Jika kamu baru saja lulus sekolah dan akan memasuki masa perkuliahan, maka kamu perlu mengenal jenis jurusan kuliah dan pekerjaannya. Sebab, jurusan kuliah yang kamu pilih akan sangat berpengaruh terhadap pekerjaan yang kamu jalani nantinya.

Nah, jika sudah memiliki pilihan kuliah yang tepat, apakah kamu sudah yakin dengan jurusan tersebut dan mengetahui dengan jelas prospek karir seperti apa yang nantinya akan kamu dapatkan? Jika belum, maka informasi di bawah ini akan sangat penting untuk diketahui.

1. Akuntansi

Sejak lama, jurusan ini telah menjadi jurusan favorit. Setiap tahunnya, para siswa yang melamar di jurusan ini selalu meningkat. Di bidang studi ini, kamu akan mempelaajri materi terkait metode pencatatan dan penyusunan laporan keuangan yang berguna untuk pengambilan keputusan.

Jurusan yang satu ini sangat dekat dengan angka, sehingga para siswanya dikenal memiliki ketelitian yang cukup tinggi. Kebanyakan para lulusan Akuntansi akan mengambil karir di sektor keuangan. Tapi, kamu juga harus tahu bahwa bidang studi ini membuka kesempatan karir di beberapa bidang, seperti misalnya Account Officer, Bagian Personalia, Konsultan Pajak, Bidang Asuransi, Bagian Keuangan, Auditor.

2. Ilmu Ekonomi

Jika kamu memutuskan untuk kuliah di jurusan Ilmu Ekonomi, maka kamu akan fokus pada upaya untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas untuk memperoleh keuntungan optimal.

Selain itu, kamu juga akan belajar mencari upaya terbaik untuk pemberdayaan ekonomi. Seiring berkembangnya jaman, jurusan ini mulai berkembang ke behavioral economics dan crime economics.

Setelah lulus dari jurusan ini, maka kamu akan memiliki kesempatan untuk berkarir para beberapa profesi, seperti Bagian Penjualan di Lembaga Keuangan, Akuntan, Pegawai Asuransi, Bagian Perencanaan dan Pengembangan Real Estate, Market Researcher, serta Marketing Produk Otomatif.

3. Hubungan Internasional

Hubungan internasional erat kaitannya dengan upaya suatu negara dalam menghadapi tantangan internasional, sebut saja isu keamanan, masalah lingkungan, kemiskinan dan ketidakseimbangan perdagangan dunia.

Serunya, jurusan ini akan memberikan kamu pengalaman yang luar biasa karena ada berbagai simulasi pertemuan penting yang dilakukan secara internasional, misalnya sidang PBB.

Prospek karir di jurusan inipun terbilang cukup bagus, kamu bisa menjadi seroang Politisi, Eksportir, Diplomat, Konsultan Pendidikan, Jurnalis, Editor, System Analyst dan Arsiparis.

4. Broadcasting

Di bawah program studi Ilmu Komunikasi, kamu bisa menemukan jurusan Broadcasting yang belakangan ini juga semakin digemari. Secara umum, jurusan ini akan mempelajari bagaimana teori dan praktik dalam menciptakan program untuk disiarkan melalui media massa, yaitu televisi dan radio.

Bahkan, kamu juga akan mempelajari mengenai New Media, yakni internet. Kamu juga akan mengerti bahwa penyiaran memiliki banyak fungsi, mulai dari menyampaikan informasi hingga hiburan semata.

Jurusan ini juga membuka peluang agar kamu bisa menemukan karir yang tepat, seperti Penyiar, Video Editor, Jurnalis, Produser TV atau Radio, Penata Musik, atau juga Sutradara.

5. Kedokteran dan Kesehatan

Siapa yang tidak mengenal jurusan ini? Dua bidang ini sangat terkenal dan sering dianggap sulit karena seleksi masuk yang cukup rumit.

Ada banyak orang yang sangat tertarik dengan jurusan ini karena pamornya yang cukup baik dan prospek karir yang menjanjikan. Jurusan Kedokteran dan Kesehatan ini memiliki beberapa cabang jurusan, seperti Pendidikan Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, Farmasi, Kebidanan, Keperawatan dan lainnya.


Pentingnya Pemilihan Jurusan

Pemilihan jurusan menjadi hal yang sangat penting karena akan berpengaruh terhadap karir dan masa perkuliahan yang akan dijalani. Banyak orang yang tidak dapat menjalani masa kuliah karena merasa bahwa jurusan tersebut tidak tepat untuknya.

Nah, daripada mengalami hal tersebut, kamu perlu memilih jurusan yang tepat dan mempertimbangkan karir apa yang akan kamu jalankan nantinya. Hal ini penting dipertimbangkan mengingat perkembangan jaman juga beriringan dengan jenis pekerjaan baru. Untuk itu, kamu perlu mengenali jenis jurusan kuliah dan pekerjaannya sebelum memilih satu jurusan yang diinginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *