Cara masuk universitas negeri atau sekolah kedinasan, sangat penting memahami bagaimana jalur masuk ke kampus impian. Agar semua berjalan dengan lancar, kamu dapat mengikuti berbagai cara berikut.

1. SNMPTN

Untuk kamu yang masih duduk di bangku sekolah menengah atas unggulan, kamu dapat masuk ke perguruan tinggi dengan jalur SNMPTN atau undangan. Kamu tidak harus repot mempersiapkan diri agar dapat mengikuti ujian.

SNMPTN adalah jalur masuk dengan menguji kualifikasi melalui keunggulan akademik. Jika nilai raport dari semester 1-5 dianggap bagus, serta kamu punya riwayat prestasi yang baik, SNMPTN adalah cara tepat untuk mendaftar perguruan tinggi negeri.

Untuk mulai daftar, hubungi panitia dan kamu akan mendapatkan NISN serta password untuk login ke situs SNMPTN. Setelah hasil nilai sudah ditinjau, sistem akan memberikan notifikasi apakah kamu bisa sudah bisa mendaftar atau tidak.

Cara melanjutkan setelah dari pemeringkatan adalah dengan isi biodata, pilih jurusan, dan unggah foto serta dokumen. Setiap tahap pendaftaran ini tidak dipungut biaya apapun, atau gratis.

Ketika kamu memilih jurusan, biasanya hanya ada 3 jurusan dan salah satunya merupakan PTN di kota asal. Tapi, kalau kamu memilih satu jurusan, maka kamu bisa memilih nama kampus yang kamu inginkan.

Jalur masuk ini hanya untuk pelajar yang lulus pada tahun tersebut. Contohnya, kalau kamu lulusan SMA tahun 2021, SNMPTN yang berlaku adalah untuk tahun 2021.

Peluang diterima adalah 20% dari seluruh mahasiswa prodi S1 regular pada jurusan tersebut.

2. SBMPTN

Selanjutnya, kamu bisa mencoba cara masuk kuliah universitas negeri dengan jalur SBMPTN. Ujian tulis berbasis komputer adalah salah satuu hal yang harus kamu hadapi, dimana ujian tersebut secara serentak berlangsung di 72 titik. Kamu hanya punya dua kali kesempatan untuk ikut jalur tersebut.

Untuk mulai daftar, masuk ke situs LTMPT. Kemudian, isi biodata, pilih jurusan 1 PTN, atau 1 jurusan pada 2 PTN. Bahkan kamu dapat pilih 3 jurusan jika ambil IPC

Pelajar jurusan IPA/IPS harus mengeluarkan biaya 200.000 ketika mendaftar, sedangkan untuk jurusan IPC harus membayar 300.000. SBMPTN juga dapat diikuti oleh pelajar yang sudah lulus 2 tahun sebelumnya.

Program SBMPTN ini memberikan kuota hingga 40%.

3. Seleksi Mandiri

Cara masuk universitas negeri berikutnya adalah dengan pendaftaran mahasiswa independen. UGM menyediakan ujian tulis, sedangkan UI menyediakan seleksi masuk. Beberapa PTN juga ada yang tanpa mengadakan seleksi mandiri.

Sehingga, solusi yang ditawarkan adalah dengan menambahkan kuota SNMPTN serta SBMPTN.

Beberapa kampus negeri juga menawarkan seleksi mandiri, namun tanpa melalui jalur tes. Beberapa lembaga pendidikan perguruan tinggi menggunakan UTBK. Jalur masuk tersebut menyediakan peluang hingga 30%.

4. PMDK-PN

Untuk kuliah di Politeknik negeri, jalur masuknya mirip dengan SNMPTN. Lembaga pendidikan ini meniadakan ujian tertulis, namun lebih fokus pada prestasi akademik. PMDK-PN ini diselenggarakan secara serentak ppada 42 politeknik di selruh wilayah Indonesia.

Politeknik juga berhak melakukan validasi data dan kemudian membuat pengumuman di web.

5. Ujian Masuk

Cara masuk universitas negeri ini seringkali digunakan untuk lembaga pendidikan tinggi negeri yang bekerjasama dengan instansi pemerintah. Contohnya, Kemenkominfo punya wewenang mengatur Sekolah Tinggi Multimedia Training Centre.

Ada banyak tahap untuk mengikuti seleksi masuk kuliah pada sekolah kedinasan. Selain tes akademik, kamu juga harus mengikuti tes kemamppuan bidang, tes kemampuan dasar, wawancara, psikotes, sampai tes kesehatan.

Bahkan, beberapa lembaga pendidikan semi militer mempunyai tes kesamaptaan agar fisik tetap bugar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *