IPB telah lama menjadi salah satu Perguruan Tinggi di tanah air dengan kualitas pendidikan yang bagus. Pada program magister, IPB memiliki setidaknya Sembilan fakultas yang bisa menjadi tujuan bagi masyarakat yang mau melanjutkan studi S2. Fakultas-fakultas tersebut antara lain Fakultas Pertanian, Kedokteran Hewan, Perikanan dan Ilmu Kelautan, Peternakan, Kehutanan, Teknologi Pertanian, Matematika dan IPA, Ekonomi dan Manajemen, dan Ekologi Manusia.

Beasiswa S2 di IPB

Kuliah Pascasarjana di ITB bisa melalui dua jalur pendanaan yakni pendanaan mandiri dan pendanaan beasiswa. Tidak seperti pada program S1 yang memiliki banyak jenis beasiswa untuk pendanaan, beasiswa S2 di IPB umumnya hanya berasal dari pemerintah dan beberapa yang berasal dari swasta.

1. Beasiswa dari Pemerintah melalui LPDP

Beasiswa Pemerintah yang ada di IPB untuk program magister berasal dari Kemenkeu dan Kemenristekdikti yang disalurkan melalui Lembaga Pengelolah Dana Pendidikan. LPDP menyediakan beasiswa setiap tahun termasuk untuk program Magister. IPB menjadi salah satu kampus tujuan bagi masyarakat yang mendapatkan pendanaan dari beasiswa ini. 

Beasiswa S2 IPB dari program beasiswa LPDP yang bisa masyarakat dapatkan untuk lanjut studi magister di kampus ini meliputi:

  • Beasiswa Afirmasi

Beasiswa afirmasi merupakan jenis beasiswa LPDP yang bertujuan memfasilitasi golongan masyarakat yang berasal dari daerah Afirmasi.  Ada 7 kelompok beasiswa yang berasal dari program beasiswa afirmasi ini, yaitu:

  • Beasiswa Daerah Afirmasi
  • Beasiswa Prasejahtera Berprestasi
  • Beasiswa Indonesia Timur
  • Beasiswa Alumini Bidikmisi
  • Beasiswa Penyandang Disabilitas
  • Beasiswa Prestasi Olahraga Internasional
  • Beasiswa Prestasi Seni Internasional
  • Beasiswa Santri
  • Beasiswa PasTi

Beasiswa PasTi adalah Beasiswa Pascasarjana Tenaga Kependidikan Berprestasi. Beasiswa ini berasal dari Kemenristekdikti yang diperuntukan bagi golongan masyarakat yang hendak melanjutkan studi magister. Golongan masyarakat yang dimaksud adalah kelompok tenaga pendidik yang bekerja di perguruan tinggi dalam lingkup kemenristekdikti.

Tenaga kependidikan yang mendapatkan pendanaan ini mencakup PNS dan non PNS yang beraktivitas pada lingkungan kemenristekdikti dan pada Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi atau LLDikti. Beasiswa PasTi membiayai hampir keseluruhan dana yang diperlukan untuk studi magister bagi penerima beasiswa. Pendanaan tersebut meliputi biaya hidup, biaya buku, biaya penelitian, dan biaya transportasi.

  • Beasiswa BUDI

Merupakan Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia yang berasal dari kemenristekdikti dan tersalur melalui LPDP. Sama seperti jenis beasiswa S2 IPB lainnya yang berasal dari LPDP, beasiswa BUDI memberikan pendanaan penuh kepada penerima beasiswa. Kelompok masyarakat yang bisa memanfaatkan jenis beasiswa ini adalah golongan masyarakat yang merupakan dosen PTN yang berada di lingkup Kemenristekdikti.

  • Beasiswa BPPDN

Merupakan beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri. Beasiswa ini berasal Dikti yang diperuntukan kepada dosen tetap dalam ruang lingkup Kemenristekdikti. Seorang penerima beasiswa dalam program pascasarjana akan mendapatkan tunjangan beasiswa penuh yang meliputi biaya kuliah, biaya hidup, biaya buku, biaya riset dan biaya transportasi.

Semua informasi mengenai beasiswa S2 IPB yang berasal dari pemerintah bisa dilihat lebih rinci pada laman resmi LPDP Kemenkeu dan pada laman kemahasiswaan Sps IPB.

2. Beasiswa Pemerintah dari Pemprov Jabar

Pemprov Jawa Barat memberikan beasiswa kepada putra-putri yang berasal dari Jabar untuk melanjutkan kuliah termasuk kuliah program magister. Persyaratan khususnya, pelamar harus merupakan warga yang berasal dari Jabar dengan memiliki KTP Jabar. Pada jenjang S2, beasiswa yang diberikan oleh pemprov Jabar berupa beasiswa pendidikan selama 2 tahun.

Persyaratan untuk pelamar S2 adalah:

  1. Maksimal berusia 35 tahun saat mendaftar
  2. Minimum IPK S1 adalah 3.00

Untuk informasi selengkapnya tentang perlengkapan pendaftaran dan tanggal pendaftaran bisa dicek di lembaga terkait dalam pemprov Jabar dan melalui informasi di perguruan tinggi se-Jawa Barat. Untuk mahasiswa S1 IPB yang berasal dari Jawa Barat bisa menggunakan jalur beasiswa ini jika hendak lanjut studi pascasarjana IPB.

3. Beasiswa dari Swasta/ Yayasan

Untuk saat ini salah satu Beasiswa S2 IPB yang bersumber dari yayasan adalah beasiswa Tanoto Foundation. Beasiswa terselenggara setiap tahun bagi mahasiswa perguruan tinggi mitra baik untuk program sarjana maupun pascasarjana. Pada program beasiswa pascasarjana, IPB merupakan 1 dari 7 perguruan tinggi mitra Tanoto foundation.

Persyaratan untuk mendapatkan beasiswa Tanoto:

  1. WNI, maksimal usia 40 tahun
  2. Telah terdaftar sebagai mahasiswa IPB
  3. Pengalaman kerja minimal 2 tahun
  4. Nilai minimum IPK 3.25.

Pendanaan dari beasiswa Tanoto berupa bantuan beasiswa penuh (bisa berubah sesuai ketentuan sponsor).

Macam-macam beasiswa S2 di IPB yang sudah tertera di atas adalah beasiswa yang biasa diselenggarakan setiap tahun. Untuk tahun 2021, hingga bulan maret belum ada informasi mengenai tanggal buka pendaftaran salah satu dari beasiswa tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *