Business Administration merupakan suatu konsep yang mempelajari mengenai segala proses yang berhubungan dengan jalannya suatu bisnis. Para siswa yang berada di jurusan Business Administration umumnya akan mempelajari ilmu dasar seperti pemasaran, hukum bisnis dan etoka, manajemen, ekonomi dan akuntansi.

Di luar itu, jurusan ini akan membantu siswa untuk mempelajari mengenai perencanaan bisnis, penelitian bisnis dan teori, kewirausahaan dan lainnya. Namun, para siswa juga bisa mengambil bidang keilmuan yang lebih spesifik sesuai dengan ketertarikan masing-masing.

Mengenal Jurusan Business Administration

Segala sesuatu terkait kegiatan operasional bisnis dan perusahaan akan dipelajari di jurusan Business Administation ini. Kegiatan yang dimaksud di sini adalah pemasaran, pengelolaan keuangan, pengelolaan personalia hingga kegiatan produksi.

Para siswa tidak hanya belajar menjalankan bisnis, namun juga belajar menciptakan sebuah produk sendiri. Bisnis yang dimaksud di sini bukanlah menjual kembali produk dari orang lain dan mengambil keuntungan, melainkan menciptakan value pada produk yang akan dipasarkan.

Business Administration juga tentunya mempelajari sehala urusan klarikal kantor, mengelola sarana dan prasarana kantor, mengelola informasi dan memproses data secara akurat yang berhubungan dengan pekerjaan kantor.

Apa Saja yang Dipelajari?

Jurusan Business Administration umumnya akan banyak mempelajari bidang marketing yang tidak bisa dipisahkan dari dunia bisnis. Beberapa mata kuliah terkait dengan bidang ini adalah Marketing Communication, International Marketing, Community Marketing hingga Sales Management.

Selain hal tersebut, para siswa juga akan belajar mengenai manajemen. Bidang keilmuan ini diperlukan untuk pengelolaan bisnis mulai dari unit usaha kecil hingga perusahaan multi nasional. Bahkan, para pemilik bisnis juga membutuhkan skill ini dalam mengelola bisnis mereka.

Di luar itu, pengetahuan bisnismu akan diperkuat melalui mata kuliah yang berkaitan dengan hukum di dunia bisnis. Jadi, bukan hanya mengenai bisnis dan administrasi, ilmu hukum menjadi dasar penting bagi jurusan ini.

Mengapa Business Administration?

Bagi kamu yang memiliki ketertarikan dalam bidang pengurusan dokumen namun tidak ingin terjebak dalam pengurusan dokumen, jurusan ini bisa menjadi bidang yang sangat tepat untukmu.

Mengapa? Sebab, di jurusan ini kamu akan belajar bagaimana menjalankan sebuah bisnis, mengurus berbagai macam dokkumen kebisnisan, dan tentu saja mengembangkan bisnisnya.

Kamu juga tidak akan terjebak dengan karir di perusahaan, karena ilmu yang kamu dapatkan bisa sangat berguna di berbagai bidang, terutama ketika kamu berencana membuka bisnis sendiri.

Perkuliahan

Di beberapa perguruan tinggi, jurusan ini juga biasa disebut sebagai administrasi niaga. Kamu juga tetap akan dibeli dengan dasar-dasar pengetahuan untuk mendukung studi administrasi bisnis kamu. Misalnya, dasar-dasar mengenai akuntansi, bahasa Inggris bisnis, matematika, statistika hingga pengantar TI.

Dasar-dasar pengetahuan ini sangat baik untuk ke depannya saat kamu mulai memasuki materi keuangan, perpajakan, komunikasi bisnis dan sistem informasi bisnis.

Prospek Kerja dan Karir

Jika tertarik dengan jurusan Business Administration, beberapa prospek karir ini bisa kamu coba.

  • Staf Administrasi
  • Manajemen Perusahaan
  • Staf Sumber Daya Manusia
  • Staf Pemasaran
  • Entrepreneur
  • Konsultan Bisnis
  • Dosen

Kesimpulan

Kuliah Business Administration pada dasarnya mempelajari segala hal yang berkaitan dengan seluk beluk operasional bisnis atau perusahaan. Namun, perlu diketahui bahwa jurusan ini tak hanya mempelajari bagaimana menjual produk, namun juga menciptakan produk yang memiliki nilai tambah sendiri agar bisa laku di pasaran.

Beberapa universitas menamai jurusan ini dengan adminidtrasi niaga. Para siswa juga akan dibekali ilmu-ilmu bisnis lainnya yang mendukung ilmu utama ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *