Beasiswa S2 di USU menjadi salah satu harapan untuk anak bangsa dalam mewujudkan cita-citanya dalam mendapatkan ilmu yang diinginkan. USU adalah nama singkatan dari Universitas Sumatera Utara. Kampus yang berada di Medan, Sumatera Utara ini cukup terkenal di antara kampus negeri tanah air, karena prestasi yang ditorehkan. Penerimaan mahasiswa baru pada kampus ini terus meningkat.

Semua jurusan pendidikan, mulai dari jurusan sarjana hingga jurusan pascasarjana USU mendapat respon baik dari masyarakat Sumatera. Hal tersebut menjadikan kampus tersebut menjadi kampus terbaik di Pulau Sumatera. Untuk mahasiswa berprestasi yang kurang mampu, dapat memanfaatkan program beasiswa. Pihak kampus banyak bekerja sama dengan berbagai instansi dari luar maupun swasta.

Tips Mudah Mendapatkan Beasiswa S2 di USU

Biaya S2 USU untuk sebagian orang yang kurang mampu akan memberatkan, namun sekarang tidak lagi karena pemerintah mengupayakan program beasiswa. Pihak kampus tentu ingin mencetak generasi unggul salah satunya dengan memberikan beasiswa. Beasiswa S2 diberikan kepada calon penerima yang sungguh-sungguh dalam belajar. Berikut persyaratan mendapatkan beasiswa program pascasarjana.

1. Persyaratan Umum Beasiswa S2 di USU

Persyaratan untuk mendapatkan beasiswa S2 di USU hampir sama dengan persyaratan di berbagai kampus di tanah air. Persyaratan tersebut sebagai langkah awal untuk calon penerima beasiswa mempersiapkan berkas-berkas yang harus dipenuhi. Universitas Sumatera Utara salah satu kampus negeri di Sumatera yang mengikuti kebijakan dari pusat yakni Dikti. Secara umum persyaratan sebagai berikut.

a. Ketentuan Calon Peserta

Ketentuan calon peserta penerima program beasiswa S2 di USU adalah lulusan program sarjana (S1) dari berbagai bidang ilmu. Akan tetapi lebih diutamakan dari program jurusan yang linier dengan program pendidikan yang telah ditempuh sebelumnya di jenjang sarjana. Hal tersebut untuk memudahkan calon mahasiswa dalam menentukan jurusan agar tepat.

b. Mengikuti Seleksi Masuk

Program beasiswa S2 di USU diberikan kepada calon penerima yang secara resmi terdaftar mengikuti seleksi masuk program pascasarjana di USU. Seleksi masuk tersebut terdiri dari ujian tulis pada mata pelajaran kuantitatif, analitik, dan Bahasa Inggris. Untuk itu penting untuk mempersiapkan materi yang akan diujikan agar lolos pada seleksi masuk program pascasarjana USU.

Untuk mengikuti seleksi masuk terlebih dahulu harus mengikuti alur pendaftaran S2 USU di laman penerimaan yang telah disediakan pihak kampus. Setelah mendaftar melalui website tersebut maka harus memenuhi beberapa persyaratan khusus yang tertera di informasi. Persyaratan khusus tersebut harus dilengkapi untuk dapat melangkah pada proses selanjutnya.

c. Persyaratan Khusus

Persyaratan khusus yang harus dilakukan setiap calon penerima beasiswa yakni mempersiapkan dua lembar fotokopi ijazah terakhir yang telah dilegalisir. Dua lembar fotokopi transkip nilai yang sebelumnya telah dilegalisir oleh pihak kampus tempat menempuh pendidikan sarjana. Selain itu juga membutuhkan pas foto sesuai ukuran yang dibutuhkan.

Persyaratan khusus lainnya untuk mendapatkan program beasiswa S2 di USU adalah melampirkan surat rekomendasi dari dosen tempat dulunya menempuh jalur sarjana. Surat rekomendasi tersebut sebagai bahan pertimbangan bahwa calon mahasiswa pascasarjana memang layak. Selain itu semasa duduk di bangku program sarjana memiliki kesan yang baik di mata para civitas akademik.

Setelah persyaratan khusus telah dilengkapi maka akan mendapatkan kartu ujian yang nantinya dapat digunakan untuk mengikuti tes seleksi masuk. Apabila dari tes tersebut berhasil lolos, maka calon mahasiswa pascasarjana dapat melengkapi biaya administrasi pendidikan. Pada tahap biaya administrasi inilah, dapat mengajukan beasiswa S2 khususnya bagi mahasiswa yang berprestasi.

Calon peserta penerima beasiswa diharapkan untuk segera melengkapi berkas-berkas yang nantinya digunakan bersama surat permohonan beasiswa kepada pihak lembaga. Jika persyaratan yang diajukan telah terpenuhi dan memenuhi kriteria penerima beasiswa. Maka beasiswa akan diterima dan status mahasiswa pascasarjana dapat diverifikasi.

2. Persyaratan Jalur Pendaftaran Beasiswa KEMENPORA

Beasiswa KEMENPORA adalah salah satu beasiswa yang akan diberikan kepada mahasiswa pascasarjana yang telah lolos seleksi dalam program pascasarjana USU. Beasiswa ini termasuk ke dalam beasiswa dari pemerintah yang diberikan kepada mahasiswa berprestasi. Untuk pengajuan beasiswa S2 di USU cukup mudah persyaratannya, yakni sebagai berikut.

a. Lulus Program Sarjana

Lulus program sarjana dari perguruan tinggi yang telah memiliki akreditasi minimal B. Selain itu dari segi nilai IPK minimal 2,75. Umur pada saat mengajukan beasiswa tidak lebih dari 30 tahun. Syarat tersebut secara tidak langsung menjadikan seleksi bahwa tidak semua orang dapat mengajukan beasiswa S2 dan di USU. Beasiswa hanya diperuntukan untuk mahasiswa terpilih dan berprestasi.

b. Aktif Organisasi

Aktif dalam organisasi kepemudaan menjadi bahan pertimbangan dalam penilaian. Organisasi dianggap sebagai miniatur dalam sebuah kepemimpinan. Dengan aktif di organisasi secara tidak langsung memberikan penilaian yang bagus dan positif untuk dapat menerima beasiswa S2. Selain itu tercatat sebagai PNS baik tingkat daerah maupun pusat juga menjadi bahan pertimbangan untuk mendapatkan beasiswa S2.

Beasiswa S2 di USU menjadi salah satu tempat untuk terus menimba ilmu. Meskipun dari segi dana menipis, kini dapat memanfaatkan program beasiswa tersebut untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang S2. Program beasiswa sejatinya tidak hanya dari pemerintah, banyak program beasiswa yang diberikan dari pihak swasta yang dapat dimanfaatkan dengan baik. Semoga informasi ini bermanfaat untuk pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *