Beasiswa kuliah khususnya S2 di Jakarta, apakah kamu salah satu mahasiswa yang mengincarnya? Cara untuk mendapatkan pendidikan tinggi tersebut juga membutuhkan biaya yang lebih tinggi. Namun, hal ini bisa diatasi dengan beasiswa. Apabila sebelumnya kamu pernah mendapatkan beasiswa, maka peluang untuk mendapat beasiswa kembali sangat besar.

Saat mendaftar beasiswa, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Hal ini karena sangat penting dan membantu kamu untuk bisa lolos seleksi. Berikut ini hal yang harus diperhatikan saat ingin mendaftar beasiswa.

  • Mencari Tahu Kebenaran Beasiswa yang di Incar

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah mencari tahu kebenaran terkait beasiswa yang kamu incar. Biasanya, mahasiswa tertarik melihat judul dan fasilitasnya, tapi mereka lupa untuk melihat kapan pendaftaran ditutup. Alhasil, saat sudah mempelajarinya semuanya, baru ketahuan jika pendaftaran sudah lewat.

Hal ini pastinya mengakibatkan waktu terbuang dengan sia-sia. Oleh karena itu, pastikan kamu melihat kapan pendaftaran ditutup lebih dulu. Selain itu, kamu juga bisa melihat di website kampus atau menghubungi bagian kantor jurusan. Tujuannya untuk mengetahui apakah beasiswa tersebut terpercaya atau penipuan.

  • Memiliki Tujuan untuk Mendapat Beasiswa

Apa tujuanmu saat ingin mendaftar beasiswa kuliah S2 di Jakarta? Apakah ingin mengurangi sebagian, ingin biaya kuliah gratis, atau ingin langsung bekerja di instansi. Jika kamu sudah menentukan tujuan dengan jelas, maka kamu bisa memilih jenis beasiswa dengan tepat.

Di daerah Jakarta, banyak kampus populer yang bisa kamu pilih. Setelah itu, pilihlah jurusan S2 yang diinginkan dan tersedia di kampus tersebut. Kemudian, kamu bisa mencari jenis beasiswa yang sesuai.

  • Memilih Beasiswa Sesuai dengan Jurusan

Masih banyak orang yang mengeluh salah masuk jurusan. Akibatnya saat mencari beasiswa, mereka merasa tidak ada yang sesuai. Oleh karena itu, agar tidak bingung atau merasa minder, kamu bisa menentukan jurusan yang sesuai dengan minatmu. Karena hal itu bisa membuatmu lebih mudah dalam menentukan beasiswa.

Contohnya, jika kamu ingin memilih instansi sebagai tempat kerjamu, maka kamu bisa memilih beasiswa yang terikat dengan ikatan bisnis. Tidak semua instansi menyediakan beasiswa. Sementara jika kamu ingin kuliah gratis, beasiswa S2 bidikmisi bisa menjadi incaran.

Beasiswa tersebut tidak memandang jurusan tertentu. Berbeda jika dari lembaga, swasta, pemerintah, atau instansi yang mengkhususkan jurusan tertentu. Itulah penting memilih jurusan dengan sangat hati-hati agar tidak menyesal nantinya.

  • Aktif Dalam Organisasi

Salah satu hal yang harus kamu perhatikan sebelum mendaftar beasiswa adalah memastikan kamu aktif dalam organisasi. Hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan dan nilai plus tersendiri di depan pihak penyedia beasiswa. Karena hampir setiap beasiswa ingin penerima beasiswa yang aktif.

Karena seseorang yang aktif dalam organisasi mempunyai pola pikir yang terbuka. Selain itu, membuktikan bahwa kamu bisa bersosialisasi dan bekerja sama dengan banyak orang. Tentunya hal ini sangat menguntungkan penyedia beasiswa, terlebih beasiswa dari ikatan dinas.

  • Melengkapi Semua Syarat Beasiswa S2

Hal yang harus diperhatikan selanjutnya ketika ingin mendaftar beasiswa adalah melihat persyaratan. Tidak semua beasiswa mempunyai syarat yang sama dari segi lampiran nilai, surat, dan IPK. Jadi, saat kamu mencari beasiswa yang sesuai denganmu, perhatikan apakah syaratnya bisa kamu penuhi atau tidak.

Biasanya, syarat secara umumnya antara satu beasiswa dengan beasiswa lain hampir sama. Letak perbedaannya hanya pada syarat khusus yang ditawarkan setiap beasiswa. Jadi, pastikan kamu melihat semua syarat dan memenuhinya agar kemungkinan lolos semakin besar.

  • Melengkapi Semua Berkas dan Dokumen

Saat kamu ingin melakukan pendaftaran beasiswa kuliah S2 di Jakarta, hal yang harus kamu lakukan adalah melengkapi semua berkas atau dokumen. Biasanya, berkas yang diminta sangat banyak. Selain itu, untuk mengumpulkan berkas tersebut juga membutuhkan waktu.

Oleh karena itu, jangan mendaftar saat waktu sudah hampir habis, ya. Selain itu, cek kembali kelengkapan berkas yang sudah kamu kumpulkan. Siapa tahu ada yang masih terlewat.

  • Mempersiapkan Diri

Sembari menunggu lolos seleksi, kamu bisa mempersiapkan diri terlebih dahulu. Caranya adalah dengan melatih kemampuanmu dalam bahasa, bidang lain, membuat esai, membuat surat motivasi, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa menanyakan kepada kakak kelas yang sudah pernah menerima beasiswa.

Biasanya, pengalaman dan motivasi mereka bisa membantu kamu untuk mempersiapkan beasiswa dengan baik. Hal yang paling penting adalah tetap mempertahankan nilai IPK agar lolos dan tidak dicabut beasiswanya. Jika kamu menyiapkannya dari sekarang, saat seleksi nanti kamu bisa menyelesaikannya dengan baik.

Beberapa poin di atas adalah hal yang harus kamu perhatikan saat ingin mendaftar beasiswa kuliah khususnya untuk S2 di Jakarta. Jadi, apakah kamu sudah menentukan ingin beasiswa yang mana?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *