Jurusan Business Analytics menggabungkan kemampuan menganalisa data, statistika, serta teknologi komputer dengan pengetahuan bisnis. Sebuah bisnis akan membutuhkan analisa untuk memecahkan setiap masalah yang terjadi dan membuat keputusan terbaik untuk jalannya bisnis.

Jika kamu berminat dengan bidang teknologi, matematika, sekaligus ekonomi dan bisnis, jurusan yang satu ini akan sangat tepat untuk kamu pilih.

Mengenal Jurusan Business Analytics

Business Analytics mengacu pada kemampuan, metode, pendekatan dan alat yang digunakan untuk mentransformasi data ke dalam informasi untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik.

Perusahaan online akan menganggap analisa bisnis sangat penting untuk segmen pembeli, memberi harga pada produk dan layanan mereka, serta menyesuaikan penawaran dengan kebutuhan pelanggan untuk memaksimalkan nilai pemegang saham.

Objektivitas dari bidang studi ini adalah untuk mengarahkan mahasiswa dengan kemampuan analisa data ke dalam informasi yang penting.

Apa Saja yang Dipelajari?

Di jurusan ini, kamu akan diajarkan untuk mempelajari bagaimana menggunakan machine learning untuk mengolah, mengelola dan menganalisa data dari berbagai sumber.

Setiap siswa akan belajar mengenai bagaimana melakukan visualisasi data, dengan kata lain mereka akan mempelajari bagaimana menampilkan data yang merupakan hasil analisis.

Meski mata kuliah pada jurusan ini berbeda di setiap kampus, namun umumnya mata kuliah yang akan dipelajari mencakup:

  • Business Statistics
  • Information Systems and Technology
  • Decision Analysis and Systems
  • Financial Management

Mengapa Business Analytics

Bidang ini menjadi bidang yang paling penting untuk sebuah bisnis. Sebuah perusahaan akan sangat bergantung dengan analisa bisnis yang dilakukan, agar perusahaan bisa menentukan keputusan terbaik untuk bisnis tersebut.

Selain itu, prospek kerja di bidang ini cukup menjanjikan karena hampir semua sektor bisnis membutuhkan analisis bisnis terbaik. Kamu memiliki banyak kesempatan kerja mengingat sektor bisnis menjadi industri yang terus berkembang setiap tahunnya.

Perkuliahan

Setelah lulus, kamu diharapkan memiliki analisa yang kuat, kemampuan berpikir yang kritis dan dapat memanfaatkan kekuatan data untuk transformasi bisnis.

Program kuliah dirancang untuk mempersiapkan generasi global berikutnya yang mampu mengumpulkan, mengelola dan menganalisis data untuk menyelesaikan tantangan dalam dunia bisnis.

Kamu harus mengaplikasikan ilmu yang dimiliki untuk memecahkan masalah dalam bidang bisnis, menerapkannya ke bidang tertentu dalam pemasaran, keuangan dan ekonomi.

Prospek Kerja dan Karir

Business Analytics adalah ilmu yang bisa digunakan di berbagai bidang. Sementara itu, ada beberapa karir yang bisa kamu jalankan nantinya, seperti:

  • Data Analyst
  • Data Analytics Quality Executive
  • Decision Science Consultant
  • Research Analyst
  • Analytics Consultant
  • Value Optimizaton Executive
  • Data Management Manager
  • Analyst Consumer Banking Analytics

Kesimpulan

Melalui metode belajar terapan dan pendekatan langsung, kamu akan belajar untuk menggunakan teknologi yang paling inovatif dengan menggunakan kekuatan data yang bertujuan untuk menciptakan nilai tambah bagi organisasi atau perusahaan.

Ilmu analisa bisnis yang kamu miliki nantinya akan sangat berguna bagi perusahaan untuk membuat keputusan terbaik dalam bisnis perusahaan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *