Kemenristekdikti telah membuat Program Pemeringkatan Universitas dengan tujuan dasar sebagai pendorong kualitas bidang Pendidikan Tinggi. Penilaian pemeringkatan dibuat dengan melihat output-outcome dari suatu universitas. Melalui penilaian ini, maka muncul rilisan daftar 10 besar UN (Universitas Negeri) dengan kategori Terbaik. Daftar peringkat ini bermaksud pula mengemukakan kepada calon mahasiswa yang hendak mengambil kuliah pada kampus dengan tingkat kualitas yang paling bagus. Maka dari itu, tulisan ini akan merilis 10 Perguruan Tinggi yang menjadi 10 besar rilisan Kemeristekdikti serta beasiswa Terbaik di Indonesia yang bisa menjadi pilihan anda.  

10 PTN Unggulan Kemeristekdikti Dengan Beasiswa Terbaik di Indonesia

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

ITB berada pada urutan pertama dalam daftar 10 besar kampus terbaik sesuai rilisan dengan mendapatkan nilai 3.671. Universitas ini memang menjadi sangat populer dan favorit di tanah air. Bahkan menyisihkan UGM dan UI dari nomor teratas. ITB memiliki banyak program beasiswa unggulan yang bisa menjadi pilihan baik mahasiswa maupun calon mahasiswa. Beberapa di antaranya adalah beasiswa ITB Untuk Semua, Beasiswa Djarum Plus dan Beasiswa Bidikmisi.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM selalu berada dalam daftar. Kualitasnya sudah mentereng bahkan untuk ukuran Asia. Berdasarkan Output-Outcome UGM mendapat nilai 3.594 dan menempatkannya sedikit di bawah ITB. Saat ini terhitung sekitar 20 fakultas yang ada di universitas ini sehingga menjadikannya sebagai salah satu universitas terbesar baik dalam negeri maupun untuk lingkup Asia. Beragam beasiswa yang bisa anda temukan di UGM sangat beragam merupakan beasiswa yang boleh dibilang menjadi beasiswa terbaik di Indonesia mengingat nama besar kampus ini. misalnya di samping beasiswa KIP Kuliah untuk calon mahasiswa, anda bisa mendaftar Beasiswa CIMB ASEAN untuk bantuan mahasiswa.

3. Institut Pertanian Bogor (IPB)

IPB sekarang lebih populer dengan nama IPB University. Dalam rilisan kemenristekdikti, IPB berada pada peringkat 3 dengan nilai 3.577. Terhitung hingga tahun ini, IPB telah memiliki sebanyak 24 Program Studi yang sudah terakreditas secara nasional.  Sebagai perguruan Tinggi favorit di Bogor IPB University mendapat banyak kerja sama beasiswa baik dari pemerintah maupun dari swasta. Beasiswa Mizan dan Beasiswa KSE merupakan dua contoh jenis beasiswa yang bisa anda peroleh melalui kampus ini.

4. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

Di urutan ke 4 Output-Outcome, ada ITS yang terus mempertahankan reputasinya untuk berada dalam jejeran pendidikan tinggi terbaik tanah air. Kalau anda memilih Surabaya sebagai destinasi tempat kuliah, maka ITS bisa menjadi rekomendasi kampus yang menjanjikan. Beasiswa yang bisa anda daftar di kampus adalah Beasiswa PPA dengan sponsor langsung dari Kemenristekdikti, Beasiswa Bank Indonesia yang selalu ada setiap tahunnya, dan Beasiswa DataPrint yang syarat cukup mudah yakni berupa karya tulis tentang produk DataPrint.

5. Universitas Indonesia

Berdiri sejak tahun 1849, UI merupakan Institusi pendidikan paling tua di Asean. Hingga sekarang, UI masih terus mencetak generasi terdidik yang mumpuni. Dalam daftar ini, UI berada pada urutan ke 5 dengan nilai 3.401. Terdapat dua macam beasiswa yang bisa anda ajukan di Universitas ini yakni Beasiswa UI yang merupakan jenis-jenis beasiswa dari UI kepada mahasiswa/i-nya dan beasiswa sponsor yang berasal dai pemerintah, perusahaan dan swasta. Menariknya,UI juga menerima KIP Kuliah bagi calon mahasiswa baru sehingga anda bisa memanfaatkan peluang itu untuk mengurangi biaya kuliah jika memutuskan untuk kuliah di UI.

6. Universitas Diponegoro (UNDIP)

UNDIP berada pada urutan 6 dengan nilai 3.207. Hingga sekarang Universitas ini sudah mempunyai 11 fakultas. Seperti perguruan tinggi favorit lain, UNDIP juga memiliki beragam beasiswa untuk membantu mahasiswa atau calon mahasiswa secara finansial. Selain KIP Kuliah di UNDIP anda juga bisa mendaftar beasiswa lain seperti Djarum Plus, Beasiswa Baktinusa dan Beasiswa Mizan.

7. Universitas Airangga (UNAIR)

UNAIR terus menjaga kualitasnya sebagai salah satu destinasi pendidikan tinggi masyarakat.  Berada pada urutan 7 dalam daftar, UNAIR memiliki nilai 3.056. Jika memilih kuliah di sini, anda bisa mengajukan beasiswa-beasiswa terbaik yang disponsori oleh pemerintah seperti Bidikmisi juga oleh swasta seperti Beasiswa BTQ dan Beasiswa GLINTS.

8. Universitas Hasanuddin (UNHAS)

Dalam urutan ke 8, UNHAS memperoleh nilai 3.036. Berdiri pada tahun 1956, UNHAS sejauh ini sudah memiliki sekitar 14 fakultas dan 1 Program Pascasarjana. Ketika anda hendak kuliah di UNHAS atau bagi yang sudah menjadi mahahsiswa di sana, mendapatkan beasiswa seperti Beasiswa KSE dan Beasiswa CIMB ASEAN tidak ada salahnya.

9. Universitas Brawijaya (UB)

UB berada pada urutan 9 dengan perolehan nilai sebesar 2.948. UB merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Malang, Jawa timur. Untuk masuk ke kampus ini, anda bisa memanfaatkan KIP Kuliah. Bagi mahasiswa on going, bisa mendaftar beasiswa KSE, Djarum Plus, dan Bank Indonesia yang bekerja sama dengan UB.

10. Universitas Padjajaran (UNPAD)

Peringkat 10 adalah UNPAD yang memperoleh nilai sebesar 2.906. Ini juga Universitas favorit banyak orang dengan 16 fakultas yang tersedia. UNPAD turut disponsori oleh Bank Indonesia dalam bentuk Beasiswa bagi mahasiswa yang kuliah di sana di samping beasiswa lain seperti KIP Kuliah, Mizan dan KSE.

Kesimpulan

Memilih kuliah di PTN terbaik sudah menjadi keinginan bahkan motivasi bagi calon mahasiswa di Indonesia. Tetapi ada pandangan bahwa kuliah di kampus terbaik membutuhkan biaya besar. Padahal tidak selalu demikian, bahkan jika anda terkendala biaya bisa menggunakan beasiswa untuk masuk ke kampus favorit. Silahkan anda mencaritahu lebih detail mengenai beasiswa terbaik di Indonesia yang terdapat pada 10 PTN terbaik di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *