Australia adalah negara yang cukup dekat dengan Indonesia. Bagi pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri dan tidak ingin terlalu, jauh maka solusinya adalah dengan memilih beasiswa ke Australia.

Sebagai negara maju, Australia memiliki perekonomian yang baik. Benua tersebut juga terbilang aman karena jarang mengalami konfrontasi militer. Di setiap bagian australia, terdapat perkumpulan-perkumpulan dari Indonesia. Sehingga, jika ingin studi di Australia, kamu tidak akan kesulitan menemukan teman baru asal Indonesia.

Berikut adalah informasi tentang bagaimana cara mendapatkan beasiswa agar dapat kuliah di Australia.

Australia Awards

Pemerintah Australia memberikan beasiswa Australia Awards dengan bekerja sama menggandeng pemerintah negara melalui perjanjian regional dan bilateral. Hingga tahun 2012, mengeluarkan dana hingga $ 334.2 juta dan telah mendanai hingga 4009 siswa yang berasal dari 145 negara guna penelitian dan pendidikan.

Tujuan pemberian beasiswa ini adalah untuk mewujudkan peningkatan sumber daya manusia, serta menciptakan pemimpin hebat untuk dunia. Program tersebut tersedia dalam enam kategori sehingga kamu dapat memilih beasiswa yang sesuai kebutuhan.

Monash International Merit

Universitas Monash memberikan beasiswa untuk program sarjana serta pascasarjana bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke lembaga pendidikan tersebut setiap dokumen yang dikirimkan kan untuk melamar beasiswa ini, ditutup pada bulan Juli.

Program tersebut memberikan hingga $ 50.000. Anggaran tersebut diberikan selama 5 tahun dan akan dibayarkan sebesar $10.000 per tahun.

Beasiswa Kuliah di Australia – Rotary

Yayasan Rotary menyediakan program beasiswa dengan tujuan mencari sosok pemimpin yang cinta damai serta memiliki kemampuan dalam menyelesaikan masalah. Sehingga, beasiswa ini ditujukan kepada ada mahasiswa yang menyukai bidang perdamaian, pencegahan, serta penyelesaian konflik.

Dalam program beasiswa tersebut, akan mendapatkan bantuan transportasi, akomodasi, serta gaya hidup. Lamaran program pendidikan ini tersedia bagi mahasiswa internasional dengan batas akhir pengumpulan pendaftaran antara bulan Maret sampai Juni.

Endeavour Postgraduate Scholarships

Selanjutnya pemerintah Australia juga memberikan beasiswa kuliah di Australia untuk jenjang Master dan PhD. Untuk kamu yang ingin mengambil beasiswa tersebut, lamaran harus dikirim sebelum bulan Juni.

Penerima beasiswa ini akan memperoleh bantuan secara penuh, 2 tahun untuk program studi Master serta 4 tahun untuk PhD pada seluruh disiplin ilmu.

Syarat mengikuti beasiswa ini antara lain, pelajar dengan usia 18 tahun, merupakan mahasiswa dari negara yang menjadi mitra, tidak sedang menerima beasiswa lain.

Beasiswa MIRS

MIRS merupakan singkatan dari melbourne internasional research. Sama seperti program beasiswa yang ditawarkan oleh Universitas Monash, bantuan pendidikan ini hanya untuk mahasiswa yang mengambil program studi Master dan PHD. Kamu bisa mendaftar beasiswa tersebut, mengumpulkan berkas pada tiap bulan Mei sampai Oktober per tahun.

Setiap tahun, tersebut telah membantu 150 mahasiswa. Bagi penerima beasiswa tersebut berhak mendapatkan tunjangan biaya hidup, dana asuransi kesehatan, biaya tesis, dan kebutuhan lainnya.

Program Beasiswa IPRS

IPRS merupakan singkatan dari international postgraduate scholarship. Program beasiswa ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia pada bidang penelitian serta riset di Australia.

Beasiswa ini sangat tepat untuk kamu yang ingin mendapatkan bantuan pendidikan pada program studi master serta Doktor. Artinya, penerima beasiswa akan menerima bantuan pendidikan selama 2 tahun untuk S2, dan untuk program Doktor adalah 3 tahun.

Selama tahun 2011 penerima beasiswa ini dapat mengajukan bantuan tersebut ke Australia postgraduate Awards. Setiap tahun, program beasiswa kuliah di Australia ini telah membantu hingga 330 mahasiswa dengan anggaran hingga $20 juta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *