Beasiswa prestasi adalah bantuan yang diberikan pemerintah atau kampus untuk mahasiswanya atau calon mahasiswa yang kurang mampu secara finansial namun memiliki prestasi akademik baik mau pun non akademik. Setiap perguruan tinggi pastinya memiliki banyak sekali beasiswa untuk memfasilitasi mahasiswanya, begitu juga ITB sebagai salah satu perguruan tinggi negri pun juga memiliki banyak beasiswa.

Ada banyak sekali Beasiswa prestasi yang ada di ITB yang bisa kalian pilih, berikut adalah daftar beasiswa yang disediakan ITB baik untuk calon mahasiswa maupun mahasiswa on going :

1. Beasiswa KIP Kuliah

Buat kalian calon mahasiswa baru ITB juga menyediakan beasiswa bukan hanya untuk mahasiswanya tapi juga calon mahasiswanya yang baru ingin mau mendaftar, kalian bisa memanfaatkan beasiswa khusus yang disediakan Pemerintah Dikti yaitu beasiswa KIP kuliah.

Beasiswa KIP diberikan untuk para calon mahasiswa yang baru akan mendaftar kuliah, beasiswa ini memberikan kebebasan 100% BBM dan BBPS selama 8 semester, beasiswa ini juga tersedia di ITB.

2. Beasiswa PPA dan BBP – PPA

Beasiswa PPA ini diberikan untuk para mahasiswa yang memiliki prestasi akademik dengan minimal IPK: 3,00 sementara beasiswa BBP – PPA diberikan kepada mahasiswa yang kurang mampu secara finansial yang penghasilan orang tua di bawah UMR dengan minimal IPK: 2,75.

3. Beasiswa Bank Indonesia

Bank Indonesia membuka kesempatan mahasiswa ITB S1 untuk mendaftar beasiswa dalam dua program pada tahun 2021 ini yakni, beasiswa Unggulan dan Beasiswa Reguler.

  • Beasiswa Unggulan
    Jenis beasiswa ini mempersyaratkan prestasi bidang akademik dengan IPK minimal 3,5 (skala 4). Selain itu, membutuhkan TOEFL Institusi. Pendanaan yang akan diterima oleh mahasiswa S1 adalah uang tunai sebesar 1,5 juta rupiah per bulan.
  • Beasiswa Reguler
    Jenis beasiswa Reguler mempersyaratkan IPK minimal sebesar 3,0 (skala 4). Pendanaan yang akan diperoleh mahasiswa berupa uang tunai sebesar 1 juta rupiah per bulan.

4. Beasiswa Prestasi ITB

Beasiswa prestasi ITB adalah beasiswa yang diberikan kepada mereka yang memiliki kriteria seperti lulusan TPB terbaik, Beasiswa IP tertinggi, Beasiswa Mahasiswa Berprestasi Utama dengan minimal  IPK: 3,00 Serta aktif dalam kegiatan kemahasiswaan, Beasiswa Mahasiswa berpreatasi tinggkat Fakultas, beasiswa karya ilmiah, Beasiswa unggulan akademik, serta Beasiswa peningkatan prestasi Ekstrakurikuler Mahasiswa.

Itulah beberapa beasiswa yang disediakan ITB sebagai bentuk dukungan pemerintah dan pihak Universitas terhadap perkuliahan mahasiswanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *