Universitas Pertamina atau UP adalah salah satu perguruan tinggi yang bergerak di bidang bisnis dan teknologi energi. Universitas ini sudah berdiri 5 tahun. Jika kamu ingin bekerja di PT. Pertamina, maka kamu bisa mencoba kuliah di sini.

Karena lulusan terbaik di UP akan mendapat kesempatan bergabung dengan PT. Pertamina. Jadi, kamu tidak perlu repot untuk mengikuti tes terlebih dahulu. Namun, untuk masuk dan berkuliah di Universitas Pertamina, kamu harus mengikuti seleksi dengan memilih satu jalur. Ada dua pilihan jalur yang tersedia, yaitu reguler dan nilai UTBK.

Biaya Kuliah di Universitas Pertamina

Bagi kamu yang ingin berkuliah di sini, berikut biaya yang harus kamu persiapkan seperti ulasan di bawah ini.

Biaya Pendaftaran Ujian Masuk Universitas Pertamina

Sama seperti kampus lainnya, Universitas Pertamina membutuhkan biaya pendaftaran untuk mengikuti seleksi. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, terdapat dua jalur yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.

Bagi kamu yang memilih jalur reguler, maka kamu harus menyiapkan biaya pendaftaran Rp 300.000 untuk UM IPA/IPS. Sementara untuk UM IPC, biaya kuliah di Universitas Pertamina mencapai Rp 375.000.

Jika kamu memilih jalur nilai UTBK, biaya pendaftarannya lebih murah dibandingkan jalur reguler. Bagi UM IPA/IPS, biaya pendaftarannya Rp 100.000. Sementara untuk UM IPC, biaya pendaftarannya mencapai Rp 150.000. Jelas sekali bukan perbedaan biayanya?

Kelompok IPC adalah kelompok yang hanya bisa diikuti oleh siswa SMA atau MA dengan jurusan IPA. Sementara untuk siswa SMK, daftar program keahlian SMK akan diterima oleh program studi masing-masing.

Biaya SPP dan Biaya SPI di Universitas Pertamina

Selain biaya pendaftaran di atas, ada biaya Universitas Pertamina 2021, yaitu SPP dan SPI. SPI adalah biaya Sumbangan Pembangunan Institusi yang biasanya dibayarkan satu kali di awal semester 1. Biasanya, biaya yang diberikan berbeda antar mahasiswanya. Hal ini dikarenakan faktor periode masuknya.

Semakin kamu cepat dan lebih awal dalam melakukan pendaftaran jalur reguler, maka biaya SPI akan lebih murah. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk melakukan pendaftaran diri segera dengan mengikuti jalur paling awal. Jalur reguler biasanya dibuka sampai 4 periode, sementara jalur nilai UTBK biasanya dibuka sampai 2 periode saja.

Bagi kamu yang ingin kuliah di Pertamina, berikut biaya kuliah di Universitas Pertamina untuk jalur reguler dan nilai UTBK:

  • Jalur reguler di bulan Januari: Rp 15.000.000
  • Jalur reguler di bulan Maret: Rp 17.500.000
  • Jalur reguler di bulan Mei: Rp 20.000.000
  • Jalur reguler di bulan Juli: Rp 22.500.000
  • Jalur nilai UTBK periode 1: Rp 22.500.000
  • Jalur nilai UTBK periode 2: 22.500.000

Selain membayar biaya SPI, mahasiswa harus membayar biaya SPP semester awal sebesar Rp 10.000.000. Biasanya, biaya tersebut akan dibayarkan saat melakukan registrasi ulang untuk mahasiswa baru. Tidak hanya itu saja, biaya SPP juga harus dibayar setiap awal semester baru dengan besaran yang mungkin hampir sama.

Keringanan Biaya Kuliah Universitas Pertamina 2021

Bagi kamu yang memiliki masalah atau kendala dalam soal uang, maka kamu tidak perlu khawatir. Pasalnya, mahasiswa baru bisa mengajukan keringanan berupa metode cicilan pada pihak kampus. Atau kamu bisa menghubungi email yang ada di pengumuman penerimaan. Subjek emailnya adalah Cicilan_Jalur Seleksi_Nama_Nomor Tes.

Jika kamu mengajukan keringanan pada pihak kampus, maka kamu bisa mendapatkan biaya yang lebih murah daripada di atas. Namun, tentu saja ada beberapa syarat yang harus kamu lakukan dan penuhi.

Syarat pertama adalah siswa yang lulus ujian dengan peringkat 20% bisa bebas dari biaya SPI sebesar Rp 10.000.000. Syarat kedua adalah siswa yang berada di peringkat 20% – 40% terbaik akan mendapat potongan biaya SPI sebesar 50% atau biaya menjadi Rp 5.000.000.

Jurusan dan Prospek Karier di Universitas Pertamina

Setelah melihat biaya kuliah di Universitas Pertamina, apakah kamu ingin kuliah di sini? Ada beberapa jurusan yang mungkin bisa menjadi penentu ingin kuliah di sini atau tidak. Cukup banyak fakultas yang tersedia, yaitu 6 fakultas dengan 15 program studi. Mulai dari teknik kimia, teknik perminyakan, manajemen, ekonomi, hubungan internasional, dan lainnya.

Sementara jika dilihat dari prospek kerjanya, kamu bisa mendaftar di Universitas Pertamina atau instansi sesuai latar belakang studi. Peluang kerja jurusan ini sangat terbuka lebar di seluruh Indonesia. Terlebih jika kamu lulusan terbaik yang akan langsung bergabung dengan Pertamina.

Selain itu, kampus ini mempunyai beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh kampus lain. Itulah kenapa kamu tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *