Menyiapkan dana dan anggaran biaya kuliah UII untuk kamu yang mendaftar di tahun ini merupakan perkara wajib. Masing-masing pembiayaan disesuaikan dengan jurusan dan jalur penerimaan mahasiswa yang telah ditempuh. Rinciannya cukup banyak dicari karena universitas satu ini sempat dinobatkan sebagai universitas swasta terbaik versi Kemenristekdisti pada tahun 2018 lalu.

Tak mengherankan bila peminat untuk bisa masuk ke UII cukup banyak. Hal ini dikarenakan Universitas Islam Indonesia merupakan salah satu perguruan tinggi swasta paling dicari di Kota Gudeg. Apakah kamu juga berniat mendaftarkan diri ke sana tahun ini? Yuk simak estimasi dana untuk jurusan kedokterannya di bawah ini.

Sistem Pembiayaan Kuliah di Universitas Islam Indonesia

Secara umum, biaya kuliah UII dibagi dalam dua komponen, yakni Biaya Catur Dharma dan biaya SPP.

1. Dana Catur Dharma

Dana Catur Dharma merupakan biaya sumbangan wajib untuk mahasiswa yang telah dinyatakan lolos seleksi di Universitas Islam Indonesia. Untuk universitas lain, biaya ini lebih sering dikenal sebagai uang gedung. Jumlah besaran dana Catur Dharma ini disesuaikan dengan kategori rangking saat penerimaan mahasiswa dalam masing-masing jalur. Skor UPCM (Ujian Potensi Calon Mahasiswa) akan menjadi patokannya.

Standar PBT Potensi akan mengukur nilaimu. Semakin besar angkanya, maka semakin rendah sumbangan yang diwajibkan. Untuk standar PBT Mandiri, jumlah sumbangan Catur Dharma boleh ditentukan secara mandiri oleh orang tua/wali calon mahasiswa. Jumlah minimal sumbangannya akan ditentukan oleh prodi pilihanmu.

2. Biaya SPP di Universitas Islam Indonesia

Banyak anggapan bahwa biaya kuliah di UII mahal. Hal ini dikarenakan memang universitas swasta harus menopang banyak pembiayaan teknis dan non-teknis. Universitas swasta tidak disokong dana dari pemerintah, maka akan terkesan lebih mahal dibandingkan jika kamu berkuliah di universitas negeri.

Untuk biaya SPP di UII, kamu harus membayar 2 jenis SPP, yakni SPP Tetap dan SPP Variabel. SPP Tetap adalah anggaran biaya kuliah UII yang dibayarkan dalam nominal yang sama untuk setiap tahunnya. SPP Variabel adalah anggaran biaya yang dikeluarkan mahasiswa berdasarkan dengan jumlah mata kuliah dan SKS yang diambil pada setiap semeter.

SPP Tetap merupakan dana pembiayaan dalam jumlah yang relatif sama  untuk tiap semester. Kamu bisa melakukan cicilan pembiayaan untuk tiap tahunnya sebanyak 2x angsuran. Sedangkan untuk SPP Variabel dapat dibayarkan saat sudah memasuki tahun ke dua perkuliahan, dalam 4 kali cicilan.

Biaya Kuliah di UII selain SPP Semester

Sebagai calon mahasiswa Universitas Islam Indonesia, kamu juga harus tahu bahwa terdapat anggaran lain selain Catur Dharma dan SPP dalam estimasi biaya kuliah di Universitas Islam Indonesia. Rinciannya sebagai berikut.

  • Dana Sistem Informasi/TI dan Pembinaan Minat & Bakat Mahasiswa. Pembiayaan ini dapat dibayarkan bertahap sebanyak 2 kali per semester selama 3 tahun pembelajaran.
  • Dana kemahasiswaan dan Asuransi, wajib dibayarkan setiap tahun selama perkuliahan.
  • Dana Laboratorium Fakultas TSP, dan Teknik Informatika. Pembiayaan bisa dibayarkan dalam 2 kali cicilan per semester selama 3 tahun pembelajaran.
  • Estimasi biaya minimal adalah hasil dari perhitungan nilai Sumbangan Catur Dharma terendah, ditambah nilai SPP pada program studi masing-masing.
  • Perkiraan biaya maksimal merupakan hasil hitungan dari Sumbangan Catur Dharma tertinggi, ditambah nilai SPP pada program studi masing-masing.
  • Nilai Catur Dharmatidak berlaku untuk mahasiwa yang masuk melalui jalur PBT Mandiri di UII Yogyakarta.
  • Prediks asa pembelajaran studi Non Eksakta  biasanya selama 5 tahun dan Eksakta biasanya selama 4 tahun.
  • Biaya kuliah UII untuk SPP dapat diansur 4 kali setiap tahunnya.

Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran UII

Tak hanya syarat masuk kedokteran UII yang sulit, pembiayaan di jurusan kedokteran Universitas Islam Indonesia juga berbeda dibandingkan jurusan lainnya.Berdasarkan matriks pengelompokan rangking nilai UPCM, dana sumbagan Catur Dharma untuk Jurusan Kedokteran UII berada pada rentang Rp175 juta hingga Rp225 juta. Berikut ini rincian lengkapnya.

  • Dana Catur Dharma berkisar Rp85 juta sampai Rp 225 juta
  • SPP Tetap selama berkuliah 4 tahun sebesar Rp19.360.000
  • SPP Variabel (diambil berdasarkan jumlah SKS per semester) sebesar Rp2.904.000
  • SPP Variabel (Blok) sejumlah Rp26.400.000
  • Biaya Pengembangan dan Dana Kemahasiswaan sekitar Rp7 juta
  • Dana Sistem Informasi/Teknologi Informasi dan Orkes sebesar Rp3.600.000
  • Dana Asuransi sebesar Rp120.000
  • Uang untuk Laboratoriums sebesar Rp23.100.000

Anggaran total yang dibutuhkan antara Rp267.474.000 hingga Rp389.978.000. Angka tersebut belum termasuk pembiayaan di semeter akhir seperti KKN, skripsi, dan ujian pendadaran.

Estimasi biaya kuliah UII Yogyakarta di jurusan kedokteran di atas bisa kamu jadikan patokan.  Anggaran tersebut tidak sama dengan prodi lainnya. Jumlah taksiran angkanya telah disesuaikan dengan kebutuhan para mahasiswa selama berkuliah. Baik biaya SPP Tetap maupun SPP Variabel harus dibayar sesuai dengan tenggat waktu yang ditentukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *