Beasiswa PTN di Indonesia tersedia dan mendapatkan perhatian besar dari kemenristekdikti. Salah satu upaya agar kualitas pendidikan perguruan tinggi terus meningkat maka kemenristekdikti menyelenggarakan program peringkat bagi universitas. Pemeringkatan tersebut menilai output- outcome.

Seluruh perguruan tinggi negeri yang telah masuk pada ranking 10 besar menyediakan berbagai program beasiswa PTN di Indonesia untuk menyediakan bantuan keuangan secara individu supaya para calon mahasiswa dapat melangsungkan pendidikan.

Selain dari lembaga pemerintah, sumber beasiswa juga dari perusahaan atau Yayasan. Pemberian beasiswa secara cuma-cuma, termasuk kategori beasiswa ikatan dinas setelah pendidikan selesai.

Dengan mempersiapkan agar dapat memperoleh beasiswa pada perguruan tinggi negeri yang sudah kamu pilih, maka akan membantu keberhasilan pencapaian beasiswa. Serta, menentukan arah pendidikan lebih jelas dan memberikan keuntungan lebih dari sekedar finansial. Setiap tahun seluruh beasiswa PTN di Indonesia selalu tersedia dengan keuntungan dan manfaat bervariasi sesuai kebijakan dan ketentuan.

Berikut ini adalah daftar beasiswa PTN di Indonesia yang selalu memberikan pilihan terbaik:

ITB

Perguruan tinggi negeri tersebut berhasil memperoleh ranking 1 karena sistem pendidikan serta fasilitas bermutu.

ITB memberikan beasiswa yaitu: KIP Kuliah, beasiswa Bank Muamalat, beasiswa Bakti Nusa, beasiswa karya Salemba empat, beasiswa Djarum Plus, beasiswa Mizan, beasiswa S2 Kementerian kominfo, dan masih banyak lagi.

Beasiswa di UGM

Universitas Gadjah Mada menduduki peringkat ke-2 dengan total 20 fakultas dan fasilitas lengkap.

Sebagai salah satu lembaga pendidikan yang menyediakan beasiswa PTN di Indonesia, kamu dapat memanfaatkan berbagai peluang beasiswa seperti Beasiswa Tokopedia, Beasiswa Bank Indonesia, beasiswa Bakti Nusa, beasiswa tahfidz Quran, dan lainnya di lembaga perguruan tinggi tersebut.

IPB University

Pada peringkat ke-3, institut Pertanian Bogor juga telah melaukan rebranding yaitu IPB University.

Lembaga perguruan tinggi ini juga memiliki Kurikulum mata kuliah kewirausahaan  sekaligus menyediakan berbagai pilihan beasiswa PTN di Indonesia yaitu: Beasiswa Bank Indonesia, KIP Kuliah, beasiswa utusan daerah, beasiswa Mizan, serta lainnya.

Institut Teknologi Sepuluh November

ITS menduduki ranking keempat yang resmi ada sejak tahun 1961. Misinya, adalah memberikan kontribusi ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kesejahteraan rakyat. ITS juga menyediakan tujuh fakultas pada bidang ilmu strategis, bahkan menjadi kiblat keunggulan pengajaran pengetahuan, teknologi, serta desain secara nasional.

Sebagai universitas yang populer, ITS juga menyediakan banyak beasiswa, termasuk: KIP Kuliah, Beasiswa Bank Indonesia, Beasiswa Bintang Fair and Lovely, Beasiswa Baktinusa, Beasiswa CIMB ASEAN, Beasiswa DataPrint, Beasiswa Djarum Plus, Beasiswa Karya Salemba Empat, Beasiswa GLINT, dan masih banyak lagi.

Universitas Indonesia

Beasiswa PTN di Indonesia berikutnya tersdia dari Universitas Indonesia. Terkenal dengan sebutan UI, lembaga perguruan tinggi ini menduduki posisi ke-5 dalam ranking kampus terbaik di Indonesia.

UI berdiri sejak tahun 1849 dan adalah representasi institusi pendidikan tertua di Asian. Kemampuannya dalam mencetak hingga 400.000 alumni dengan bekal pendidikan tinggi.

Untuk kamu yang mencari  beasiswa di PTN terbaik, UI menyediakan banyak pilihan beasiswa sebagaimana berikut: KIP Kuliah, Beasiswa Baktinusa, Beasiswa Bintang Fair & Lovely, Beasiswa CIMB ASEAN, Beasiswa DataPrint, Beasiswa GLINTS, Beasiswa Karya Salemba Empat, Beasiswa KPMG 4SEAS, Beasiswa Mizan, dan lainnya.

Itulah informasi lengkap tentang apa saja beasiswa PTN di Indonesia. Selain seluruh perguruan tinggi tersebut, kamu juga dapat melamar di Universitas Padjajaran, Universitas Brawijaya, Universitas Hasanuddin, Universitas Airlangga, dan Universitas Diponegoro.

Dengan begitu banyak peluang beasiswa yang dapat kamu manfaatkan pada semua PTN di Indonesia, maka kamu bisa lebih semangat lagi membangun prestasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *