Beasiswa kuliah S2 di Indonesia cukup banyak diminati, hal ini dikarenakan tidak sedikit universitas ternama yang ada di Indonesia. Bahkan, beberapa universitas tersebut juga ikut bekerja sama dengan universitas di luar negeri. Semakin tinggi jenjang yang dituju, biaya yang diperlukan juga sangat banyak.

Cara mengantisipasinya adalah dengan mengincar beasiswa. Namun, kamu perlu mengetahui beasiswa mana saja yang menarik dan cocok untuk diikuti. Berikut ini beberapa jenis beasiswa yang tersedia di Indonesia atau dalam negeri.

1. Beasiswa Kominfo, Salah Satu Beasiswa Untuk S2 di Indonesia

Kominfo, Kementerian Komunikasi dan Informatika menyediakan beasiswa untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan jenjang ke S2. Jika jamu mendapatkan beasiswa ini, maka kamu bisa mendapatkan uang sebesar Rp 1.500.000 untuk setiap bulannya sebagai biaya hidup.

Selain biaya hidup tersebut, pembiayaan beasiswa terdiri dari biaya kuliah sampai biaya penunjang akademik. Namun, jika kamu ingin mengikuti beasiswa ini, maka kamu harus meminta izin atau rekomendasi dari pimpinan tempat kamu bekerja.

2. Beasiswa LPDP

Salah satu beasiswa S2 dalam negeri tanpa syarat IPK adalah beasiswa LPDP. Ada beberapa jalur dalam memilih beasiswa tersebut, yakni beasiswa umum, beasiswa targeted group, dan beasiswa afirmasi.

Pembiayaan dari beasiswa ini pun cukup lengkap, yakni biaya kuliah, biaya hidup, biaya untuk penelitian, biaya transportasi, dan asuransi kesehatan. Jika kamu ingin mencoba beasiswa ini, kamu bisa mempersiapkan dan menunggu pendaftarannya dibuka. Biasanya, pendaftaran LPDP akan terbuka di bulan April atau di bulan Mei.

3. Beasiswa IsDB, Lembaga Penyedia Beasiswa Anggota Negara

IsDB merupakan kependekan dari Islamic Development Bank. Indonesia menjadi salah satu penerima beasiswa di dalamnya. Tidak heran jika beasiswa ini berhasil memikat banyak mahasiswa untuk mencoba mendaftar.

IsDB memberikan penawaran beasiswa penuh dengan menanggung biaya kuliah, biaya hidup, tunjangan tesis, tunjangan instalasi, biaya berobat, dan masih banyak lagi. Beasiswa yang tersedia dalam negeri ini cukup populer. Namun, beasiswa kuliah S2 di Indonesia ini bisa didapat jika universitasmu masuk peringkat terbaik di Indonesia.

4. Beasiswa S2 Bidikmisi

Salah satu jenis beasiswa incaran para mahasiswa adalah bidikmisi. Meski kamu sudah pernah mendapatkan beasiswa tersebut saat jenjang kuliah S1, kesempatan ini tetap terbuka untukmu. Hal ini dikarenakan Kemendikbud dan LPDP menyediakan beasiswa bidikmisi untuk S2.

Ada beberapa studi yang terpilih baik di dalam negeri atau pun di luar negeri. Jika kamu ingin mendaftar, maka kamu harus mendaftar si laman LPDP. Keuntungan dari beasiswa Bidikmisi S2 adalah bebas biaya kuliah secara penuh. Biasanya, beasiswa S2 untuk jalur bidikmisi akan dibuka bulan April atau bulan Mei.

5. Beasiswa SEARCA untuk Dosen

Apakah kamu merupakan mahasiswa di Universitas Gadjah Mada? Atau kamu kuliah di Institut Pertanian Bogor? Jika iya, maka ada kabar gembira buat kamu yang saat ini berada di jenjang S2. Saat ini sudah hadir beasiswa SEARCA yang memprioritaskan studi dosen, peneliti, dan PNS.

Beasiswa tersebut menawarkan program ilmu sosial, kehutanan, statistik, ilmu lingkungan, biologi, dan perikanan. Meski kedua universitas tersebut rutin dalam menyediakan beasiswa ini, tapi ada beberapa universitas lainnya yang juga menyediakan. Karena beasiswa SEARCA melibatkan beberapa universitas di Asia Tenggara.

6. Beasiswa BUDI untuk Dosen

Salah satu beasiswa S2 yang tersedia di Indonesia dan menarik untuk dicoba adalah beasiswa BUDI. Tidak hanya menerima dalam negeri, tapi beasiswa ini juga menerima untuk luar negeri dengan kode BPP-LN.

Sementara di Indonesia atau dalam negeri, kodenya adalah BPP-DN. Jika kamu ingin melamar, pilihlah beasiswa atau halaman BUDI-DN. Keuntungan beasiswa yang bisa kamu dapatkan adalah tanggungan penuh terkait biaya studi oleh LPDP.

7. Beasiswa Dexa Award, Salah Satu Beasiswa yang Rutin Tersedia

Salah satu jenis beasiswa yang terbuka untuk mahasiswa S2 dalam negeri adalah beasiswa Dexa Award. Adanya beasiswa tersebut memberikan peluang kepada lulusan S1 semua jurusan yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan.

Ada syarat yang harus dipenuhi untuk bisa lolos, yakni menyiapkan proposal riset S2 yang berhubungan dengan kesehatan manusia. Ada lagi kampus yang dipilih adalah kampus akreditasi A agar bisa mendapat beasiswa kuliah S2 di Indonesia ini. Keuntungan selain biaya yang dipenuhi, penerima beasiswa bisa berkarier di Dexa Group.

8. Beasiswa Jabar Future Leaders (JFL)

Beasiswa dalam negeri ini khusus untuk mahasiswa yang mempunyai KTP Jabar atau merupakan warga Jawa Barat. Beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa baru sampai mahasiswa yang aktif dari berbagai jenjang.

Itulah 8 beasiswa kuliah S2 di Indonesia atau dalam negeri yang bisa jadi rekomendasi untuk kamu. Pastikan untuk mencari beasiswa yang cocok dan menguntungkan bagimu. Jadi, beasiswa mana yang akan kamu pilih?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *