Penunjang belajar bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan mencari beasiswa kuliah di Yogyakarta. Kamu bisa dapatkan informasi dari berbagai laman penyedia informasi beasiswa yang banyak bertebaran di internet.

Di bawah ini terdapat beberapa informasi berkaitan dengan beasiswa kuliah yang bisa kamu ikuti persyaratannya. Maksimalkan potensi dan pemenuhan formulirnya jika ingin kuliah dengan nyaman di Yogyakarta tanpa terkendala biaya.

Informasi Beasiswa di Universitas Gadjah Mada (UGM)

Program Beasiswa Teladan telah dibuka oleh Universitas Gadjah Mada. Untuk mendapatkan beasiswa kuliah di jogja 2021 di UGM, maka kamu diwajibkan untuk mengisi formulir permohonan beasiswa tersebut dengan cara mengunduhnya terlebih dahulu. Kamu juga harus melengkapi semua berkas yang terkait dengan Tanoto Teladan 2021.

Syarat utamanya, kamu sudah terdaftar sebagai salah satu mahasiswa aktif minimal semester 1 di program studi sarjana S1. Kamu harus menjalankan beberapa persyaratan lain seperti bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya.

Dalam Tanoto Scholar ini, kamu akan menghadapi 3 tahapan tes seleksi. Tes pertama melalui pendaftaran online, segala berkasa akan diseleksi secara ketat. Tes selanjutnya adalah tes potensi kepemimpinan, terakhir tes wawancara secara online. Hal ini untuk meminimalisir terjadikan kerumunan selama prosesnya mengingat masih dalam masa pandemi.

Info Beasiswa Universitas Aisyiyah Yogyakarta

Bila ingin mencari beasiswa PTS di jogja, maka Universitas Aisyiyah Yogyakarta bisa menjadi pilihan. Tujuan adanya beasiswa di sini tak hanya untuk membantu mahasiswa yang bermasalah dengan urusan finansial, melainkan juga agar mahasiswa dapat lulus dengan tepat waktu. Syaratnya, kamu harus menjadi mahasiswa di Universitas Aisyiyah untuk bisa mengaksesnya.

Terdapat beberapa program yang ditawarkan UNISA Yogyakarta. Pertama adalah program beasiswa BSM (Bantuan Studi Mahasiswa) yang disediakan untuk memotivasi mahasiswa dalam percepatan studinya. Bentuk penyalurannya dengan memberikan SPP gratis selama 1 tahun penuh atau 2 semester.

Beasiswa ke dua adalah PPS (Peningkatan Prestasi Studi). Kemudahan finansial satu ini ditujukan untuk memotivasi mahasiswa dalam menaikkan IPK yang lebih tinggi. Beasiswa kuliah di Yogyakarta satu ini juga memberikan gratis SPP selama satu tahun.

Kabar gembira untukmu yang juga memiliki prestasi akademik, UNISA memberikan Beasiswa Penghargaan Prestasi. Penyalurannya dengan memberikan uang pembinaan agar mahasiswa bisa mengembangkan minatnya pada bidang yang ia geluti dengan lebih leluasa. Berbeda lagi untuk pertukaran mahasiswa asing. Kamu akan diberikan pendampingan untuk pelatihan, konferensi dan lainnya untuk siap bersaing dengan mahasiswa asing lainnya.

Program Beasiswa di Universitas Islam Indonesia

Program beasiswa kuliah di Yogyakarta tak hanya bisa didapat dari perguruan tinggi negeri saja, tetapi juga di PTS. Perguruan tinggi swasta membuka peluang selebar-lebarnya untuk mahasiswa binaannya. Termasuk di UII Yogyakarta. Terdapat beberapa program beasiswa unggulan.

  • Beasiswa Program Unggulan Pondok Pesantren UII

Keberadaan program ini ditujukan untuk para calon kader pemimpin umat di masa depan. Terlebih untuk para generasi yang sebelumnya sudah pernah mengenyam pendidikan di pondok pesantren setingkat dengan SMA. Dengan demikian, pembiayaannya akan lebih terfokus pada mahasiswa yang memang menceburkan diri untuk menjadi perpanjangan tangan kebaikan untuk ummat.

Mahasiswa penerima beasiswa ini diharapkan mampu menyeimbangkan konsep dan praktik antara sains, agama, dan teknologi. Dalam penyalurannya, beasiswa ini akan membebaskan biaya kuliah, serta memberikan biaya pendidikan dan pengajaran selama di Pondok Pesantren.

  • Program Beasiswa Penghafal (Hafiz) Quran

Tak hanya memberikan support untuk pendidikan mahasiswa santri, beasiswa kuliah di Yogyakarta, terkhusus di UII juga memberi kesempatan para hafiz. Bila kamu termasuk penghafal Al Quran minimal 15 juz, pergunakan peluang beasiswa ini untuk mendapatkan biaya gratis belajar di Universitas Islam Indonesia.

Kamu bahkan bisa mendapatkan bantuan biaya hidup senilai Rp450 ribu per bulan. Tentu saja hal ini akan sangat membantu untuk proses kelancaran studimu selama berada di Kota Gudeg. Syarat dan ketentuan yang harus kamu isi bisa langsung dicek di laman Universitas Islam Indonesia.

  • Beasiswa Unggulan UII

Beasiswa Unggulan UII menyasar pada mahasiswa yang memiliki prestasi akademik dan non akademik. Penyalurannya berupa bantuan biaya pendidikan yang mencakup biaya SPP tetap, biaya SPP variabel, dan bebas biaya KKN. Hal ini masih ditambahkan dengan biaya Catur Darma sebesar maksimal Rp5 juta per mahasiswa.

Program Beasiswa KIP (Kartu Indonesia Pintar)

Jika kamu termasuk pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP), manfaatkan fasilitas ini ketika masuk di AMIKOM Yogyakarta. Dengan sumber biaya ditanggung pemerintah, kamu akan mendapatkan bantuan beasiswa sebagai berikut.

  1. Bantuan UKT (Uang Kuliah Tunggal) sebanyak Rp2,4 juta
  2. Bantuan biaya hidup di Yogyakarta sebesar Rp700 ribu per bulan
  3. Subsidi SPP Tetap dan SPP variabel

Kemudahan layanan yang diberikan tentu akan memberikan kesempatan bagimu untuk mengakses kehidupan yang cukup baik selama menuntut ilmu. Meski tidak terlalu tinggi dalam biaya hidup, mendapatkan beasiswa semasa kuliah di Yogyakarta akan sangat menguntungkanmu.

Informasi beasiswa kuliah di Yogyakarta di atas bisa kamu akses langsung di link universitas masing-masing. Jika sudah mengerti syarat dan kelengkapan administrasi yang dibutuhkan, kamu bisa mempersiapkannya dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *