Biology Education menunjukkan bahwa penting sekali memiliki ilmu pengetahuan Biologi. Seorang ahli biologi memiliki karir yang cukup baik, karena dapat menggunakan latar belakang pendidikan ilmiahnya dengan berbagai bidang. Selain menjadi guru, kamu juga bisa menyelami karir lain, mengapa?

Biologi begitu populer dan dibutuhkan untuk membentuk kehidupan sehari-hari, mempengaruhi perkembangan masyarakat dan komunitas global.

Mengenal Jurusan Biology Education

Jurusan pendidikan Biologi dikenal sebagai ilmu yang mempelajari tentang hidup dan kehidupan. Sebagai salah satu dari ilmu pengetahuan, biologi dapat dibagi dalam berbagai bidang. Seluruh ruang lingkup biologi membahas bahwa sel adalah komponen dasar kehidupan dan merupakan pembentuk semua makhluk hidup.

Biologi juga mempelajari tentang bagaimana sel dapat berubah, menciptakan spesies baru, dan seluruh makhluk hidup membutuhkan energi untuk tetap eksis.

Apa Saja yang Dipelajari?

Untuk mahasiswa yang mengambil jurusan Biology Education, pada tahun pertama akan mempelajari berbagai subjek secara general. Sehingga, mahasiswa akan memahami tentang beberapa sub disiplin dari biologi.

Misalnya, mahasiswa yang mengambil jurusan zoology pada level sarjana dapat memperoleh pengalaman kerja di lapangan. Misalnya, dengan menjadi dokter bedah hewan di kebun binatang, dan lainnya. Beberapa universitas bahkan meminta calon mahasiswa untuk mengikuti ujian masuk. Sehingga, sangat bermanfaat untuk memeriksa informasi dan syarat daftar jurusan.

Berikut adalah berbagai kemampuan yang akan kamu pelajari selama belajar jurusan pendidikan Biologi:

  • Mampu melakukan observasi, meneliti dan menganalisis
  • Mahasiswa dapat berpikir rasional
  • Mampu fokus pada detail
  • Memahami biologi

Mengapa Biology Education?

Ada banyak alasan mengapa harus mengambil prodi Biologi. Dengan prospek kerja yang luas, kamu dapat menerapkan hasil belajar di bangku kuliah dalam bidang lingkungan, kedokteran, perikanan, kehutanan, dan lainnya.

Perkembangan teknologi juga terus meningkat. Sehingga, kebutuhan untuk ahli bioteknologi semakin besar. Lulusan biologi juga dapat bekerja sebagai analisis biodiversitas pada Taman Nasional atau lembaga non-pemerintah di bidang lingkungan dan flora Fauna Internasional.

Untuk kamu yang gemar melakukan berbagai eksperimen, dapat bekerja sebagai analis, peneliti, atau teknisi di laboratorium. Sedangkan untuk yang memiliki minat berwirausaha, maka sangat mungkin menjadi seorang pengusaha perkebunan, buka usaha pet shop, peternakan,florist, dan lainnya.

Perkuliahan

Selama perkuliahan, karena ada banyak sub disiplin dari Biology Education, maka mahasiswa akan mendapatkan pengalaman belajar dalam bentuk penyampaian materi dari dosen, serta praktekum dan penilaian kegiatan sehari-hari.

Mahasiswa juga akan sering menghabiskan waktu lebih banyak di laboratorium atau studi lapangan. Beberapa universitas bahkan meminta mahasiswa untuk memilih modul kuliah yang lebih spesifik ketika sudah masuk di semester akhir. Hal ini karena mahasiswa akan memiliki proyek penelitian akhir untuk mendapatkan gelar sesuai program studi.

Penilaian perkuliahan bergantung dari ujian, presentasi, esai, dan lainnya. Beberapa universitas juga menawarkan program jurusan yang spesifik, seperti Biochemistry, Ecology, dan jurusan lainnya yang lebih fokus pada ilmu cabang Biologi. Itulah kenapa, banyak mahasiswa yang lebih memilih jurusan yang lebih spesifik karena dapat membuat mereka lebih sadar dengan minat bidang utama pelajaran Biologi.

Prodi S1 seringkali berjalan selama tiga sampai empat tahun, dan banyak universitas yang menawarkan pengalaman kerja dan peluang studi ke luar negeri. Dengan begitu banyak subjek di bidang ilmiah, pelajaran Biologi memiliki kurikulum yang cukup bagus untuk mendukung para mahasiswa setelah lulus kuliah.

Prospek Kerja dan Karir

Mengambil jurusan Biology Education, peluang karir dalam lulusan ini begitu banyak. Lulusan tersebut juga dapat memahami seperti apa alur kehidupan dalam makhluk hidup. Ada banyak perusahaann yang berminat dengan lulusan Biologi karena dapat mengembangkan aplikasi teknologi pengetahuan Biologi.

Banyak bidang yang membutuhkan lulusan biologi seperti lingkungan, kehutana, pertanian, perikanan, peternakan, dan kedokteran. Sehingga, menawarkan jenjang karir yang berbeda.

Berikut adalah berbagai profesi yang dapat kamu nikmati:

  • Petani
  • Perawat hewan
  • Pet salon and grooming
  • Teknisi konservasi lingkungan
  • Peneliti bioteknologi
  • Ekonom
  • Pengajar/ dosen
  • Ahli bioteknologi
  • RnD
  • QA & QC
  • Wirausaha

Kesimpulan

Lulusan prodi Biology Education yang tidak ingin melanjutkan kuliah pada jenjang yang lebih tinggi dapat menjadi seorang penulis ilmiah, teknisi lab, guru, pemasaran bioteknologi, dan lainnya. Karir yang ditawarkan sangat bervariasi, dan kemampuan kamu yang berkembang saat di bangku kuliah dapat kamu terapkan dalam sektor industri ilmiah atau non-ilmiah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *