Pelaksanaan program beasiswa universitas Muhammadiyah Surakarta untuk program studi S1 sudah dibuka pada gelombang pertama tahun 2021, tepatnya sejak 4 Januari-27 Februari.

Tahap pelaksanaan dimulai dari pendaftaran, verifikasi berkas, pengumuman wawancara, tes wawancara, pengumuman seleksi, dan registrasi.

Sedangkan pada gelombang ke-2, dibuka mulai tanggal 3 April sampai 5 Juni 2021. Seluruh jadwal sudah ditentukan mulai dari pengumpulan berkas sampai proses registrasi. Sehingga, jika kamu ingin mengambil peluang beasiswa Universitas Muhammadiyah surakarta tersebut, kamu harus langsung mengunjungi situs resmi kampus.

Daftar Beasiswa S1

Beasiswa UMS adalah upaya untuk membantu mahasiswa baru yang berprestasi dan memiliki kemampuan akademik cukup baik serta bagi mahasiswa baru yang membutuhkan pendanaan atau keringanan biaya.

Beasiswa UMS juga disediakan lembaga untuk mendukung program studi S1 atau pascasarjana.  Ada beberapa jenis program beasiswa UMS yang tersedia yaitu sebagai berikut:

Program Beasiswa Kyai Ahmad Dahlan

Program yang memberikan biaya hidup sebesar Rp 400.000 setiap bulan juga biaya akademik untuk beberapa jurusan tertentu.

Seleksi melalui portofolio, wawancara akademik, al Islam beserta Kemuhammadiyahan. Disediakan 2 orang tua asuh bagi para peserta yang menerima beasiswa tersebut.

Beasiswa Unggulan

Program beasiswa yang menawarkan biaya akademik pada beberapa jurusan tertentu dengan syarat wawancara akademik, Al Islam dan Kemuhammadiyahan.

Tunas Unggul Muhammadiyah dan Daerah

Dengan cakupan beasiswa berapa biaya akademik pada beberapa jurusan tertentu bagi para mahasiswa yang aktif dalam organisasi berprestasi atau memiliki prestasi non akademik.

Beasiswa internasional

Universitas Muhammadiyah Surakarta juga menawarkan beasiswa internasional bagi calon mahasiswa yang memperoleh nilai 80% dari skala terbaik dengan rapor yang sudah dilegalisir pada semester 1 sampai semester 5 memperoleh ranking, dan berbasis pada jumlah siswa di kelas tersebut.

Syarat lainnya yaitu mahasiswa wajib memiliki kemampuan menggunakan bahasa Inggris dengan bukti sertifikat TOEFL minimal 500.

Beberapa surat juga diperlukan termasuk surat keterangan berapa jumlah penghasilan orang tua, surat rekomendasi asli dari sekolah, surat rekomendasi Muhammadiyah bahwa kamu aktif dalam organisasi Muhammadiyah dan ortomnya.

Juga melampirkan fotokopi sertifikat atau piagam yang sudah dilegalisir oleh sekolah atau hasil prestasi lainnya berupa prestasi akademik, aktif organisasi, serta ikut kejuaraan olahraga juga seni atau prestasi non-akademik lain.

Cakupan beasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta untuk jenis beasiswa internasional ini adalah biaya akademik yang berlaku hanya untuk beberapa jurusan tertentu.

Beasiswa Prestasi

Cakupan beasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta ini adalah 50% dana pengembangan dan biaya studi 10 SKS semester untuk jurusan tertentu. Syarat utama beasiswa tersebut adalah calon penerima beasiswa harus memiliki prestasi akademik, 25% terbaik dari nilai raport semester 1 sampai semester 5, tercantum ranking serta jumlah siswa dalam kelas, rapor harus sudah legalisir.

Berprestasi pada bidang olahraga (individu), bidang ilmiah, bidang seni, paling tidak juara level provinsi dari perlombaan yang diadakan oleh lembaga bergengsi.

Selain itu kamu juga harus melampirkan surat keterangan berapa penghasilan orang tua, melampirkan surat rekomendasi langsung dari sekolah, melampirkan surat rekomendasi dari Muhammadiyah bahwa kamu adalah siswa yang aktif dalam organisasi Muhammadiyah atau ortomnya.

Jangan lupa untuk menyertakan fotokopi sertifikat atau piagam yang sudah dilegalisir.

Beasiswa Hafiz Alquran

Proses seleksi beasiswa ini yaitu dengan lolos tes kepada hafalan Alquran, wawancara Al Islam dan kemuhammadiyahan, memperoleh rekomendasi dari pesantren asal atau sekolah.

Cakupan beasiswa yaitu berupa biaya akademik yang berlaku untuk seluruh jurusan.

Penerima beasiswa wajib memperhatikan syarat-syarat yang diberikan yaitu minimal menghafal Alquran sebanyak 15 Juz, merupakan alumni dari sekolah umum dengan prestasi 10% terbaik dibuktikan dari rapor semester 1 sampai semester 5 menyebutkan rangking juga berapa jumlah siswa di kelas dan lapor harus sudah dilegalisir.

Kamu juga dapat mempelajari seluruh informasi lengkap tentang masing-masing beasiswa universitas Muhammadiyah Surakarta di atas dengan mengunjungi situs kampus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *