Tertarik kuliah di UIN Jakarta? Sebagai salah satu perguruan tinggi Islam, UIN Jakarta memiliki komitmen untuk membantu perkembangan studi mahasiswanya. Bentuk nyata dari komitmen ini adalah kehadiran bermacam jenis program beasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dalam membantu pendanaan mahasiswanya selama studi. Beragam beasiswa di UIN Jakarta dikelompokan ke dalam:

1. Beasiswa Internal

Merupakan beasiswa UIN Syarif Hidayatulllah Jakarta yang baik penyelenggaraan maupun pendanaan berasal dari internal UIN sendiri.

Beasiswa STF (Social Trust Fund)

Beasiswa STF ditujukan kepada mahasiswa UIN on going dan juga kepada calon mahasiswa yang berminat untuk kuliah di UIN Jakarta. Beasiswa ini terbagi menjadi beberapa jenis, yakni:

  • Beasiswa STF Prestasi
    Diperuntukan bagi mahasiswa UIN Jakarta dengan syarat prestasi yang baik sebagai bentuk motivasi dalam studi.
  • Beasiswa STF Bantuan Hidup
    Diperuntukan kepada siswa-siswa berprestasi di sekolah asal yang berasal dari keluarga prasejahtera untuk kuliah di UIN Jakarta.
  • Beasiswa STF Daerah Terpencil
    Diperuntukan bagi calon mahasiswa UIN yang berasal dari wilayah terpencil  yang memiliki prestasi di sekolah.
  • Beasiswa STF Daerah Konflik
    Diperuntukan bagi calon mahasiswa UIN yang berasal dari wilayah konflik  yang memiliki prestasi di sekolah.
  • Beasiswa STF Calon Guru & Da’i
    Kepada mahasiswa UIN yang memiliki niat untuk mengabdi baik sebagai guru maupun sebagai Da’i di tengah masyarakat.
  • Beasiswa STF Santri
    Diperuntukan kepada santtri-santri dari daerah dengan prestasi yang baik untuk lanjut studi di UIN Jakarta.
  • Beasiswa STF Penggerak Pembangunan Desa
    Diperuntukan bagi mahasiswa yang memiliki minat untuk mengabdi di daerah asalnya setelah lulus kuliah.

Catatan: beasiswa STF untuk mahasiswa UIN yang sedang kuliah (on going) diperuntuk bagi yang sedang duduk di minimal semester 3 dan maksimal semester 7. Persyaratan akademik berupa minimal IPK 3,3.

Beasiswa BLU (Beasiswa Badan Layanan Umum)

Beasiswa BLU juga merupakan beasiswa yang berasal dari UIN sendiri. Dalam mengadakan program beasiswa ini, UIN mendapatkan pendanaan dari hasil subsidi uang pendaftaran mahasiswa serta uang semester. Selain itu, terdapat pula pendanaan dari hasil kerja sama UIN dengan lembaga lain misalnya Kementerian Agama.

Persyaratan: berasal dari sekolah dengan kurikulum keagamaan (Madrasah Aliyah, Pesantren). Minimal IPK 3,00.

2. Beasiswa Eksternal

Beasiswa eksternal merupakan beasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang berasal dari hasil mitra antaraa UIN dengan pemerintah, swasta, yayasan atau perusahaan.

Beasiswa Bidikmisi

Beasiswa Bidikmisi untuk calon mahasiswa baru UIN, berbeda waktu pendaftarannya dengan kampus-kampus lain. Jika pada perguruan tinggi lain beasiswa bidikmisi bisa didaftar saat mengikuti ujian test masuk, maka di UIN kamu harus lulus dulu menjadi mahasiswa UIN Jakarta baru kemudian mendaftar beasiswa Bidikmisi. Persyaratan, tahapan dan pendanaan beasiswa ini sama seperti pada ketentuan pemerintah/kemenristekdikti.

Beasiswa DIPA

Beasiswa DIPA merupakan beasiswa UIN Syarif Hidayatulllah Jakarta yang diperuntukan bagi mahasiswa miskin dan berprestasi. Beasiswa DIPA berlaku untuk mahasiswa yang sudah berada di semester 4 dengan minimal IPK sebesar 3,00.

Beasiswa Dompet Dhuafa

Beasiswa ini diperuntukan bagi mahasiswa UIN yang terkendala finansial tetapi berprestasi dengan bantuan berupa uang saku selama kuliah.

Beasiswa BI

Beasiswa yang diperuntukan bagi calon mahasiswa UIN yang merupakan hasil kerja sama UIN dengan Bank Indonesia.

Beasiswa Djarum Plus

Beasiswa bagi mahasiswa UIN Jakarta dari hasil mitra antara UIN dengan Djarum Foundation.

Beasiswa Tahfiz Al Qur’an

Beasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini diperuntukan kepada mahasiswa semester 2 hingga semester 8 dengan persyaratan mampu menghafal Al Qur’an dengan minimal 10 Juz.

Jenis-jenis beasiswa di atas adalah beasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang rutin turun setiap tahun. Sebagai informasi, terdapat pula beragam jenis beasiswa di bawah ini yang sering pula bekerja sama dengan UIN dalam penyaluran beasiswa:

  • Beasiswa Baziz
  • Beasiswa Supersemar
  • Beasiswa Orbit
  • Beasiswa ISE PT Bank
  • Beasiswa Bank Mandiri, dan
  • Beasiswa Bimantara.

Untuk tahun 2021, informasi terkait tanggal aktif beasiswa serta informasi terkini bisa langsung kamu kunjungi ke laman kemahasiswaan UIN Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *