi.

Sedangkan beasiswa melalui rapor merupakan evaluasi nilai rapor sesuai standar seleksi masuk di President University, tanpa tes, dengan syarat telah memenuhi persyaratan dan peraturan administrasi.

Informasi Lengkap Beasiswa Jababeka

  • Hanya untuk mahasiswa President University
  • Beasiswa subsidi biaya kuliah, selama 10 semester sampai lulus program studi S1.
  • Tidak mengikat naik-turun prestasi IPK, kecuali bagi mahasiswa yang memperoleh Beasiswa Rank-1.
  • Beasiswa Jababeka tersedia dalam 5 kategori yaitu Rank 1 penerimaan 100%, Rank 2 penerimaan 75%, Rank 3 penerimaan 70%, Rank 4 penerimaan sebesar 60%, Rank 5 penerimaan 50%.

Syarat Pengajuan Beasiswa Jababeka

  • Adalah WNI bebas narkoba dan berbadan sehat.
  • Beasiswa tersedia bagi pelajar lulusan SMA sederajat tahun 2021 atau lulus 2 tahun sebelum tahun akademik kuliah President University dimulai.
  • Nilai pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris pada raport 80 minimal, saat kelas X dan XI (Semester 1 sampai 4).

Cara Daftar Beasiswa Jababeka President University

  • Daftar online tanpa membayar biaya apapun alias gratis.
  • Input data diri secara jelas dan lengkap termasuk: Nama lengkap sesuai ijazah, email dan nomor HP aktif, alamat rumah termasuk nama jalan, nomor rumah, RT/RW, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan/kelurahan, kode pos.
  • Cantumkan nilai rapor kelas X dan XI secara online, untuk pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
  • Jika ada 2 angka seperti Keterampilan Vs. Pengetahuan, atau misalnya Wajib vs Minat, bandingkan kedua angka dan Pilih angka tertinggi untuk kamu masukkan dalam formulir pendaftaran.
  • Input nilai rapor harus sesuai dengan nilai rapor soft copy yang kamu kirim.
  • LoA dinyatakan gugur atau tidak berlaku kalau hasil verifikasi menyatakan nilai rapor input dan Nilai raport pada soft copy tidak sesuai.
  • Ketika mendaftar, perhatikan nomor registrasi (11 digit), berfungsi sebagai nomor rekening virtual account.
  • Sebelum memilih tombol “Submit” untuk mengirim, sebaiknya cek formulir terlebih dahulu.
  • Kirim soft copy rapor SMA kelas X, XI dalam format PDF atau JPG, halaman data diri sesuai informasi berikut:

Email: beasiswarapor[at]president.ac.id; atau admission[at]president.ac.id

Subject Email: Nomor Registrasi, Nama Lengkap, Jurusan, No. HP.

Pengiriman Letter of Acceptance (LoA)

President University dan office of admission akan mengirimkan letter of acceptance (LoA) ke email dan WhatsApp calon penerima serta orang tua.

Cek email pada bagian Inbox atau spam, jika kamu belum menerima LoA, hubungi information center melalui WhatsApp-Ask PresUniv.

LoA fisik/cetak akan dikirimkan ke alamat rumah kamu menggunakan Pos Indonesia dalam jangka waktu dua atau tiga minggu jika informasi data diri dikirim secara lengkap dan jelas.

Pandemi covid 19 dan kebijakan PSBB juga dapat mempengaruhi lamanya proses pengiriman LoA, sehingga dapat memakan waktu lebih dari tiga minggu.

Jika kamu dinyatakan lulus seleksi serta diterima sebagai mahasiswa program S1 President University yang memperoleh beasiswa Jababeka, sebaiknya mempelajari isi letter of acceptance terutama pada halaman 1 sampai 3 dengan memperhatikan tabel stabilo kuning.

Konsultasi serta diskusikan bersama wali atau orang tua agar tidak ada kendala rencana studi kuliah di President University.

Konfirmasikan sebelum deadline atau batas waktu letter of acceptance pada President University dengan menyatakan bahwa kamu akan mengambil perolehan beasiswa tersebut/reserved.

Cek Status Beasiswa Jababeka

  • Kunjungi www.admission.president.ac.id
  • Buka menu cek status beasiswa
  • Masukkan nomor registrasi dan password sesuai pada LoA.

Perubahan Informasi

Jika kamu ingin ganti jurusan, dapat dengan mengunjungi www.admission.president.ac.id, klik INQUIRY, pilih CHANGE MAJOR, lalu input nomor registrasi dan password sesuai pada LoA. Pikirkan jurusan secara matang, karena kamu mempunyai kesempatan dua kali jika ingin melakukan perubahan ini.

Untuk mengoreksi profil, buka alamat website tersebut dan pilih INQUIRY, UPDATE PROFIL, lalu masukkan nomor registrasi dan password sesuai dengan LoA. Kamu bisa melakukan koreksi pada bagian seluruh data diri, kecuali nomor registrasi dan nama.

Kalau kamu konfirmasi mengundurkan diri karena telah diterima di PTN ITB, UI, UGM jalur SNMPTN/SBMPTN, dana yang sudah kamu bayar bisa kamu terima kembali dengan potongan 2,5 juta sebagai biaya administrasi.

Jika konfirmasi mengundurkan diri dari program beasiswa Jababeka President University karena telah diterima universitas selain ITB, UGM, dan UI, maka tidak dapat memperoleh kembali dana yang sudah dibayar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *