Sebagai BUMN, IPB terus berkomitmen mewujudkan pendidikan pascasarjana bermutu, bermartabat dan menjadi perguruan tinggi berbasis penelitian terkemuka pada bidang pertanian tropika serta ilmu relevan.

Guna mendukung para mahasiswa untuk melakukan studi lanjut pascasarjana, terdapat beberapa jenis beasiswa S2 di IPB, salah satunya yaitu Beasiswa LPDP dari Kementerian Keuangan.

Beasiswa LPDP di IPB

LPDP berkomitmen agar dapat mempersiapkan pemimpin profesional masa depan serta mendukung inovasi dalam terciptanya Indonesia Sejahtera, berkeadilan dan demokratis.

Program beasiswa dokter atau magister tersedia bagi seluruh putra-putri Indonesia yang unggul.

LPDP menyediakan beasiswa perguruan tinggi peringkat utama dunia atau PTUD untuk seluruh masyarakat Indonesia yang telah memperoleh letter of admission dari perguruan tinggi peringkat utama dunia sehingga dapat menempuh pendidikan S2 dan S3.

Berikut adalah skema biasiswa dari PTUD:

  • Magister program single degree, durasi kuliah maksimal 24 bulan.
  • Daftar program single degree durasi studi 60 bulan maksimal.

Kriteria mendaftar beasiswa perguruan tinggi peringkat utama dunia di IPB yaitu hanya boleh memilih satu Perguruan Tinggi saja. Serta, jurusan sesuai dengan letter of admission unconditional yang sudah kamu unggah pada saat aplikasi pendaftaran.

Sebelum memulai perkuliahan, hanya boleh memulai kuliah pada tahun 2021 saja.

Jika waktu memulai studi pada LoA Unconditional adalah tahun 2020, maka harus menunda studi dan memulainya tahun 2021. Sertakan lampiran surat keterangan penundaan studi dari perguruan tinggi peringkat utama dunia. Unggah bersama dengan LoA Unconditional.

LoA Unconditional merupakan sebuah surat resmi asal perguruan tinggi atau official admission. Surat tersebut menyatakan bahwa kamu sudah diterima tanpa persyaratan lagi. Terdapat keterangan nama lengkap, program studi, juga intake studi.

Surat resmi tersebut juga harus kamu unggah dengan memenuhi kriteria berikut ini:

  • Perguruan tinggi serta program studi harus sesuai dengan pilihan yang tersedia pada aplikasi pendaftaran
  • Intake studi harus sesuai ketentuan dari lpdp terkait kuliah yang paling cepat diizinkan
  • Intake perkuliahan terdapat pada LoA Unconditional, harus kamu unggah. Jika tidak sesuai dengan ketentuan maka wajib menunjukkan surat penundaan perguruan tinggi yang telah menerbitkan LoA.

Keuntungan Beasiswa

Sebagai penerima beasiswa S2 di IPB melalui program beasiswa UPTD ini, kamu akan memperoleh beberapa manfaat.

Pertama, pembebasan biaya pendidikan. Penerima beasiswa berhak bebas biaya pendaftaran, biaya SPP, biaya tunjangan buku, biaya penelitian tesis atau disertasi, biaya seminar internasional dan terakhir yaitu biaya publikasi jurnal internasional.

Sedangkan untuk biaya pendukung, kamu berhak memperoleh biaya transportasi, biaya aplikasi Visa, biaya asuransi, kesehatan, biaya hidup per bulan, biaya keadaan darurat, biaya kedatangan, dan biaya tunjangan keluarga khusus untuk program jurusan Doktor atau S3.

Syarat umum mengikuti pendaftaran beasiswa perguruan tinggi peringkat utama dunia di IPB yaitu adalah merupakan Warga Negara Indonesia yang telah menuntaskan studi program S1 pada beasiswa S2 di IPB.

Kamu juga harus melampirkan surat rekomendasi yaitu dari akademisi atau atasan jika sudah bekerja. Lampirkan juga surat rekomendasi dari 2 akademisi jika belum bekerja.

Beasiswa kuliah S2 di IPB ini hanya untuk kelas reguler dan tidak ditawarkan untuk kelas eksekutif, kelas khusus, serta kelas karyawan. Kelas-kelas juga tidak dapat menggunakan tawaran beasiswa ini jika merupakan kelas jarak jauh, kelas internasional khusus tujuan dalam negeri. Atau kelas bukan di perguruan tinggi induk.

Tentunya, LPDP memiliki kriteria ketentuan kelas sehingga kamu harus memperhatikan persyaratan tersebut Jika ingin memperoleh beasiswa ini.

Tulis juga profil pada formulir pendaftaran online termasuk personal statement dan rencana studi pada S2 serta menulis bahwa kamu memiliki komitmen kembali ke Indonesia setelah study selesai serta harus memiliki rencana kontribusi apa untuk Indonesia.

Informasi beasiswa S2 di IPB ini merupakan peluang bagus untuk melanjutkan pengalaman kuliah serta mendukung masa depan lebih baik melalui perkembangan karir setelah studi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *