Beasiswa Sinarmas IPB adalah beasiswa yang pernah ada di IPB yang berasal dari hasil kerja sama antara PT Sinar Mas dengan IPB. Program beasiswa yang dimaksud untuk menciptakan tenaga-tenaga ahli pada perkebunan dan pengolahan minyak kelapa sawit di seluruh Indonesia yang berada dalam naungan PT SMART.

Beasiswa Sinarmas Agribusiness and Food

PT Sinar Mas Agro Resources & Technology Tbk (SMART)  bekerja sama dengan IPB dalam menyelenggarakan beasiswa penuh kepada calon mahasiswa D3 pada program keahlian Perkebunan Kelapa Sawit.  Beasiswa ini selain berupa pendanaan kuliah penuh sekaligus jaminan kerja sebagai Asisten Agronomi Perkebunan Kelapa Sawit PT Sinar Mas di berbagai wilayah di Indonesia.

Beasiswa dari SMART ini fokus untuk mendidik tenaga asistensi pada bidang perkebunan kelapa sawit dengan langsung memberikan penempatan kerja di sektor yang sama milik Sinarmas. IPB adalah salah satu kampus pertanian dengan program keahlian ini, khususnya bagi mahasiswa Diploma. Tujuan dari beasiswa untuk mendukung studi calon-calon mahasiswa yang mau bekerja sebagai asisten yang diperlukan oleh perusahaan Sinarmas.

Tahun 2021 terdapat 3 program beasiswa dari SMART yang berkaitan dengan edukasi perkebunan kepala sawit, yakni:

1. SMART Mills

Menawarkan kesempatan studi selama 3 tahun bagi calon mahasiswa Diploma 3 Teknologi Pengolahan Kelapa Sawit. Sasaran beasiswa adalan siswa lulusan SMA dari jurusan IPA dan SMK dari jurusan Mekanika dan Elektrik.

2. SMART Agro

Menawarkan kesempatan studi selama 3 tahun bagi calon mahasiswa Diploma 3 Teknologi Pengolahan Kelapa Sawit. Sasaran beasiswa adalan siswa lulusan SMA dari jurusan IPA dan SMK dari jurusan Pertanian.

3. SMART  Jalur Prestasi

Menawarkan kesempatan studi selama 3 tahun bagi calon mahasiswa Diploma 3 Teknologi Pengolahan Kelapa Sawit. Sasaran beasiswa adalan siswa lulusan SMA, SMK dan MA yang mempunya prestasi baik akademis maupun non akademis di sekolahnya. Dengan catatan prestasi yang memenuhi syarat, siswa-siswa bersangkutan bisa mendapatkan beasiswa SMART tanpa perlu menjalani test .

Persyaratan dan Pendanaan beasiswa SMART:

  • Lulusan SMA, MA dan SMK yang berasal dari jurusan IPA (diutamakan)
  • Lulus Ujian Nasional
  • Prestasi yang baik
  • Minimal tinggi badan 165 cm dan berat badan proporsional
  • WNI.

Pendanaan:

  • Biaya pendidikan terdiri atas uang SPP, uang Non SPP serta uang pengembangan fasilitas
  • Biaya hidup terdiri atas uang saku, uang makan, serta akomodasi
  • Kesempatan magang di perkebunan milik Sinarmas
  • Jaminan kerja tanpa seleksi di perkebunan milik Sinarmas

Apakah beasiswa SMART terbuka untuk calon mahasiswa IPB tahun 2021?

Hingga saat ini, belum ada informasi terkait.  Beasiswa sinarmas IPB untuk calon mahasiswa sektor perkebunan kelapa sawit pernah dibuka beberapa tahun ke belakang, namun untuk tahun 2021 baru terbuka untuk pendidikan di ITSB (bukan IPB).

Oleh karena itu, kamu yang berminat untuk kuliah di IPB dengan beasiswa ini harus menunggu informasi ke depan, apakah akan dibuka atau tidak. Informasi mengenai beasiswa SMART bisa diakses pada laman resmi sponsor beasiswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *