Beasiswa S2 ilmu komunikasi di masa ini cukup banyak dipertimbangkan. Hal ini karena program studi tersebut akan memberikan materi seputar analisis terkait komunikasi baik dalam lingkungan. Program studi ini juga banyak dicari dan diminati lantaran prospeknya di masa depan sangat jelas.

Beberapa orang mungkin merasa tidak puas dengan gelas S1 sehingga memilih untuk melanjutkan S2. Namun, ada juga yang merasa kurang mempunyai banyak pengetahuan sehingga memutuskan untuk melanjutkan gelar. Kuliah di jurusan S1 saja membutuhkan banyak uang, apalagi jika melanjutkan ke S2.

Jenis Beasiswa S2 Ilmu Komunikasi yang Bisa Kamu Incar

Melihat biayanya yang banyak, tidak sedikit orang yang enggan meski mempunyai rasa penasaran. Oleh karena itu, hadirlah beasiswa yang akan membantu mahasiswanya mendapatkan keringanan biaya. Bagi kamu yang ingin melanjutkan gelar Magister, tapi terkendala biaya, berikut beasiswa yang bisa kamu pilih.

1. Beasiswa LPDP

Pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan jenis beasiswa LPDP, bukan? LPDP adalah Lembaga Pengelola Dana Pendidikan yang berasal dari pemerintah. Cukup banyak beasiswa yang ditawarkan oleh LPDP terkait program studi. Tidak heran jika beasiswa ini menjadi beasiswa favorit dan banyak diminati.

Selain itu, keuntungan dari beasiswa tersebut adalah mendapatkan beasiswa penuh. Namun, perlu diketahui juga, mendapatkan beasiswa penuh pasti tantangannya berat. Untungnya lagi, beasiswa ini tersedia untuk kamu yang memutuskan untuk kuliah di luar negeri. Biasanya, pendaftaran beasiswa ini akan dibuka pada bulan Mei atau Juni.

2. Beasiswa Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi

Beasiswa S2 Ilmu Komunikasi 2021 yang bisa kamu coba adalah beasiswa Dikti. Beasiswa ini mempunyai skema tersendiri yang selalu ditawarkan dalam setiap tahun. Biasanya, jenis beasiswa ini populer di kalangan kampus, terutama dosen dan tenaga kependidikan. Apalagi jumlah dosen dan tenaga pengajar di Indonesia terbilang cukup banyak.

Jika kamu ingin menjadi dosen dalam bidang ilmu komunikasi, maka kamu bisa mempertimbangkan beasiswa tersebut. Kamu akan mendapatkan biaya pendidikan penuh dengan beberapa pilihan yang sesuai. Seperti beasiswa luar negeri, beasiswa peningkatan publikasi internasional, atau beasiswa dalam negeri.

3. Beasiswa Unggulan

Beasiswa unggulan menjadi salah satu beasiswa S2 jurusan ilmu komunikasi yang banyak dipertimbangkan. Tidak heran jika beasiswa tersebut sudah menyebar sangat luas. Selain itu, program beasiswa yang ditawarkan pemerintah ini akan membantu kamu dalam meringankan biaya.

Beasiswa unggulan bisa kamu gunakan di beberapa studi kampus. Beasiswa ini akan lebih berpengaruh terhadap kamu yang mengincar beasiswa dalam negeri. Jika kamu terpilih sebagai kandidat, maka kamu bisa mendapatkan manfaatnya selama 18-24 tahun. Kamu juga akan mendapatkan biaya buku, biaya hidup, sampai biaya penelitian.

4. Beasiswa Open Doors

Pernahkah kamu mendengar jenis beasiswa yang satu ini? Beasiswa open doors adalah beasiswa S2 ilmu komunikasi luar negeri. Program beasiswa ini ditawarkan oleh Pemerintah Rusia dalam bentuk kompetisi. Bagi kamu yang merasa tertarik untuk mencoba kuliah di Rusia, maka kamu bisa mengikuti kompetisi tersebut.

Jika kamu bisa memenangkannya, maka kamu bisa kuliah di negara impian. Selain itu, jenis beasiswa ini biasanya dimanfaatkan untuk kuliah di kampus terbaik Rusia. Kamu akan bersaing dengan 300 orang lainnya untuk mendapatkan beasiswa 100% biaya kuliah.

5. Beasiswa Monbukagakusho

Apakah salah satu impianmu berkuliah di negeri sakura? Jika iya, maka beasiswa ini bisa kamu manfaatkan. Berasal dari pemerintah Jepang, beasiswa tersebut ditawarkan pada mahasiswa di Indonesia secara rutin. Salah satu program yang bisa kamu temukan adalah Research Students.

Kamu bisa mengambil S2 di universitas Jepang tanpa adanya ikatan dinas. Jadi, kamu tidak perlu khawatir soal hal itu. Selain biaya kuliah, kamu bisa mendapatkan biaya hidup. Beasiswa S2 ilmu komunikasi ini biasanya tersedia di bulan April dengan pendaftaran sibuk sampai Juni atau Juli.

6. Beasiswa Alumni Bidimisi

Kamu pernah menjadi salah satu penerima beasiswa bidikmisi? Jika iya, maka kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk mendapatkan beasiswa bidikmisi kembali. Namun, biasanya calon penerima harus mempunyai prestasi akademik yang baik. Kamu bisa menggunakan beasiswa bidikmisi, baik di dalam negeri atau luar negeri.

Beasiswa diberikan kepada kamu di jenjang pendidikan Magister dengan studi maksimal 24 bulan. Biasanya, peserta akan memilih salah satu dari tiga perguruan tinggi dengan program studi yang sama.

7. Beasiswa Fulbright

Kamu mengincar beasiswa yang ada di luar negeri, terutama di Amerika? Jika iya, kamu bisa memilih jenis beasiswa tersebut untuk gelar Magistermu. Beasiswa ini bisa kamu dapatkan secara penuh dengan beberapa sasaran yang berbeda. Meski beasiswa Fulbright dibilang cukup tua, tapi ratusan negara ditawarkan olehnya.

Selain tujuh beasiswa di atas, masih ada lagi beasiswa S2 ilmu komunikasi yang bisa kamu dapatkan. Namun, di atas adalah jenis beasiswa yang banyak diincar dan populer di universitas atau perguruan tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *