Bagi para calon mahasiswa baru, beasiswa penuh S1 di Indonesia merupakan kebutuhan utama dan penting untuk melanjutkan pendidikan hingga ke perguruan tinggi. Biaya kuliah tentu tidak murah, sehingga memanfaatkan beasiswa akan membantu finansial dan meningkatkan motivasi pendidikan lebih lanjut.

Bagi kamu yang baru lulus SMA sederajat dan ingin melanjutkan kuliah S1, namun terkendala biaya, kamu bisa menggunakan informasi rekomendasi beasiswa penuh S1 di Indonesia tentang program Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi.

Tentang Beasiswa Unggulan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemendikbud menawarkan macam-macam beasiswa, salah satunya Beasiswa unggulan Masyarakat Berprestasi.

Tujuannya yaitu memberikan peluang bagi masyarakat berprestasi pada segala bidang, khususnya calon mahasiswa yang sudah diterima pada perguruan tinggi atau mahasiswa aktif pada semester 2.

Program beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi bahkan tersedia untuk pelamar umum. Selain menawarkan Beasiswa penuh S1 di Indonesia, program tersebut juga bagus untuk gelar S2, dan S3.

Jika saat ini kamu diterima dalam perguruan tinggi di Indonesia dengan akreditasi minimal B, atau kamu sudah jadi mahasiswa semester 2, maka beasiswa tersebut dapat kamu manfaatkan. Artinya, pelamar beasiswa ini tidak hanya untuk calon mahasiswa baru, tapi juga untuk mahasiswa aktif yang masih kuliah.

Beasiswa tidak hanya untuk pendidikan S1, S2, atau S3 tapi juga tersdia dalam bentuk tuition fee, biaya buku, juga biaya hidup.

Persyaratan Beasiswa Penuh S1

Dengan adanya peluang Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi yang menawarkan beasiswa penuh S1 di Indonesia, maka kamu harus memenuhi beberapa persyaratan.

Pertama, kamu harus memiliki prestasi tingkat internasional atau nasional. Kedua, kamu juga harus punya kontribusi terhadap daya saing bangsa pada berbagai aspek.

Kemendikbud menawarkan beasiswa ini hanya untuk calon penerima yang memiliki sertifikat prestasi tingkat nasional atau internasional, memperoleh rekomendasi dari lembaga terkait, tidak menerima beasiswa dari sumber lain, dan lulus seleksi mahasiswa perguruan tinggi terakreditasi.

Sedangkan syarat khusus bagi calon penerima beasiswa penuh S1 di Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Usia calon mahasiswa maksimal 22 tahun
  • Mengisi nilai Ujian Nasional serta Ujian Sekolah Berstandar Nasional untuk siswa lulusan dalam negeri
  • IPK minimal 3,25 dalam skala 4,00
  • Karya tulis, yaitu essay atau karangan dengan menggunakan Bahasa Indonesia sesuai tema atau ketentuan diberikan ketika beasiswa ini berlaku.

Syarat Dokumen Beasiswa Unggulan

Sedangkan dokumen aplikasi yang wajib kamu siapkan ketika mengajukan beasiswa ini adalah:

  • KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Kartu Tanda Mahasiswa
  • LoA Unconditional (Bagi mahasiswa aktif dengan adanya surat tanda aktif kuliah)
  • KHS terakhir (Kartu Hasil Studi terakhir hanya bagi mahasiswa yang masih aktif kuliah)
  • Ijazah dan nilai transkrip terakhir
  • Proposal rencana studi dengan renca aperkkuliahan dan jumlah SKS per semester sampai selesai studi, serta topic yang ingin kamu tulis dalam skripsi, deskripsikan seperti apa aktivitas di luar perkuliahan selama studi dan bagaimana kamu menerapkannya dalam bermasyarakat
  • Unduh dan lengkapi surat rekomendasi civitas akademik/ lembaga terkait
  • Unduh dan lengkapi surat pernyataan tidak sedang mendapatkan beasiswa dari sumber lain
  • Sertifikat prestasi tingkat kabupaten (minimal)
  • Menulis esai

Untuk periode 2020-2021, Kemendikbud telah menutup pendaftaran beasiswa penuh S1 di Indonesia ini.

Namun, kamu jangan patah semangat karena dapat mencobanya pada periode berikutnya, atau mencoba beasiswa lain. Dengan memanfaatkan beasiswa, maka kamu dapat memperoleh banyak keuntungan di luar kondisi finansial.

Misalnya, kamu akan belajar mengasah skill komunikasi dan sosial, karena ada banyak tuntutan kegiatan termasuk mentorship, leadership, atau lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *