Biochemistry merupakan ilmu yang mempelajari reaksi kimia yang terjadi dalam sel atau organisme hidup. Ilmu ini erat kaitannya dengan kehidupan setiap mahluk hidup. Adanya reaksi biokimia yang harmonis di dalam tubuh menyebabkan kondisi yang baik untuk setiap mahluk hidup.

Di jurusan ini, kamu akan mempelajari reaksi-reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh setiap mahluk hidup. Secara lebih spesifik, kamu akan mempelajari zat, molekul, dan proses kimia yang dibutuhkan setiap individu untuk hidup.

Mengenal Jurusan Biochemistry

Semua materi pembelajaran yang diberikan dapat membantu mahasiswa mengerti bagaimana sebuah kehidupan terjadi, bahkan dari tingkat yang paling dasar. Secara umum, biochemistry mempelajari tentang protein, komunikasi antar sel, metabolisme dan lain sebagainya.

Kamu juga akan mempelajari lebih dalam tentang mengapa karbohidrat, lemak, protein dan asam amino yang menyusun kode genetik sangat dibutuhkan untuk dapat hidup.

Sebagian besar proses belajar di jurusan ini berupa teori dan seringnya dilanjutkan dengan praktikum di laboratorium. Di beberapa waktu, setiap siswa diwajibkan untuk melakukan presentasi di depan kelas.

Apa Saja yang Dipelajari?

Masing-masing siswa harus mampu mempelajari kandungan kimia dalam setiap organisme dan sistem kehidupan. Masing-masing siswa juga akan mempelajari metabolisme manusia, sel DNA, serta fisiologi manusia dan binatang.

Meski setiap universitas memiliki mata kuliah yang berbeda, namun secara umum beberapa mata kuliah yang akan di dapatkan adalah Analitis, Kimia, Kimia Organik, Kalkulus hingga Fisika.

Mengapa Biochemistry?

Untuk kamu yang tertarik dengan sel dan reaksi kimia apa yang terjadi di dalam tubuhmu sendiri, Biochemistry bisa menjadi jurusan yang tepat.

Di jurusan ini, kamu akan mempelajari mengenai sebuah mesin kehidupan pada skala yang sangat kecil, yakni reaksi kimia yang sedang berjalan di dalam tubuh dan memungkinkan organisme tersebut tetap hidup.

Bidang ilmu ini adalah ilmu yang sangat sedikit diketahui orang sehingga kamu akan memiliki kesempatan untuk berkembang dan memperdalam ilmu ini untuk prospek kerja yang lebih baik.

Perkuliahan

Perkuliahan biasanya akan dijalani di dalam kelas dan sesekali dilangsungkan di sebuah laboratorium. Kamu akan sering diberikan tugas berupa penelitian yang nantinya harus kamu presentasikan di depan kelas.

Jika memutuskan untuk memilih jurusan ini, kamu harus mampu membagi waktu dan mengatur jadwal untuk kelas di perkuliahan, penelitian dan waktu untuk diri sendiri.

Prospek Kerja dan Karir

Biochemistry menjadi salah satu bidang ilmu ang memiliki banyak pilihan karir. Bahkan, pilihan karir di bidang ini hampir tidak terbatas dan masih ters terbuka seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi yang pesat di bidang ini. Di bawah ini adalah beberapa pilihan karir yang bisa dipilih di bidang ini.

  • Biokimiawan
  • Ahli Laboratorium Klinis
  • Inspektor Pangan
  • Dosen
  • Pengembang Produk
  • Bidang Medis
  • Bidang Industri Hayati
  • Tim Forensik (CSI)
  • Toksikologi
  • Dan masih banyak lagi

Kesimpulan

Bidang Biochemistry mempelajari bagaimana reaksi kimia membuat sebuah organisme tetap hidup. Di luar itu, ada jutaan sel dan molekul yang bekerja di dalam tubuh untuk membuat seseorang bertahan hidup.

Secara lebih spesifik, setiap siswa di bidang ini akan mempelajari lebih dalam tentang mengapa karbohidrat, lemak, protein dan asam amino yang menyusun kode genetik sangat dibutuhkan untuk dapat hidup.

Prospek karir di bidang ini juga cukup menjanjikan, bahkan pilihan karirnya cukup banyak dan hampir tidak terbatas. Kamu memiliki kesempatan untuk berkarir di berbagai bidang karena memiliki dasar-dasar ilmu yang memadai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *