Banyak pelajar SMA yang baru saja lulus dan mengincar satu beasiswa agar bisa berkuliah di dalam maupun luar negeri. Beberapa institusi dan pihak pemerintah menawarkan beasiswa kuliah untuk lulusan sma agar mereka mampu melanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi.

Di dalam negeri sendiri, ada banyak beasiswa kuliah yang ditawarkan khusus untuk program Sarjana atau S1. Kamu perlu mencari informasi beasiswa kuliah secara rutin agar bisa mendapatkan beasiswa yang tepat dan sesuai dengan kualifikasi dirimu. Berikut beberapa beasiswa kuliah untuk lulusan sma.

Beasiswa Djarum

Beasiswa ini cukup populer di kalangan pelajar dan peminatnya selalu meningkat dari tahun k tahun. Sesuai namanya, beasiswa ini diberikan oleh Djarum Foundation dan telah ada sejak 1984 lalu.

Selain mendapatkan beasiswa kuliah selama satu tahun, kamu juga akan mendapatkan berbagai macam pelatihan dan pengembangan diri. Pengembangan diri yang dimaksud di sini mencakup nation building, character building, leadership development, competition challenger dan international exposure.

Beasiswa Bidik Misi

Bidik Misi juga menjadi salah satu beasiswa yang cukup populer di kalangan lulusan SMA. Beasiswa ini akan dibayarkan langsung kepada perguruan tinggi berupa uang saku, tunjangan buku, dan uang saku setiap semester.

Jika kamu mengambil program D3, maka beasiswa akan diberikan selama enam semester. Sedangkan, untuk D4 dan S1 akan diberikan selama delapan semester.

Umumnya, batasan pendaftaran beasiswa ini adalah sebelum memasuki semester kedua pada masa perkuliahan.

Sampoerna Foundation

Sesuai namanya, beasiswa ini diberikan oleh PT HM Sampoerna, Tbk. Tujuannya adalah untuk menghasilkan para pelajar yang memiliki prestasi gemilang. Sebelum mendaftar di beasiswa ini, kamu harus memiliki tekad yang kuat untuk membangun negeri di masa mendatang.

Pembiayaan beasiswa meliputi biaya kuliah selama empat tahun, termasuk uang saku, tunjangan untuk buku dan biaya penggunaan internet.

Telah dibuka sejak 2001 lalu, beasiswa ini masih berjalan hingga sekarang dan memiliki peminat yang cukup banyak setiap tahunnya. Bahkan, hingga sekarang tercatat ada lebih dari 300 ribu siswa terbaik Indonesia yang mendapatkan beasiswa ini.

ORBIT – Hasri Ainun Habibie

Pada awalnya, Yayasan yang menyediakan beasiswa ini bernama Yayasan Amal Abadi Beasiswa Orbit dan telah ada sejak 1992 lalu. Kemudian berganti nama menjadi Yayasan Amal Abadi ORBIT Hasri Ainun Habibie pada 2011 lalu, sebagai penghormatan kepada almarhum Ibu Hasri Ainun Habibie.

Beasiswa ini memiliki dua kategori, yaitu unggulan dan regular. Kategori regular diberikan berupa biaya pendidikan sebesar Rp750 ribu  per bulannya dalam satu tahun ajaran.

Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia Kemenlu RI

Kamu punya bakat di bidang seni dan budaya? Beasiswa yang satu ini bisa menjadi pilihan. Dalam beasiswa ini kamu akan mendapatkan pembiayaan pendidikan khususnya dalam bidang seni dan budaya Indonesia.

Jika kamu berhasil terpilih di beasiswa ini, maka kamu akan ditempatkan di beberapa daerah seperti Bali, Sumatera Barat, Kalimantan Timur, Jawa Barat, Yogyakarta dan Sulawesi Selatan. Pendanaan yang akan ditanggung mencakup biaya pendidikan dan pelatihan, transportasi dan akomodasi, dan tunjangan penuh setiap bulannya sebesar Rp 2 juta.

Nah, setelah mengetahui beasiswa apa saja yang bisa kamu dapatkan, saatnya kamu mempersiapkan diri untuk mengajukan beasiswa pilihanmu. Pilih beasiwa yang sesuai kualifikasi dan perhatikan syarat serta ketentuan yang diberikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *