Beasiswa kuliah di Indonesia tersedia dalam berbagai macam program beasiswa yang berasal dari pemerintah, swasta, perusahaan dan juga yayasan. Setiap tahun, di semua Perguruan Tinggi tanah air hampir tanpa terkecuali menyelenggarakan beasiswa dalam rangka membantu studi mahasiswanya.

Tahun 2021, berbagai program beasiswa dipastikan akan kembali terselenggara. Berikut ini adalah program-program beasiswa yang sudah muncul namanya baik kepada calon mahasiswa maupun untuk mahasiswa on going khususnya di program S1 dan Diploma.

Beasiswa kuliah di Indonesia yang sudah terselenggara

  • Beasiswa DataPrint 2021

Pada tahun 2021, Program beasiswa DataPrint kembali terbuka untuk mahasiswa S1 dan Diploma (D3 dan D4). Meskipun dengan kuota yang sangat terbatas, program beasiswa ini sudah berperan dalam menyokong pendidikan anak bangsa sejak tahun 2011. Persyaratan untuk mendaftar beasiswa ini pun tergolong mudah, salah satunya berupa essai mengenai produk DataPrint. Pendanaan bagi penerima beasiswa berupa uang saku yang akan diberikan secara tunai dengan kisaran 400 ribu rupiah hngga 1 juta rupiah. Informasi selengkapnya bisa diperoleh pada website resmi sponsor beasiswa DataPrint.

  • Beasiswa VDMS (VDMI)

Beasiswa VDMS menjadi salah satu beasiswa kuliah di Indonesia yang cukup sering terselenggara setiap tahun.  Ditujukan kepada mahasiswa di perguruan tinggi yang bermitra dengan penyelenggera beasiswa (Van Deventer – Maas Indonesia). Pembiayaan yang diperoleh penerima beasiswa berupa uang tunai sebesar 650 ribu per bulan serta pelatihan kepribadian.

  • Beasiswa SEA

Beasiswa ini berasal dari Sea Group yang ditujukan bagi mahasiswa S1 dalam negeri.  Pendanaan yang diterima berupa bantuan biaya kuliah penuh selama 4 tahun kuliah dan bantuan uang bulanan setiap bulan.  Selain uang tunai, bantuan yang diberikan juga berupa magang pada unit-unit bisnis Sea Group seperti Shopee, Garena dan SeaMoney.

Beasiswa kuliah di Indonesia yang sedang dibuka

Terdapat dua jenis program beasiswa yang sementara dibuka pada bulan maret 2021 yakni:

  • Beasiswa Glow & Lovely

Beasiswa ini khusus kaum perempuan yang akan melanjutkan studi dari jenjang SMA/SMK ke Perguruan Tinggi. Pendaftaran terbuka bagi siswi yang saat ini tengah duduk di kelas 12 dan berniat mengikuti seleksi masuk PTN yang berada di luar Jabodetabek. Pendanaannya berupa bantuan biaya kuliah pada perkuliahan tahun pertama.

Beasiswa ini sedang dibuka dengan deadline pendaftaran tanggal 31 Maret 2021.

  • Beasiswa Smart ITSB

Beasiswa kuliah di Indonesia ini diselenggarakan oleh PT Smart Tbk yang ditujukan khusus kepada calon mahasiswa tanah di tanah air yang akan melanjutkan studi D3. Pendanaan yang akan diterima berupa biaya kuliah penuh, biaya hidup per semester, dan kesempatan magang.

Beasiswa ini sedang dibuka dengan deadline pendaftaran tanggal 31 Maret 2021.

  • Beasiswa Djarum Plus

Beasiswa ini tergolong dalam beasiswa prestasi dan khusus untuk mahasiswa S1 yang berada di semester 4 dengan minimum IPK 3.20 di semester sebelumnya. Terbuka untuk semua jurusan. Pendanaan yang diberikan berupa uang tunai sebesar 1 juta rupiah per bulan selama setahun.

Beasiswa ini sedang dibuka dengan deadline pendaftaran tangggal 23 Mei 2021.

Beasiswa kuliah di Indonesia yang akan segera dibuka

Selain program-program beasiswa di atas, masih ada lagi beasiswa yang akan segera dibuka pendaftaran yakni:

  • Beasiswa KSE 2021

Beasiswa Karya Salemba Empat merupakan beasiswa bagi mahasiswa S1 yang sudah berada di minimal semester 2 dan berasal dari Perguruan Tinggi yang bermitra dengan KSE.  Program beasiswa ini terbagi menjadi dua yaitu:

Beasiswa Reguler dengan pembiayaan berupa uang tunai sebesar 750 ribu rupiah per bulan selama setahun.

Beasiswa Unggul dengan pembiayaan berupa tunjangan senilai 750 ribu per bulan selama setahun, tunjangan uang SPP/BOP sebesar 1,5 juta rupiah setiap semester selama 1 tahun, serta bantuan dana skripsi (disesuaikan).

Pendaftaran beasiswa ini akan dibuka pada tanggal 1 April dan tutup pada tanggal 25 April.

Demikian sejumlah beasiswa kuliah di Indonesia baik yang sudah diselenggarakan, yang sedang dibuka dan yang akan dibuka pada tahun 2021. Segala informasi rinci mengenai salah satu beasiswa di atas bisa dicek pada laman resmi sponsor atau pada website perguruan tinggi terkait. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *