Beasiswa Tahfidz (Tahfidz Al-Qur’an) merupakan bantuan pendanaan bagi mahasiswa dan calon mahasiswa yang kuliah di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam pada lingkungan Kementerian Agama. UIN sebagai salah satu kampus Islam turut menjadi mitra beasiswa ini sehingga beasiswa Tahfidz UIN Syarif Hidayatullah Jakarta adalah beasiswa dari hasil kerja sama antara UIN dengan Kementerian Agama.

Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an

Bagi perguruan Islam di tanah air, beasiswa Tahfidz sudah menjadi bentuk dukungan kepada mahasiswa untuk menjaga, memelihara dan menghidupkan nilai-nilai Ke-Islam-an. Dengan dukungan ini, diharapkan mahasiswa berangkutan akan semakin termotivasi menjadi pribadi-pribadi Islam.

Tujuan Beasiswa

Bantuan beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa memiliki tujuan:

  • Sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi bagi mahasiswa penghafal Al-Qur’an
  • Sebagai motivasi bagi mahasiswa dalam menjaga nilai ke-Islam-an serta meningkatkan kapasitas tahfidz Quran
  • Sebagai salah satu bentuk peningkatan mutu mahasiswa, penghargaan atas prestasi dan motivasi untuk meraih prestasi baik akademik maupun non akademik
  • Sebagai pendorong Bagi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam dalam mengembangkan iklim kampus agar mampu memfasilitasi mahasiswa penghafal Al-Qur’an.

Maksud dari Pemberian Beasiswa

Terselenggaranya beasiswa Tahfidz UIN Syarif Hidayatullah Jakarta adalah meningkatkan penguasaan dan pemahaman mahasiswa terhadap ilmu ke-Islam-an secara khusus pada bidang tahfidzul Quran agar mampu meningkatikan iman dan taqwa serta mampu menjadi mahasiswa yang berkepribadian Islam.

Beasiswa Tahfidz UIN Jakarta

Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an di UIN Jakarta diperuntukan bagi calon mahasiswa dan mahasiswa on going. Setiap tahun, beasiswa ini rutin diselenggarakan dengan tujuan untuk menjaga citra kampus UIN Jakarta sebagai salah satu kampus Islam Nusantara yang mampu mencetak generasi berkepribadian Islam. Adapun pembiayaan beasiswa Tahfidz di UIN Jakarta berasal daru Rupiah Murni (RM).

Persyaratan beasiswa Tahfidz bagi calon mahasiswa

UIN Jakarta menawarkan beasiswa Tahfidz hampir setiap tahun bagi calon mahasiswa yang berasal dari sekolah/madrasah/pesantren. Syarat-syarat:

  • Beragama Islam
  • Berprestasi di sekolah/madrasah/pesantren khususnya bagi penghafal Al-Qur’an

Persyaratan beasiswa Tahfidz bagi mahasiswa on going

Untuk mahasiswa yang sudah kuliah di UIN Jakarta, setiap tahun terbuka beasiswa ini dengan syarat:

  • Minimal sudah kuliah di semester 2
  • Memiliki prestasi yang baik dengan minimal persyaratan IPK sesuai ketentuan
  • Mampu menghafal Al-Qur’an minimal sebanyak 10 Juz.

Demikian informasi singkat mengenai beasiswa Tahfidz UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Untuk tahun 2021, update mengenai tanggal aktif beasiswa bisa kamu lihat pada laman resmi baik laman beasiswa Tahfidz maupun pada laman universitas UIN Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *